81 views | 0 Likes

Walking Around Jonker Street: Menikmati Bangunan Tua yang Instagramable

0 star (from 0 people)
Malacca City, Malacca, Malaysia
Category: City Trip

Posted on 01 October 2019, 16:00:00

Belum ke Melaka kalo ngga menjelajah jalanan ikonik satu ini..

How to Get There

Malacca City atau Kota Melaka merupakan sebuah kota kecil yang berada di selatan Malaysia. Meskipun kotanya ngga terlalu besar, Melaka ternyata menyimpan banyak sekali wisata menarik yang bisa kalian explore, terutama wisata sejarahnya guys. Kota Melaka ini memang masuk dalam daftar salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO, nah untuk itu kalo kalian jalan-jalan kesini pastikan akan dimanjakan oleh deretan gedung berarsitektur lawas yang punya cerita menarik juga sangat instagramable.

Untuk menuju ke Kota Melaka, dari Bandara KLIA2, aku dan beberapa teman lainnya langsung membeli tiket bus Transnasional menuju Melaka Sentral. Harga bus ini sekitar 25 Ringgit dan jadwal keberangkatannya ada setiap jam. Kalo kalian ngga pengen ngantri, kalian bisa aja buat langsung beli tiketnya secara online. Perjalanan dari KLIA2 menuju Melaka Sentral butuh waktu sekitar 2 jam perjalanan dengan pemandangan perkebunan sawit di kanan kiri. 

What to Do

Saat pertama kali menginjakkan kaki di Kota Melaka ini, wisata pertama yang aku tuju adalah Jonker Street. Kebetulan saat itu akhir pekan dan disana ada pasar malam yang menyajikan beragam kuliner dan juga menarik. Kebetulan juga aku dan teman-teman menginap di sebuah homestay yang lokasinya pas di kawasan Jonker Street, yaitu Sydney Backpackers. Mumpung lagi rame, saatnya kami menjelajah Jonker Street ini.

jonker streetJonker Street Night Market

Kawasan Jonker Walk yang berada di Jalan Hang Jebat ini dikenal sebagai surga bagi mereka yang menyukai barang-barang antik dan murah di Melaka. Karena saat itu sedang ada pasar malam, jadinya kami hanya bisa menikmati kuliner-kuliner yang mereka sajikan, misalnya seperti Mango Smoothie dan Coconut ball. Padahal, dibalik itu semua Jalan Jonker ini punya banyak bangunan-bangunan tua yang sangat cantik dan terpelihara hingga saat ini. Untuk menikmati bangunan-bangunan cantiknya ini, akhirnya aku dan teman-teman memutuskan jalan-jalan di pagi harinya dimana suasananya masih sepi dan belum terlalu banyak orang.

jonker streetJonker Walk before sunrise

Bisa dibilang kalo Jonker Street ini merupakan jalan tersibuk dan menjadi pusat kota Melaka. Meskipun sebenernya jalanan di kota Melaka ini hanya cukup untuk dilalui dua mobil saja, tapi menurutku jalanan ini masih nyaman kalo dipake jalan kaki. 

Sepanjang Jonker Street ini kalian akan dimanjakan dengan bangunan-bangunan cantik ala Tionghoa. Sekilas, kalian tampak berada di Tiongkok, hal ini dikarenakan arsitektur bangunannya yang bergaya Tionghoa dan warnanya yang lebih dominan merah. Juga ada di beberapa bangunan yang bertuliskan tulisan Tionghoa. Jadi, memang Jonker Street ini merupakan kawasan Chinatown nya Melaka.

jonker street

Di sebalah kanan kiri sepanjang Jalan Hang Jebat ini kalian bisa menemukan banyak sekali penjual souvenir, tempat makan hingga cafe kecil untuk nongkrong sambil menikmati secangkir kopi khas Melaka.

jonker street

Ohya, hal yang menarik seputar Jonker Street ini adalah adanya sejumlah tempat ibadah dari beberapa agama. Meskipun keyakinan mereka berbeda-beda, semua bangunan tempat ibadah tersebut lokasinya berdekatan. Masyarakat sini benar-benar memiliki toleransi tinggi antar umat beragama.

Salah satu yang menarik perhatianku adalah adanya Masjid Kampung Kling. Masjid ini beda dengan masjid pada umumnya, karena punya arsitektur bangunannya terinspirasi budaya Tiongkok. Kalo kalian melihatnya dari kejauhan, akan terlihat seperti klenteng. Masjid ini lokasinya berdekatan dengan Klenteng Chen Hoong Tseng dan Kuil Hindu Sri Poyyatha Vinayagar Moorthi.

jonker street

        jonker streetjonker street malaysia

Berjalan terus menyusuri Jonker Walk ini, kalian akan tiba di sebuah sungai yang ikonik banget di Melaka, yaitu Melaka River. Di pinggir-pinggir sungai ini kalian bisa menikmati mural-mural yang cantik dan pastinya juga instagramable banget. 

jonker street malaysia

Diseberang Sungai Melaka, ada spot yang ngga kalah keren juga buat dikunjungi guys, yaitu Red Square. Nah, kalo cerita soal Red Square ini akan aku bahas di ulasan berikutnya ya guys!

jonker street malaysia

So, kalo kalian main ke Malaysia, jangan lupakan untuk berkunjung ke Malaka ya guys..

Tips and Trick

  • Siapkan stamina yang fit untuk mengelilingi kota Melaka.
  • Bawa air mineral kemana-mana.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman.
  • Jaga kebersihan tempat wisata ini.

Gallery (9)

Comments (0)