83 views | 0 Likes

Agra Fort: Menelusui Benteng Paling Megah di Agra

0 star (from 0 people)
Agra, Uttar Pradesh, India
Category: Historical Places

Posted on 30 September 2019, 16:00:00
sugengcool
Tourist

Selain Taj Mahal, Agra Fort juga merupakan salah satu wisata ikonik di India. Wajib kesini buat kalian yang lagi liburan di India. Baca reviewku sampe habis yuk!

How to Get There

Masih di Agra, setelah menghabiskan sekitar 3 jam untuk mengagumi Taj Mahal, kami pun segera bergeser ke wisata yang tak jauh dari sana, yaitu Agra Fort. Bisa dibilang, Agra Fort ini merupakan destinasi wajib di Agra selain Taj Mahal karena memang lokasinya berdekatan, sekitar 2,5 km aja dan sangat mudah dijangkau.

Kami langsung keluar dari Taj Mahal dan segera naik ke Auto Rickshaw menuju Agra Fort. Di depan Taj Mahal ini ada banyak sekali auto rickshaw yang menunggu dan siap mengantar pengunjung kemanapun tujuan mereka. Tarif yang dikenakan dari Taj Mahal menuju Agra Fort sekitar 100 Rupee.

What to Do

Sesampainya di Agra Fort, dari kejauhan aku udah bisa melihat bangunan megah berwarna merah yang samkin didekati kemegahannya semakin terlihat. Pengunjung yang datang wajib membayar tiket masuk sebesar 550 Rupees yang worth it banget guys.

agra fort india

Setelah membeli tiket, aku langsung excited banget buat masuk komplek Agra Fort ini. Sebelum masuk, kami disambut oleh pintu gerbang bagian dalam dengan tembok raksasa yang menjulang tinggi. Gerbang ini disebut sebagai Elepant Gate, mungkin karena ukurannya yang super besar makanya kasih namanya Gerbang Gajah ya guys.

agra fort india

Agra Fort merupakan sebuah benteng megah di Agra dimana di dalamnya berisi istana yang menjadi tempat tinggal utama para raja dari Kerajaan Mughal hingga tahun 1638 saat ibukota kerajaan pindah dari Agra ke Delhi. Kerajaan Mughal ini mulai berdiri sekitar tahun 1526 oleh dinasti Muslim yang berakar Turki-Mongolia. 

agra fort india

Istana pertama yang aku kunjungi adalah Jahangir Palace. Istana ini selalu jadi pemberhentian pertama kebanyakan pengunjung karena memiliki arsitektur yang indah dengan taman asri didepannya. Dari Jahangir Palace ini pengunjung juga bisa melihat Taj Mahal dari kejauhan.

Jahangir Palace memiliki arsitektur bergaya Islam dan Hindu dan dibangun sekitar tahun 1611. pada atap istananya, disebelah kanan dan kirinya terdapat Chattris, yaitu sebuah kubah cantik yang disanggah oleh empat pilar. Chattris ini jadi ciri khas bangunan pada era Kerajaan Mughal.

agra fort india

Di sekitar pelataran istana ini terdapat cangkir jumbo yang dikenak sebagai Hauz-I-Jahangiri. Cangkir yang terbuat dari batu ini konon dulunya digunakan sebagai tempat pemandian. Istana ini punya arsitektur yang indah sekali, cocok banget buat kalian yang suka hunting foto. Soalnya setiap sudut istana ini sangat menarik.

Benteng seluas 38 hektar ini dulunya dikelilingi oleh sungai yang lebar dan dalam juga dipenuhi oleh buaya buas untuk menjaga keamanan istana dari serangan musuh atau penyusup. Kalo sekarang sih kalian ngga perlu khawatir bakal jatuh ke sungai dan dimakan buaya karena sungainya udah kering dan ditumbuhi rumput yang hijau.

agra fort india

Cuaca Agra saat itu memang cukup terik guys, tapi berada disini aku bisa merasakan semilir angin sehingga terasa sangat sejuk. Tak lupa, aku segera mengambil kamera smart phone untuk mengabadikan moment disini bersama keluarga. 

agra fort india

Well, berkunjung ke benteng megah ini bener-bener jadi sebuah keharusan saat kalian berada di Agra. So, pastikan Agra Fort ada di dalam list destinasi wisata yang akan kalian kunjungi ya. Happy traveling!

Video by UNPLANNED TRAVELLER

Tips and Trick

  • Cuaca India memang cukup terik guys, pastikan kalian sudah menggunakan sunscreen ya sebelum traveling.
  • Jangan lupa bawa kamera yang bagus.
  • Gunakan pakaian yang sesuai dengan cuaca di India.
  • Pakai alas kaki yang nyaman.
  • Jaga kebersihan tempat wisata ini.

Gallery (6)

Comments (0)