33 views | 0 Likes

Menyambangi Taj Mahal, Bangunan Paling Ikonik di India

0 star (from 0 people)
Agra, Uttar Pradesh, India
Category: Historical Places

Posted on 27 September 2019, 16:00:00
sugengcool
Sightseeing

Taj Mahal merupakan wisata wajib saat traveling ke India. Ada apa aja di dalamnya?

How to Get There

Hari kedua di Agra, kami melanjutkan perjalanan ke salah satu tempat wisata yang jadi ikon wisata India yaitu Taj Mahal. Taj Mahal berlokasi di Dharmapuri, Forest Colony, Tajganj, Agra. Banyak sekali transportasi yang bisa digunakan untuk menuju bangunan ikonik yang satu ini, transportasi umum ataupun transportasi pribadi juga ada.

What to Do

Sudah sejak lama, Taj Mahal dikenal sebagai salah satu ikon India. Mungkin banyak yang mengira jika bangunan ini merupakan sebuah masjid ataupun tempat ibadah, tapi ternyata bukan guys. Sama halnya dengan Humayun Tomb, Taj Mahal merupakan pemakaman. Bedanya, jika Humayun Tomb dibangun oleh Sang Permaisuri untuk mengenang Rajanya, sementara Taj Mahal dibangun oleh Sang Raja untuk mengenang permaisurinya.

pemandangan taj mahal

Taj Mahal dibangun di masa pemerintahan Syah Jehan yang memerintah pada tahun 1628 hingga 1658 M. Bangunan ini merupakan simbol cinta dari Raja Shah Jahan untuk istrinya yang bernama Mumtaz Mahal. Mumtaz mahal adalah istri ketiga Raja Shah Jahan dan menjadi istri yang paling disayang karena merupakan sosok yang setia, cantik dan rela memiliki banyak anak.

taj mahal agra india

Mumtaz Mahal meninggal setelah melahirkan anak ke 14. Ia meninggal di Bahanpur saat sedang menemani raja berperang. Sebelum meninggal, Mumtaz meminta suaminya untuk mendirikan monumen yang didedikasikan untuk kisah cinta mereka. Kemudian ia juga meminta suaminya agar tak menikah lagi dan berjanji untuk menyayangi anak-anak mereka.

taj mahal agra india

Sang Raja pun merasa sedih yang teramat sangat setelah ditinggal istrinya meninggal, karena merasakan patah hati yang sangat dalam inilah akhirnya ia menuruti permintaannya. 

Awalnya, jenazah Mumtaz dibawa ke sebuah bangunan kecil di tepi Sungai Yamuna, namun kemudian Raja membangun komplek makam yang sekarang dikenal dengan Taj Mahal. Dan butuh waktu 11 tahun untuk membangun Taj Mahal ini dan dibangun oleh 20 ribu pekerja. 

taj mahal agra india

Pada tahun 1983, Taj Mahal ditetapkan oleh UNESCO sebagai situs warisan dunia dan juga masuk dalam 7 keajaiban dunia. Taj Mahal terdiri dari lima bagian yaitu Darwaza, Bageecha, Masjid, Naqqar Khana dan Rauza. Di dalam Taj Mahal pun tak hanya terdapat makam Mumtaz Mahal, melainkan disebelahnya juga ada makam Shah Jahan. Bangunan ini selain melambangkan cinta juga bentuk dari penggabungan tradisi seni Persia dan seni Mughal awal. Katanya sih, inspirasinya datang dari Dinasti Timurid. 

taj mahal agra india

Keindahan Taj Mahal terlihat dari arsitektur bumbung, kubah dan menara yang terbuat dari marmer putih. Lalu, juga ada sebanyak 43 jenis batu yang digunakan untuk pembangunan, diantaranya permata, berlian, jed, kristal, topaz dan nilam. 

taj mahal agra india

Pesona Taj Mahal emang ngga perlu dipungkiri lagi guys, pastinya mampu membius setiap pengunjung yang datang ke India. Salah satu yang membuat bangunan ini sangat menarik adalah perubahan warna yang bergantung pada cahaya. Saat pagi hari terlihat berwarna merah muda, berwarna putih susu di malam hari dan saat diterpa cahaya bulan akan berwarna keemasan.

taj mahal agra india

Gimana guys, tertarik berkunjung ke Taj Mahal? Kalo kalian berencana akan traveling ke India, pastikan untuk berkunjung ke Taj Mahal ya.

Video by TRANS7 OFFICIAL

Tips and Trick

Sebelum berkunjung, ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan guys:

  • Tiket masuk Taj Mahal untuk wisatawan asing sekitar 1000 Rupee.
  • Diharapkan kalian untuk tidak berkunjung di hari Jumat ya guys, karena tutup.
  • Kalo kalian pengen kesini, sebaiknya diantara bulan November hingga Februari saat cuacanya ngga terlalu panas dan hujan.
  • Jangan lupa bawa kamera.
  • Jangan buang sampah sembarangan ya guys.

Gallery (7)

Comments (0)