102 views | 1 Likes

Green Canyon of Malang Kedung Jembar Yang Sangat Mempesona

3 star (from 1 people)
Malang, Jawa Timur, Indonesia
Category: Waterfall

Posted on 19 September 2019, 15:52:21

Berbicara soal wisata alam di kota malang ini memang tak ada habisnya untuk di jelajahi keindahannya. Salah satunya yang terletak di Malang selatan tepatnya di Donomulyo yaitu air terjun kedung jembar

How to Get There

Kedung jembar adalah sebuah air terjun yang memiliki tingkatan aliran air terjun yang berundak-undak dengan latar belakang bebatuan padas dan kapur yang sangat indah terbentuk secara alami dengan aliran air sungai berwarna hijau toska saat musim kemarau. Di namakan kedung jembar karena di bawah aliran air tejrun i ni terdapat kolam alami yang lumayan luas. Dalam bahasa jawa “ kedung “ berarti sebuah kolam alami yang dalam  dan “ jembar “ berarti luas. Oh ya ni guys kedung jembar ini memiliki karakteristik aliran sungai bak di green canyon , terdapat bebetauan padas di sekeliling yang membuat tempat ini semakain eksotis bak di green canyon.

Kedung jembar malang

Lalu bagaimana cara untuk menuju ke kedung jembar ???

Air terjun kedung jembar ini terletak Desa Sumberoto Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang. Berjarak 64 km dari pusat kota dan dapat di tempuh dengan kendaraan roda dua ataupun empat. Dari pusat kota Malang arahkan kendaraan anda menuju ke Kepanjen dan cari arah ke Pantai Ngliyep lalu sesampai di pertigaan Arah ke pantai ngliyep anda tetap lurus saja menuju ke arah Donomulyo , nah setelah sampai di Donomulyo anda tinggal mencarai arah ke pantai Mondangan karena letaknya dekat dengan pantai tersebut. Nah setelah sampai di perempatan JLS sumberoto anda tinggal lurus saja naik melalui jalan tersebut lalu belok ke kiri di pertigaan pertama setelah itu ikuti saja jalan tersebut melalui perkampungan warga hingga di ujung desa , nah disiu anda akan memarkirkan kendaraan kalian. Setelah memarkirkan kendaraan anda tinggal melanjutkan tracking selama 30 menit melalui jalan setapak yang sudah tertata rapi ni guys hingga di dasar air tejrun.

Pemandangan kedung jembar malang

What to Do

Lalu apa saja yang bisa di lakukan disana ???

Air terjun kedung jembar ini memiliki tingkatan air terjun yang sangat eksotis dengan latar belakang bebatuan kapur yang sangat megah dan indah. Disini terdapat beberapa air terjun yang bisa kita kunjungi dalam satu lokasi ini guys. Mulai dari air terjun yang memiliki ketinggian 3 meter hingga 70 meter ni guys yang paling tinggi. Di setiap bawah aliran air terjunnya terdapat kolam alami yang terbentuk secara alami dengan memiliki kedalaman yang lumayan dalam ni guys. Salah satunya yang memiliki kolam terbesar di areanya sehingga mendapat julukan sebagai kedung jembar ni guys. Airnya berwarna hijau toska dan bersih pasti akan membuat anda akan tergoda saat melihatnya.

Pemandangan kedung jembar malangkolam alami kedung jembar malang

Di paling atas air terjun ini terdapat air terjun dengan ketinggian sekitar 15 meter dengan 2 aliran air terjun yang sangat indah serta kolamalami di bawahnya yang tak bagitu luas. Di bawahnya lagi terdapat aliran air terjun yang memiliki aliran air terjun yang bertingkat-tingkat serta yang menjadi iconnya tempat ini dengan kolam alami yang terluas disini guys. Dan yang terakhir terdapat di bawahnya lagi dengan memiliki katinggia air terjun hingga mencapai 50 meter ni guys. Suasana disini sangatlah asri dan alami ni guys terdapat pepohonan di kanan kiri membuat anda merasa nyaman saat berkunjung di sini. Oh ya ni guys di kolam alami kedung jembar ini anda bisa bermain air mulai dari berenang atau hanya sekedar bermain di pinggiran sungai sembari menikmati sunyi serta alaminya tempat ini. Oh ya ni guys saya sarankan anda harus selalu waspada meskipun anda mahir berenang saat bermain air di kolam  kedung jembar ini guys karena kolamnya begitu dalam dan yang terpenting anda harus jaga sikap pula ni guys disini. Bersantai sambil duduk memandangi air terjun yang cantik ini dengan suasana yang sangat alami akanm membuat anda betah berlama disini guys. Aliran sungai yang menyerupai di green canyon seolah anda berada di sebuah surga yang tersebunyi de desa sumberoto ini guys.

air terjun kedung jembar malangkolam alami kedung jembar malang

kolam alami kedung jembar malangPemandangan kedung jembar malang

Tips and Trick

   Tips & Trick saat berkunjung ke kedung jembar :

1.    Datanglah saat musim kemarau

2.   Bawa makanan dan minuman karena tak ada warung yang berjualan 

3.  Bawa baju ganti serta peralatan mandi

4. Pakailah sandal yang nyaman di kaki serta anti selip karena jalan bisa licin 

5. Berhati-hatilah saat bermain air di kolam tersebut karena sangat dalam 

6. Jaga sikap dan perilaku anda saat berada disini 

7. Bawa camera andalan kalian ni guys karena spot disini sangatlah keren untuk di abadikan

8. jangan pernah mengotori tempat yang alami ini dengan sampah kalian saat berkunjung keisni guys.

 

 

 

 

 

Gallery (8)

Comments (2)