61 views | 0 Likes

Mampir ke Lotus Temple Delhi, Cantiknya bak Bunga Teratai

4 star (from 1 people)
Delhi, New Delhi, India
Category: Religious Place

Posted on 10 September 2019, 13:58:56
sugengcool
Sightseeing

Main ke India? Jangan lupa untuk berkunjung ke sebuah kuil cantik ini ya guys..

How to Get There

Melanjutkan perjalanan di New Delhi di hari kedua, setelah bertandang ke ke Humayun Tomb, aku dan beberapa anggota keluarga yang ikut liburan ke India kali ini pergi ke Lotus Temple. Lotus Temple berlokasi di Lotus Temple Road, New Delhi. Masih ada di tengah kota kok guys dan untuk menuju kesini, kalian bisa menggunakan metro dari Delhi Station dan turun di Kalkaji Station kemudian di lanjutkan dengan jalan kaki sekitar 400 meter aja.

What to Do

Dari kejauhan, Lotus Temple sudah terlihat puncaknya yang berwarna putih dan semakin didekati kalian bisa melihat bangunannya yang berbentuk bunga lotus, sesuai dengan namanya kan? Anyway, masuk kesini pengunjung sama sekali ngga dikenakan biaya alias gratisan. Cocok banget buat dijadikan tujuan wisata bagi traveler budget aku. Hihihi..

bentuk unik lotus temple

Bentuknya yang unik ini bener-bener bisa jadi spot foto yang keren guys. Bangunan berwarna putih ini diibaratkan seperti bunga lotus karena arsitekturnya pun membuat bangunan ini seperti bunga asli, yakni berada di tengah kolam. Bunga lotus sendiri merupakan simbol dari kemurnian guys dan Lotus Temple ini merupakan tempat ibadah kepercayaan Baha’i dan juga tempat meditasi. Untuk itu, pengunjung yang datang kesini dilarang keras bersuara.

kolam disekeliling lotus temple

Lotus Temple juga dikenal sebagai Baha’i House of Worship ternyata punya keunikan tersendiri guys. Bangunannya yang berbentuk bunga lotus ini dibangun dengan serba angka 9. Jadi, bangunan bunga lotus ini punya 3 tingkat kelopak dimana setiap tingkatnya terdapat 9 kuntum. Itu baru angka 9 pertama guys, kalo diperhatikan lagi kalo 3 baris kelopak yang setiap barisnya punya 9 kelopak dikalikan, berarti ada 27 kelopak bunga. Lalu, kalo 2 ditambah 7 maka hasilnya akan jadi 9.

lotus temple delhi

Disekitar bangunan ini juga terdapat 9 kolam. Tak hanya itu, bangunan ini punya tinggi 45 meter dimana kalo 4 ditambah 5 hasilnya adalah 9. Lagi-lagi 9 ya guys? Well, sebenernya angka 9 ini ada maknanya guys, menurut penganut kepercayaan Baha’i angka 9 mewakili banyak hal. Mulai dari jumlah lubang di tubuh manusia hingga angka 9 merupakan angka tertinggi diantara 0-9.

lotus temple delhi

Meskipun Lotus Temple adalah tempat ibadah umat Baha’i, tapi kuil ini terbuka bagi semua agama. Setiap pengunjung boleh melakukan ibadah agama mereka masing-masing di kuil ini. Karena menurut Baha’i, keyakinan akan adanya Tuhan ngga harus dipersempit oleh suatu kotak agama. Bahkan menurut mereka pun sebuah ritual keagamaan ngga perlu dilakukan. Well, please read this with open mind ya guys, karena setiap kepercayaan manusia itu beda-beda.

                 lotus temple delhilotus temple delhi

Arsitek yang mendesain Lotus Temple ini adalah seorang keturuan Iran yang tinggal di Kanada. Bangunan ini selesai dibangun pada tahun 1986 dan setelah itu, banyak mendapatkan penghargaan arsitektur kelas dunia. 

Video by Become Youtuber

Tips and Trick

So guys, main ke New Delhi pastikan kalian mampir ke Lotus Temple ini ya guys. Sebelum berangkat kesini, kalian harap memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Lotus Temple ini buka setiap hari Selasa – Minggu mulai jam 9 pagi hingga jam 6 sore waktu setempat. Khusus hari Senin tutup.
  • Pengunjung ngga dikenakan tiket masuk.
  • Pengunjung yang datang dilarang keras bersuara apalagi berisik karena tempat ini merupakan tempat meditasi dan berdoa.
  • Kalo kalian bawa anak kecil, saran aku sih jangan diajak masuk. Cukup foto-foto didepannya aja.
  • Jangan lupa bawa kamera yang bagus.
  • Jaga kebersihan tempat ini dengan buang sampah pada tempatnya.

Gallery (6)

Comments (0)