146 views | 1 Likes

Explore Humayun's Tomb: Monumen Cantik Bentuk Cinta Seorang Permaisuri

4 star (from 1 people)
Delhi, New Delhi, India
Category: Historical Places

Posted on 15 September 2019, 16:00:00
sugengcool
Tourist

Selain Taj Mahal, Humayun's Tomb juga dibangun atas bentuk cinta. Dateng dan nikmati indahnya tempat yang satu ini bareng orang tersayang yaa.

How to Get There

Setelah merampungkan beberapa cerita soal liburanku selama di Bangkok dan Vietnam, aku mau share cerita lagi nih soal liburanku selama di India. India adalah salah satu negara yang jadi incaranku sejak lama dan akhirnya baru terealisasi awal tahun ini. Aku stay di India kurang lebih 13 hari dan hari pertama aku gunakan untuk perjalanan dan istirahat di hotelku di Kota New Delhi. Next day, aku naik autorikshaw menuju destinasi pertama di India yaotu Humayun Tomb.

Hamayun Tomb ini lokasinya ada di Mathura Road Opposite, Hazrat Nizamuddin Aulia Dargah, Nizamuddin, New Delhi. Banyak sekali transportasi yang bisa digunakan untuk menuju ke Humayun Tomb ini guys, kalian bisa sewa kendaraan ataupun naik transportasi umum.

What to Do

Sebagai ibukota India, Delhi dikenal menyimpan banyak sekali cerita sejarah ditengah hiruk pikuknya kota. Sebelum mengunjungi salah satu mausoleum paling ikonik di India, Taj Mahal, aku sempet mengunjungi salah satu mausoleum yang ngga kalah pentingnya juga disini, yaitu Humayun Tomb.

humayun's tomb front

Sedikit cerita mengenai Humayun Tomb ini guys, sama halnya dengan Taj Mahal, Humayun Tomb ini merupakan makam para kaisar atau sultan yang pernah memimpin selama berabad-abad pada masa kejayaan Islam di India. Saking megahnya makam ini, banyak orang yang mengira jika makam-makam ini adalah istana. 

humayun's tomb gate

Nah, Humayun Tomb ini adalah mausoleum kaisar Kerajaan Mughal generasi kedua yang bernama Nasir Ud-din Muhammad Humayun atau sering disebut juga sebagai Humayun. Humayun merupakan kakek buyut Kaisar Shah Jahan yang tidak lain adalah pendiri Taj Mahal. Mausoleum ini didirikan sekitar abad 15 oleh permaisurinya yang bernama Hamida Banu Begum.

humayun's tomb front

Setelah suaminya meninggal, Banu Begum merasakan kehilangan yang sangat mendalam kemudian tepat 9 tahun sepeninggalan Kaisar Humayun, Banu Begum membanyun sebuah peristirahatan terakhir untuk suaminya sekaligus tempat untuk merenungi dan mengenang kisah hidupnya bersama suaminya.

humayun's tomb

Humayun Tomb didesain oleh arsitek bernama Mirak Mirza Ghiyas. Saat mendesain bangunan ini, ia terinspirasi oleh definisi surga didalam Alquran, sehingga bangunan ini memiliki gaya Islami yang dikelilingi oleh taman dan aliran air di setiap sisinya. Humayun Tomb memiliki gerbang setinggi 16 meter yang terdiri dari dua lantai dimana diujungnya ada dua buah chattri yang menjadi ciri khas. Lalu juga ada kanopi kecil berbentuk mirip kubah yang disanggah empat pillar kecil.

kolam di humayun's tomb

Sekilas, bangunan ini mirip masjid karena terdapat kubah besar di tengahnya dan dikelilingi oleh 4 buah chattri putih dan 8 chattri kecil berwarna biru. 

humayun's tomb delhi

Humayun Tomb tak hanya berisi makam Kaisarnya aja guys, tapi juga terdapat beberapa makam termasuk makan sang permaisuri. Batu nisan Kaisar Humayun berada di tengah bangunan yang ada di lantai dua. Pada batu nisannya terpahat kaligrafi Alquran sementara pada langit-langit kubahnya dihiasi oleh ornamen bunga, daun dan bentuk geometris lainnya.

taman humayun's tomb

humayun's tomb delhi

Humayun Tomb masuk dalam Daftar Warisan Budaya Dunia oleh Unesco, untuk itu pemeliharaan bangunan ini sangat diperhatikan oleh pemerintah India. Hal ini terlihat dari kebersihan bangunan yang rutin melakukan tindakan pemeliharaan setiap harinya. Jadi membuat pengunjung yang datang merasa nyaman berada disini.

Video by Krzysztof Duda

Tips and Trick

Humayun Tomb ini wajib masuk dalam destinasi liburan kalian di India. Sebelum berangkat kesana, beberapa hal inin wajib jadi perhatian kalian ya guys:

  • Sebelum berangkat, pastikan kalian punya passport masih aktif minimal 6 bulan.
  • Beli tiket pesawat jauh-jauh hari sebelumnya agar harganya lebih terjangkau.
  • Khusus pemegang passport Indonesia, kalian wajib mengurus e-visa India disini.
  • Jangan lupa bawa kamera untuk foto-foto.
  • Tiket masuk untuk Humayun Tomb ini sekitar 500 Rupees.
  • Jaga kebersihan tempat ini.

Gallery (8)

Comments (1)