51 views | 0 Likes

Eksotisnya Tanjung Papuma: Primadona Wisata Jember

0 star (from 0 people)
Jember, Jawa Timur, Indonesia
Category: Beach Exploring

Posted on 26 September 2019, 16:00:00
sugengcool
Sightseeing

Cantiknya pantai ini bikin lupa diri..

How to Get There

Setelah kemaren sempet nongkrong-nongkrong di Kafe Kolong, sekarang saatnya jalan-jalan ke pantai guys. Jadi, Jember itu dari dulu emang terkenal banget punya banyak pantai yang cantik dan beberapa diantaranya masih tersembunyi dan belum terjamah. Nah, salah satu pantai yang aku kunjungi kemarin adalah Pantai Papuma.

Kalian pasti tahu dong ya sama pantai yang satu ini? Pantai ini memang keren banget dan jadi ikon wisata pantai di kabupaten Jember. Lokasi pantai ini ada di Jalan Raya Lojejer, Wuluhan, Kabupaten Jember. Untuk menuju ke pantai ini bisa naik kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi. Kalo dari stasiun Jember, jaraknya sekitar 45 menit dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam.

What to Do

Kalian yang pernah traveling ke Jember pasti pernah mendengar soal keindahan pantai ini. Tapi tahukan kalian jika Papuma merupakan sebuah akronim yang memiliki arti Pantai Pasir Putih Malikan. Pantai pasir putih ini mengelilingi sebuah semenanjung yang menjorok ke lautan. Pantai ini berada di sisi barat dan timur semenanjung sehingga satu pantai ada di balik pantai satunya yang hanya dipisahkan oleh bukit kecil. Nah, karena letaknya di semenanjung agar lebih mudah diingat Pantai Pasir Putih Malikan juga dikenal sebagai Tanjung Papuma.

papuma

pemandangan pantai papuma

Pantai Papuma ini bersebelahan dengan Pantai Watu Ulo, tapi keduanya punya perbedaan yang cukup mencolok meskipun hanya dipisahkan oleh bukit kecil. Papuma memiliki pasir berwarna putih sehingga air laut di pantai ini terlihat sangat jernih. Warna air laut pantai ini terlihat lebih cantik lagi saat cuaca cerah. Air laut memantulkan warna biru yang sangat indah. Ditambah lagi dengan latar belakang yang merupakan barisan bukit hijau. Pemandangan yang keren banget buat foto-foto guys.

pemandangan pantai papuma

Pantai Papuma ini bisa jadi spot hunting foto yang keren guys, dimana terdapat pasir putih, air laut yang jernih, susunan bebatuan di tepi pantai yang berdiri kokoh, lalu juga ada batu karang di tengah-tengah laut yang kalo dilihat dari bibir pantai seolah menyerupai sebuah candi yang berdiri ditengah laut. Nah, background gini yang cocok banget buat isi feed instagram kalian.

pemandangan pantai papuma

Selain menikmati pemandangan sambil foto-foto, beberapa kegiatan lain juga bisa kalian lakukan disini misalnya seperti berenang. Meskipun pantai ini berada di kawasan pantai selatan, tapi pantai ini masih cukup aman jika digunakan untuk berenang. Ombak di pantai ini cukup tenang dan sama sekali ngga bahaya guys, jadi kalian ngga perlu khawatir untuk berenang disini.

pemandangan pantai papuma

Kalo kalian ngga pengen berenang tapi pengen main di lautnya, kalian bisa mencoba transportasi air, yaitu perahu tradisional untuk menuju ke pulau karang yang berada di tengah laut. Sebenernya bisa sih tanpa harus naik perahu untuk menuju ke pulau karang tersebut, kalian tinggal berjalan menyusuri daratan yang terhubung langsung kesana. Tapi lebih seru naik perahu sih guys.

pemandangan pantai papuma

 

Video by JAMBUL IJO

Tips and Trick

So guys, kalo kalian bingung mau berwisata kemana di Jember, buruan main ke Tanjung Papuma ini ya guys. Tapi, sebelum kalian berangkat ke Papuma, aku ada beberapa tips nih:

  • Untuk menuju kesini, aku saranin kalian mending naik kendaraan pribadi guys soalnya lebih hemat waktu.
  • Kalo kalian bawa kendaraan sendiri, harus extra hati-hati ya karena jalannya lumayan susah.
  • Tiket masuk yang dikenakan sekitar Rp 15.000 per orang. 
  • Bawa baju ganti dan perlengkapan mandi kalo kalian pengen berenang dan main air.
  • Bawa kamera yang bagus.
  • Jangan buang sampah sembarangan.

Gallery (6)

Comments (0)