104 views | 1 Likes

Puncak B29

4 star (from 1 people)
Lumajang, Jawa Timur, Indonesia
Category: Hiking & Trekking

Posted on 06 September 2019, 11:14:56
veronicaapriani
Sightseeing

Puncak B29 termasuk objek wisata unggulan Kab. Lumajang. Saat sunrise, pemandangannya sungguh indah. Seolah-olah kita berdiri di atas awan. Oleh karena itu, B29 disebut juga Negeri di Atas Awan

How to Get There

Untuk menuju ke B29, kita bisa mengendarai mobil pribadi tetapi hanya bisa sampai lokasi parkir. Selanjutnya, kita harus mengendarai motor, karena medannya tidak bisa dilalui mobil. Tetapi jangan kuatir, di sini terdapat banyak ojek yang siap mengantar. Untuk sewa ojek pp sekitar 100.000 (tergantung nego). Untuk pembayaran ojeknya, setelah kita kembali lagi ke parkiran ya. Jadi nanti kita akan diberikan kertas berisi nama supir ojeknya. Saat pulang, kita harus mencari tukang ojek yang sama seperti waktu berangkat.

Bagi yang suka touring, kalau mau touring di sini juga bisa, tapi harus hati-hati karena medannya cukup menyeramkan. Paling aman naik motor yang cc nya besar, biar kuat waktu nanjak. Kemudian untuk tiket masuk B29 sangat murah, yaitu 5.000/orang. Di sini, medan yang ditempuh cukup menantang, kemiringannya 10-40 derajat serta beberapa tikungan tajam. Cukup serem sih, apalagi saat kesana masih subuh, jadi sangat gelap. Intinya banyak berdoa dan percaya aja ama bapak ojeknya hehe. Setelah 20 menit perjalanan menggunakan ojek, sampailah ke puncak B29.

What to Do

Sesampainya di puncak B29, banyak terlihat pengunjung yang berkemah demi menikmati momen sunrise. Dan saat sunrise, pemandangannya memang benar-benar seperti berdiri di atas gumpalan awan. Dari sini juga terlihat puncak Gunung Semeru, Gunung Bromo dan Gunung Batok. Ngga bosan-bosan deh ngeliatnya.

sunrise puncak b29 lumajang

negeri diatas awan b29 lumajang

pemandangan di puncak b29 lumajang

negeri diatas awan b29 lumajang


vacation

pemandangan di puncak b29 lumajang

Dari B29, kalau mau berjalan kaki lagi sekitar 2 km, terdapat B30. Setelah puas berfoto, kami kembali ke parkiran mobil dengan ojek yang sama. Pada saat perjalan pulang, sepanjang perjalanan kita akan disuguhkan pemandangan khas pedesaan. Indahnya perkebunan warga menjadi daya tarik tersendiri selama perjalanan.
Bagi yang belum pernah ke B29, super recommended

Tips and Trick

1. Kalau dari Surabaya, kita berangkat tengah malam. Jadi saat sampai ke B29 masih sempat menikmati sunrise

2. Kalau mau sewa ojek murah, datang langsung ke pangkalan ojek dan lakukan nego di sana

3. Bawa sepatu, jaket dan celana panjang karena dingin. Apalagi saat naik ojek, dingin banget

4. Bawa kamera yang bagus karena pemandangannya super keren

5. Saat dibonceng ojek, tenang aja, jangan panik karena bapak ojeknya udah pengalaman kok

6. Jangan buang sampah sembarangan ya

Gallery (6)

Comments (1)