67 views | 1 Likes

Liburan keluarga hits di ruang publik bandung , teras cikapundung!

3 star (from 1 people)
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
Category: Family Trip

Posted on 05 September 2019, 16:16:59
Zhella
Sightseeing

Teras cikapundung berlokasi di Jl. Siliwangi, Hegarmanah, Kec. Cidadap, Kota Bandung, Jawa Barat.

How to Get There

Jika kalian mendengar kata cikapundung , mungkin terdengar seperti sungai yang kotor? tapi sekarang sungai cikapundung berubah menjadi tempat wisata yang rame loh , Kali ini saya akan menjelajah tempat wisata ini , simak yuk reviewnya!

teras cikapundung.Teras cikapundung berlokasi di Jl. Siliwangi, Hegarmanah, Kec. Cidadap, Kota Bandung, Jawa Barat.Lokasinya berdekatan dengan kawasan sasana budaya ganesha, Kampus Institut Teknologi Bandung,Kebun Binatang Bandung dan Kampus Katholik Parahyangan. Awalnya tempat ini merupakan deretan rumah kumuh dan bantaran sungai Cikapundung yang tidak terawat. Kini tempat ini disulap menjadi taman yang indah dan tertata rapih sama seperti taman lainya yang ada di Bandung?. Cikapundung sendiri adalah aliran sungai yang membelah daerah bandung yang membentang dari bandung utara dan bermuara ke  bandung selatan di daerah citarum. Sedangkan untuk hulu sungai terdapat di lembang dan dinamakan curug omas , air dari curug ini mengalir sampai ke babakan siliwangi.



 



What to Do

Teras cikapundung merupakan hasil revitalisasi kawasan lembah sungai cikapundung di sisi jalan siliwangi, kawasan ini hasil kerja dari pemerintah kota bandung dan balai besar wilayah citarum (BBWS Citarum). Pada akhir desember 2015, wisata ini diresmikan oleh Kementrian Pekerjaan Umum bersama Pemkot Bandung pada pertengahan Januari 2016. Konsep pembangunan teras cikapundung ini tergolong unik dengan mengusung konsep Urban dan Ekologi dengan tujuan menjadikan kawasan ini hijau dan menjadi daya tarik wisatawan daerah bandung maupun luar daerah.Wisata ini buka pada pagi hari sekitar pukul 07.00 dan akan tutup pada malam hari berkisar pukul 10.00 . Untuk masuk ke wisata ini pengunjung tidak dikenakan tarif , hanya saja jika pengunjung menggunakan motor wajib membayar parkir motor.




Teras Cikapundung merupakan wisata alam keluarga yang berupa taman hijau terbuka di pesisir sebalah barat dari aliran sungai cikapundung di tepi jalan siliwangi. Banyak sekali yang bisa dilakukan disini bersama keluarga seperti kita bisa merendam kaki kedalam kolam ikan yang khusus untuk terapi atau sekedar memberi makan ikan, juga bermain dengan sang buah hati karena disini terdapat permainan anak - anak seperti kereta mini atau perahu goyang dan gazebo untuk sekedar bersantai. beberapa fasilitas disini sangat nyaman beberapa ada yang disediakan gratis, dan berbayar.Kita bisa bermain sekaligus berolahraga. Beberapa diantaranya bermain rafting yang dikelola oleh komunitas setempat.Untuk bermain rafting pengunjung hanya dikenakan biaya sebesar 10.000 perorang.




Selain itu wisata ini mempunyai beberapa spot foto yang cukup menarik. ada beberapa spot yang terdapat imabuan untuk tidak membuang sampah sembarangan diantaranya yaitu , "Neng Geulis: Kita putus kalau kamu buang sampah (sembarangan)". imabuan tersebut ditujukan kepada kaum cowok tertuduh utama, pembuang sampah.  Sebangun dengan imbauan lain, "Kegantengan kamu berkurang karena membuang sampah" , juga slogan bertulis indung bukan di junjung bandung kudu disanjung, urang pikanyaah cikapundung nu agung .Taman disini bersih dan cukup instagramable. Setiap harinya pada akhir pekan selalu ramai di datangi pengunjung yang berasal dari kota bandung sendiri bahkan ada juga yang dari luar kota .

Tips and Trick




Memang teras cikapundung ini tempat menyenangkan sambil menikmati cuaca sejuk nan dingin kota bandung.Nah itulah pengalaman saya selama berkunjung ke teras cikapundung kota bandung , bagaimana apa kalian tertarik ke wisata teras cikapundung ini teman traveler?
 

Gallery (4)

Comments (1)