68 views | 2 Likes

Wat Arun Bangkok, Wisata Murah Penuh Sejarah

4 star (from 2 people)
Bangkok, Bangkok, Thailand
Category: Historical Places

Posted on 04 September 2019, 10:15:11
sugengcool
Sightseeing

Backpackeran ke Bangkok? Kunjungi wisata bersejarah dengan harga terjangkau ini!

How to Get There

Masih melanjutkan perjalananku menjelajah cantiknya kota Bangkok, setelah mengunjungi Grand Palace, Wat Pho dan Wat Saket, aku kembali melanjutkan perjalanan ke salah satu destinasi yang wajib dikunjungi di Bangkok yaitu Wat Arun.

Wat Arun lokasinya ada di pinggir sungai Chao Phraya. Untuk itu, menuju kesini paling enak dengan menggunakan river boat menyusuri sungai Chao Phraya. Tanpa macet dan bisa hemat waktu.

What to Do

Wat Arun juga dikenal dengan sebutan Temple of Dawn atau Candi sang Fajar. Di Thailand, Wat punya arti kuil sedangkan Arun merupakan nama Aruna yang merupakan Dewa Fajar. Hal ini dikarenakan Wat Arun punya pemandangan yang sangat indah saat matahari terbit dan terbenam. Nah, cocok banget kan sama sebutannya Temple of Dawn.

Wat Arun sendiri di bangun pada masa kerajaan Ayutthaya dan punya bentuk yang berbeda dengan kebanyakan temple di Thailand. Wat Arun punya bentuk lebih menjulang keatas dengan ruas jalan yang cukup sempit untuk menyusuri candinya. Karena lebar tangganya cukup sempit, pengunjung yang ingin naik keatas pun harus extra hati-hati. 

Bagi umat Buddha, Wat Arun ini merupakan lambang dari gunung yang juga berfungsi untuk menyimpan abu orang-orang yang sudah meninggal. Mereka percaya apabila abunya diletakkan di candi maka arwah orang meninggal tersbeut akan tinggal dengan damai di pegunungan bersama sang Buddha. 

Temple of Dawn ini banyak didominasi oleh warna putih dengan dekorasi kerang dan potongan keramik warna-warni yang menjadi daya tarik tersendiri bagi candi ini. Potongan keramik Cina di dinding-dinding Wat Arun ini berasal dari kapal-kapal karam. Disini juga terdapat berbagai patung yang menjadi simbol unik ciri khas dari Wat Arun.

Candi ini sebenernya punya tiga lantai yang masing-masing lantainya berarti neraka, bumi dan surga. Tapi pengunjung hanya boleh untuk mencapai bumi aja. Setiap lantainya ditopang oleh potongan makhluk raksasa dari laut yang berdiri dengan satu lutut.

Seperti yang udah aku sebutin sebelumnya, kalo mencapai lantai atas ini kalian harus naik tangga yang tinggi dan curam. Ngga heran kalo banyak pengunjung yang lebih milih untuk naik atau turun banyak anak tangga lewat pinggir. Bener-bener harus hati-hati guys. Tapi, pemandangan dari atas sini bener-bener cantik guys, kalian bakal dimanjakan dengan pemandangan Sungai Chao Phraya dengan kapal yang lalu lalang.

Karena keindahannya inilah yang membuat Wat Arun menjadi salah satu wisata ikonik di Thailand guys. Ohya, kalo main kesini jangan lupa juga buat cobain pake pakaian khas Thailand dan berfoto di depan candinya. Sewa pakaian adat Thailand ini biayanya sekitar 200 hingga 250 Bath.

Tips and Trick

Nah, kalo kalian main ke Bangkok dan cari landmark khas Thailand, langsung aja mampir ke Wat Arun guys. Dengan tiket masuk sebesar 50 Bath, kalian bisa puas mengeksplor candi megah ini. Sedikit saran nih guys, kuil ini buka setiap hari mulai jam 08.00 sampe jam 17.30, tapi waktu terbaik untuk kesana adalah saat pagi atau sore hari dimana matahari ngga terlalu terik. Lalu, jangan lupa untuk tetep berpakaian sopan dan menggunakan alas kaki yang nyaman dan ngga licin ya guys, apalagi kalo kalian mau naik keatas. Terpenting lagi, kalian harus tetep jaga kebersihan tempat ini dengan ngga buang sampah sembarangan. Terakhir, selepas dari Wat Arun, disekitarnya terdapat banyak sekali toko baju dan toko souvenir untuk kalian singgahi dan membeli oleh-oleh buat keluarga di rumah.

Gallery (5)

Comments (2)