124 views | 0 Likes

Backpacker Palembang

5 star (from 1 people)
Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia
Category: City Trip

Posted on 02 September 2019, 16:01:02
windiarinda
Sightseeing

Palembang adalah ibukota provinsi Sumatera Selatan. Palembang adalah Kota kedua terbesar di Pulau Sumatera setelah Medan. Palembang terkenal dengan Jembatan Ampera nya dan pempek nya.

How to Get There

Foto dengan latar Jembatan Ampera

Palembang

Palembang adalah Kota yang dari dulu sangat ingin saya datangi. Sejak melihat di Tv dan mengetahui Jempatan Ampera yang begitu megahnya , muncul dalam keinginan Saya untuk mengexplore kota pempek ini. 

 

Saya seorang karyawan swasta yang kebetulan mendapat tugas ke luar kota , yaitu ke Kota Jambi. Setelah beberapa bulan disana dan sudah mengelilingi Kota Jambi, timbul niatan Saya ingin explore lebih jauh lagi.

Yah, Palembang, Palembang adalah kota terdekat Kota ini. Banyak warga Jambi yang berlibur ke Palembang. 

 

Berbekal off tiga hari berturut yang di setujui Perusahaan, Saya pun memberanikan diri Pergi Ke Palembang dengan rekan kerja  Saya yang sama sama dari Medan.

 

Cara Ke Palembang dari Jambi

 

Berbekal dengan searching dari internet, Saya pun mencari tau semua tentang Palembang , Transport ke sana dan tempat apa saja yang harus didatangi.

Jauh jauh hari minimal Seminggu sebelum berangkat , Saya dan teman saya memesan Tiket Travel Jambi Palembang , Tibalah Hari dimana kami berangkat, Malam Hari pukul 9 .

Pulang Kerja kami bersiap untuk dijemput oleh Travel yang sudah kami pesan.

Jadi dari jambi ke Palembang sebenarnya bisa lewat Udara dan lewat darat, dengan Bus atau travel yang menggunakan mobil Mpv pribadi.

Kami pun dijemput oleh travel yang sudah kami pesan , berangkatlah kami dari Jambi ke Palembang dan perjalanan sekitar 8 jam . kami berangkat dari Jambi pukul 9 malam dan Tiba di Kota Palembang Shubuh sekitar pukul 5 pagi.

Tiba di Pool Travel yang di Kota  Palembang masih gelap, Kami pun menunggu terang dikit 

Sekitar pukul 7 Kami berangkat ke Mesjid Agung di kota palembang yang tak jauh dari Pool travel yang kami naiki.

Kami menggunakan taxi online.

Dan sekita 15 menit kami pun sampai di Mesjid Agung Palembang dan bersih bersih disana .

Yah , backpackeran ga afdol kalo ga mandi di Mesjid guys. heheheh

 

Menumpang mandi dan ganti baju di Toilet Mesjid, lalu kami pun Lapar .

Lalu kami pun mencari tempat sarapan terdekat.

Yah sebelumnya foto foto dong ya, 

Berhubung Mesjid Agung terletak di pusat kota dan dekat dengan Jembatan Ampera, Kami pun berjalan kaki ke Jembatan Ampera.

 


Jembatan Ampera

Sebelum Ketemu Jembatan , di seberang Mesjid ada Monumen dan kami pun berfoto foto di depan nya 

Monumen Perjuangan Rakyat

Foto Foto memang tak luput dari aktifitas kita saat exploring suatu tempat.

 

Ada cerita berkesan saat kami kebingungan mencari sarapan, Kami bertemu dengan ibu pemulung , dia pun menanyai kami mau kemana, dia tau kami orang asing dan tak tau arah. Sunggu mulia ibu itu, Kami pun diberitahu bahwa ada banyak orang jual makanan di bawah jembatan Ampera, karena itu adalah pasar. Sebenernya kami uda searching searching tapi, karena perut lapar jadi gagal fokus. Sampailah di tempat kami sarapan di pinggiran Sungai Musi di bawah Jembatan Ampera.

 

Setelah sarapan, Kami pun berjalan ke Stasiun MRT dan menuju ke Jakabaring Sport Center. Jalan kaki dari bawah jembatan ampera ke Stasiun MRT dan kami pun menaiki MRT ke Jakabaring yang harganya cuma Rp 5.000


Menunggu MRT

Berhubung Kami kesini pas weekday jadi sepi begini dan berasa dunia milik sendiri.

Fasilitas MRT disini sudah persis sekali seperi di Singapore, dan Saya bangga banget Indonesia punya fasilitas umum berkelas Internasional.

What to Do

Bundaran Depan Jakabaring

Jadi niatan Kami kesini itu karena waktu Asean games Kan semua orang pada excited dengan Jakabaring. Maka Kami pun pengen mengunjungi tempat yang jadi saksi secara perhetalan berkelas internasional ini.

 

Sampai sini berhubung weekday jadi sepi, kata penduduk setempat tempat ini tetap jadi tempat olahraga masyarakat kota Palembang dan ramai pengunjung saat weekend tiba.

Kami pun terlalu excited dan mengambil foto di setiap sudut cantik.


Foto bersama rekan kerja yang jadi partner  backpackeran Aku selama di Palembang 

Berbekal rasa sok kenal dan sok dekat , kami pun sok akrab dengan pengunjung Tempat ini yang sedang berfoto foto disini juga , maka terciptalah foto ini. hehehe Thank you mbak mbak kakak beradik yang uda fotoin kita dan juga udah rekomendasiin tempat makan pempek terkenal di Palembang.

 

Apa yang Harus dilakukan di Jakabaring

Orang Palembang kalo kesini itu mau olahraga kalo kita foto foto, Olahraga sambil foto foto juga boleh,

kami juga udah olahraga jalan kaki loh dari stasiun MRT ke tempat ini . wkwkwk

Tempat ini sebenernya punya banyak banget area bermain dan berolahraga, tapi berhubung tempatnya terlalu jauh , jadi gabisa dijangkau dengan jalan kaki.

Trus di area ini sebenernya ada Museum 3D, tapi karena masih pagi dan sepi, kita tuh ga yakin tempatnya udah buka wkwkwk. jauh juga jalannya guys.

dan disini sebenernya juga bisa pakai Taxi Online. Tapi berhubung jauh dari perkampungan umum, jadi agak mahal guys.

 


Di depan Icon Asean Games 

Setelah puas keloling keliling, Maka kami pun bergegas ke destinasi berikutnya . 

Berhubung tadi ketemu mbak mbak yang rekomendasiin tempat makan pempek enak di Palembang. Jadilah kami balik ke Pusat kota , lalu memesan taxi online ke tempat makan Pempek terkenal di Palembang untuk membuktikan kemashuran nya. Dan yah, emang enak guys ....

 

Setlah makan , kami bertolak ke Museum yang lumayan terkenal di Kota ini .

Yah , sedikit memahami sejarah suatu kota itu baik bukan? 


Foto di belakang Museum

Rumah Adat Palembang

Dan Apa hadiahnya?

Niatnya mau mempelajari sejarah dan kita dapetin yang lebih dari sekedar pelajaran tapi spot foto unik.

Yah, Rumah adat suku di Palembang. Selain sejarah yang bisa di pelajari, adat istiadat yang beraneka ragam, juga bonus spot keren yang bisa dijadiin spot doto instagramable . Dan kalo kalian inget , rumah adat ini itu ada di uang kertas loh, hayo tebak uang kertas nominal berapa ?

Tips and Trick

Benteng Kuto Besak

 


Tugu Ikan Belido


Pinggiran Sungai Musi


Nah Jadi, Tips Paling penting kalo kita mau merasakan euporia yang sesungguhnya dari kota ini. Kita wajib jalan jalan sore kesini. Karena ini tempat ngumpulnya warga Palembang kalau sore.

 

* Bawa baterai tambahan untuk hp atau kamera karena kalau kita mau explore disini susah cari tempat ngecharge

* Jangan nyari nasi padang disini karena rata rata yang dijual itu pempek 

* Bawa jaket karena angin sungai bisa membuatmu pilu wkwkwk 

* Pasang aplikasi taxi atau ojek online supaya kalian ga susah kemana mana 

 

Setelah melewati senja di Pinggiran  sungai Musi maka malam pun tiba, kami akan balik ke Jambi pukul 9 malam .

Maka kami pun mencari makan malam sebelum balik ke pool travel.

Sebenarnya kami masih ingin berlama lama disini tapi kami tidak ingin menginap di hotel, dan rekan kerja saya pun masuk esok hari. Jadila kami harus pulang ke Jambi malam ini juga.

Where to Stay

Kalau cerita kami , kami bermalam di travel, bukan menghemat budget tapi karena rekan kerja saya cuma libur sehari dan harus masuk esok harinya . jadi nekatla kami bermalam di travel yang jadi backpacker ini.
Tapi kalian bisa cari hotel hotel budget di sekitar Ampera yang harganya cukup murah semalam sekitar 350rb an dan dengan fasilitas yang cukup mewah

Gallery (11)

Comments (1)