120 views | 0 Likes

Wat Pho Temple, Destinasi Wajib Saat Liburan di Bangkok

0 star (from 0 people)
Bangkok, Bangkok, Thailand
Category: Religious Place

Posted on 31 August 2019, 16:00:00
sugengcool
Tourist

Lokasinya yang berdekatan dengan Grand Palace membuat temple ini juga menjadi destinasi wisata wajib di Bangkok. Wat Pho Temple nama lokasinya. Buruan cari dimana tempatnya ya! hihi.

How to Get There

Bangkok memang selalu menjadi surga wisata bagi traveler. Bagaimana tidak, ibukota Thailand ini punya banyak sekali wisata yang menarik, mulai dari wisata belanja, wisata religi hingga wisata alamnya. Salah satu wisata wajib Bangkok adalah Wat Pho. Rasanya, hampir semua wisatawan yang berlibur ke Bangkok selalu menyelipkan Wat Pho sebagai destinasi utamanya.

Wat Pho berlokasi di Maharat Road, tepat disamping Grand Palace. Biasanya, kalo dateng ke Wat Pho udah pasti mampir ke Grand Palace juga, tapi untuk cerita pengalaman ku di Grand Palace, aku share di review berikutnya ya guys.

Untuk menuju ke Wat Pho ini ada banyak transportasi yang bisa digunakan. Kalian bisa naik taxi ataupun kendaraan umum lainnya. Kalian juga bisa naik Chao Phraya Express Boat ke Tha Tien Pier kemudian dilanjut jalan kaki sekitar 250 meter menuju Thai Wang Road.

What to Do

Di Wat Pho ini, pengunjung dapat menyaksikan megahnya patung Buddha berlapis emas sepanjang 46 meter yang sedang berbaring, hal ini melambangkan Sang Buddha di Nirvana. Mata dan kaki patung Buddha ini dihiasi dengan mother pearl, sementara di bagian telapak kaki terdiri dari 108 panel yang menggambarkan ciri agung seorang Buddha.

sleeping buddha

Nama dari Wat Pho sendiri cukup panjang guys, yaitu Wat Phra Chetuphon Vimolmangklararm Rajwaramahaviharn. Dulunya ini adalah biara utama kerajaan yang juga salah satu kuil paling penting di masa pemerintahan Raja Rama I. Nama Wat Pho akhirnya digunakan karena kuil ini dulunya adalah biara tua dari masa pemerintahan Ayutthaya yang bernama Wat Phodharam. Karena itulah sampe sekarang masyarakat Thailand menyebutnya sebagai Wat Pho.

Dengan membayar tiket sebesar 100 Bath, pengunjung yang datang akan mendapatkan kupon yang bisa ditukar dengan sebotol air minum di dekat pintu keluar. Lalu, semua pengunjung yang masuk diharapkan melepas sepatu, nah disitulah pengunjung bisa memasukkan sepatu ke dalam sebuah kantong dari bahan parasit, jadi bisa dibawa-bawa sendiri guys. 

wat pho temple

Masuk ke dalam kuilnya, kalian akan disuguhkan dengan lukisan-lukisan indah yang menghiasi dinding dalam kuil, lukisan-lukisan ini mempercantik ruangan dan keren banget kalo dijadikan background untuk berfoto. Di sepanjang dinding ada mangkok-mangkok yang berjajar dan bisa kalian isi dengan koin. Koin-koin ini kemudian dimasukkan satu per satu ke dalam mangkok perunggu yang berjajar sambil memanjatkan doa dan melihat sejauh mana keberuntungan kalian. Nah, kalo koin masih tersisa atau pas untuk mengisi mangkok terakhir, artinya kalian punya keberuntungan dan rejeki yang bagus. Tapi ini semua balik lagi ke kepercayaan kalian masing-masing guys!

Keluar dari kuil, kalian bisa berkeliling kompleks untuk menikmati apa aja yang disajikan disana. Disini ada kolam ikan koi yang ada ditengah-tengah, kolam ini dikelilingi oleh bebatuan dan patung-patung batu. Kalo di budaya Jepang dan Tiongkok, ikan koi melambangkan umur panjang dan kasih sayang. Kolam ikan koi ini menjadi spot favorit wisatawan untuk duduk santai sambil beristirahat.

wat pho temple

Selain patung Buddha berbaring, Wat Pho juga identik dengan Empat Chedi-nya. Masing-masing dinamakan Chedi Raja Rama II, Raja Rama III, Raja Rama IV dan Phra Si Sanphet. Chedi-chedi ini punya tampilan yang sangat menarik dengan ornamen yang dekoratif dan warna-warni.

Nah, buat kalian yang berencana berlibur ke Bangkok, jangan lupa buat mampir ke Wat Pho ini ya guys!

Tips and Trick

  • Gunakan pakaian yang sopan.
  • Jangan lupa melepas alas kaki.
  • Bawa kamera buat foto-foto.
  • Jangan buang sampah sembarangan.

Gallery (3)

Comments (0)