174 views | 2 Likes

Wisata Murah Sambil Mengenal Ratusan Satwa di Kebun Binatang Surabaya (KBS) 2019!

5 star (from 2 people)
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
Category: Theme Park

Posted on 28 August 2019, 13:08:54

Berencana berlibur di Surabaya? Jangan lupa untuk berwisata di Kebun Binatang Surabaya (KBS). Selain berwisata kita bisa belajar mengenal satwa dari seluruh dunia!

How to Get There

Setelah isi perut di Bakso Rindu Malam kami melanjutkan perjalanan ke KBS (Kebun Binatang Surabaya). Karena lagi pengen jalan dan wisata yang deket dari Bakso Rindu Malam adalah KBS jadilah kami kesana. Cuma lima menit aja udah sampai, harusnya bisa lebih cepet sih tapi harus ngikutin jalur ya jadi agak muter.

Meskipun weekday tapi KBS ini juga masih banyak peminatnya, bisa dilihat sekilas dari tempat parkirnya yang cukup padat. Untuk masuknya aku bawa satu motor dikenakan biaya parkir Rp. 5.000,00,- selanjutnya kami langsung berjalan menuju loket untuk membeli tiket masuk. Untuk tiket masuknya karena aku datang pas weekday harganya Rp. 15.000,00,- / orang. Kalau weekend harganya Rp. 20.000,00,- / orang. Selesai membayar kami akan diberi wristband dan dipasangkan oleh petugasnya, baru deh boleh masuk! Enaknya kalau weekday gini sepi jadi nggak perlu antre deh masuknya.

What to Do

Begitu memasuki area KBS kita akan disuguhkan dengan peta besar. Disana dijelaskan lokasi hewannya berdasarkan jenis. Jadi kalian bisa memilih dan menentukan rute sendiri mau lihat satwa yang mana dulu. Kalau aku kemarin jalan ngasal ajasih, yang kelihatan menarik ya langsung aku datangi. Pertama aku jalan di tempatnya para aves. Disana ada banyak jenisnya mulai dari julang emas, nuri bayan, merak, pelikan, dan masih banyak lagi. Nah kalau disini kalian nggak perlu bingung nama satwanya, karena setiap satwa pasti ada penjelasannya mulai dari nama, makanan, habitat asal, hingga cara reproduksinya.

kebun binatang surabaya

patunjuk arah kebun binatang surabaya

kebun binatang surabaya
Lanjut ke tempat selanjutnya yaitu kawasan satwa mamalia. Memasuki kawasan ini kita akan disambut dengan kawanan monyet hutan yang biasa kita temui seperti di pertunjukan komedi monyet yang biasa lewat di depan rumah itu. Nah jumlahnya juga nggak sedikit loh alias banyakk, jadi gemes lihatnya. Ada yang main di tepi aliran, ada yang bergelantungan, ada juga yang nyariin kutu temennya hahaha.

kebun binatang surabaya
kebun binatang surabaya
Disebelahnya ada satwa lain seperti orangutan dan simpanse. Yang paling bikin gemes adalah tingak orangutan yang lagi main sama induknya. Sambil bergelantungan dan menikmati makan siang, tingkahnya mampu membuat pengunjung tertawa.

kebun binatang surabaya    kebun binatang surabaya

kebun binatang surabaya
Jalan lagi ketempat lainnya ada kawanan unta, rusa, babi rusa, sitatungi, dan lainnya. Tapi aku paling suka lihat kudanil. Karena badannya yang gemuk besar namun pendek itu tingkahnya sangat sayang untuk dilewatkan. Kebutulan kudanil ini pas lagi makan jadi kelihatan mulutnya yang besar mengaga. Selesai makan langsung kembali lagi ke kolam untuk berendam dan yang terlihatt Cuma kepalanya sembari sesekali menyeburkan air, kerenn!

kebun binatang surabaya
kebun binatang surabaya

Puas melihat kudanil berendam saatnya jalan ke satwa selanjutnya. Pertama aku denger suara seperti pukulan dan ada debu. Ternyata setelah aku dekati ada dua rusa yang sedang beradu tanduk. Mirip seperti di habitat aslinya. Melihat momen seperti itu tak lupa aku untuk segera mengabadikannya.

kebun binatang surabaya
kebun binatang surabaya
Nah akhirnya setelah jalan lagi aku sampai juga di tempatnya para gajah. Emang dari awal masuk sini pengen banget lihat gajahnya. Karena beberapa bulan yang lalu sempet ada  info kan kalau induk gajah disini barusan melahirkan bayi gajah. Dannn aku bisa lihat langsung dong haahha, seneng banget!! Bayi gajah ini diberi nama Dumbo oleh Bu Risma, walikota Surabaya. Dumbo ini lahir dari perkawinan induk betina yang bernama Lembang dan induk jantan yang bernama Doa.

Dumbo di kebun binatang surabaya
kebun binatang surabaya
Sayangnya pas aku coba bertanya apakah aku boleh masuk untuk memegang su Dumbo, kata para pengurusnya tidak boleh. Karena hanya petugas yang boleh masuk dan mendekat saja. Oke baiklahhh, yang penting bisa lihat si Dumbo aja udah seneng dan bikin betah.

anak komodo di kebun binatang surabaya
komodo di kebun binatang surabaya
Lanjut jalan lagi sebenernya kami mau ke tempat aquarium tapi ternyata aquarium hanya buka pas weekend aja. Jadinya belum kesampaian deh. Kalau dilihat dari depan sih untuk masuk ke aquarium kita harus bayar lagi Rp. 10.000,00,- per orang. Tapi karena nggak buka kami jalan lagi dan melihat satwa yang lain.

komodo di kebun binatang surabaya
perahu di kebun binatang surabaya
Karena udah sore kami memutuskan untuk pulang kerumah. KBS ini tutupnya jam 17:00 jadi karena udah mau mendekati tutupnya jam operasional kami sudahi dulu explore singkat di KBS ini. Nah buat kalian yang pengen lihat berbagai macam satwa dengan biaya yang murah, KBS adalah solusinya. Berada di tengah kota Surabaya sangat mudah untuk dijangkau.

berwisata di kebun binatang surabaya

berwisata di kebun binatang surabaya    berwisata di kebun binatang surabaya

berwisata di kebun binatang surabaya    berwisata di kebun binatang surabaya

Tips and Trick

1. Bawa kamera

2. Datang sore hari

3. Bawa bekal

4. Datang saat ada pertunjukan (Sabtu - Minggu)

5. Jaga kebersihan

Where to Stay

07:30 - 17:00

Gallery (25)

Comments (1)