181 views | 0 Likes

River Cruise ala Kalimas: Menikmati Gemerlap Kota Surabaya dari Atas Perahu

0 star (from 0 people)
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
Category: City Trip

Posted on 27 August 2019, 14:02:33
gizeline
Tourist

Sekarang river cruise ngga perlu jauh-jauh ke Hongkong ataupun Malaysia lho guys. Kalimas juga punya wisata perahu yang seru. Yakin nggak mau coba?

How to Get There

Beberapa waktu lalu, aku pernah share soal pengalaman aku sata menyusuri Kota Surabaya dengan perahu di Kalimas. Waktu itu aku kesananya pas siang hari dimana cuaca Surabaya lagi terik-teriknya dan kebetulan kemarin aku main kesana lagi guys. Tapi bedanya, aku kesana pas malam hari dimana cuaca ngga panas tapi pemandangan tetep keren karena ada lampu-lampu cantik yang menghiasi Kalimas. Jadi ini semacam versi update dari reviewku yang dulu karena aku kesini lagi saat malam hari.

tiket masuk kalimas river boat

Untuk naik perahu di Kalimas ini, pengunjung harus pergi ke Taman Prestasi terlebih dahulu. Taman Prestasi ini lokasinya ada di belakang Gedung Grahadi tepatnya di Jalan Ketabang Kali no 6, Surabaya. Lokasinya yang ada di tengah kota ini yang membuat taman ini jadi bisa ditemukan dengan mudah. Ada banyak transportasi umum yang lewat sini, kalian juga bisa naik kendaraan pribadi. Kebetulan kemarin aku lagi jalan-jalan naik Migo, jadinya aku ke Taman Prestasi ini dengan menggunakan Migo E-bike.

migo e-bike

What to Do

Kebetulan kemaren aku datengnya sekitar jam setengah 7 malam dan kondisi tamannya belum terlalu rame. Aku pun langsung menuju loket penjual tiket perahu dan membayar Rp 8.000 untuk 2 tiket, jadi per orangnya Rp 4.000. Harganya masih sama dengan terakhir aku naik kesana.

loket kalimas river boatLoket pembelian tiket perahu

Setelah beli tiket, aku dan temanku langsung mengambil antrian untuk menunggu perahu kami bersandar. Kebetulan antriannya ngga terlalu panjang dan karena ini malem Minggu, jadinya pengunjung yang dateng kebanyakan orang tua dengan anak-anaknya, tapi ada juga anak-anak muda yang pengen hunting foto disini.

tiket masuk kalimas river boatTiket Perahu Kalimas

Ngga berapa lama, akhirnya perahu kami datang juga. Perahu yang aku gunakan kemaren beda sama perahu yang pertama kali aku coba. Pas pertama kali kesana, aku naik perahu yang ukurannya agak besar dimana diatasnya ada penutupnya biar ngga kepanasan. Nah, perahu yang aku tumpangi kemaren ukurannya lebih kecil sehingga jumlah penumpangnya ngga terlalu banyak, mungkin sekitar 10 sampe 15 orang aja.

kalimas river boat
kalimas river boat

Perlahan perahu mulai meninggalkan dermaga kecil di Taman Prestasi menuju ke Taman Expresi. Untuk rute dan durasinya sih kurang lebih sama kayak yang dulu guys, jadi menuju ke Taman Expresi untuk kemudian kembali lagi ke Taman Prestasi. 

view at kalimas river boat

Sepanjang perjalanan, kami disuguhi oleh pemandangan cantik dari lampu-lampu yang menghiasi Kalimas ini. Ngga cuma lampu-lampu dalam berbagai bentuk guys, tapi juga ada lampu-lampu gedung bertingkat yang ada di sekitaran Kalimas ini. Keren banget pemandangannya guys, kalian jadi bisa menikmati keindahan Surabaya dengan cara yang berbeda. Jadi, kalo biasanya kalian keliling kota naik motor ataupun mobil, cobain deh sensasi yang berbeda untuk menikmati Surabaya dengan perahu ini.

view at kalimas river boat
view at kalimas river boat

Meskipun air di Sungai Kalimas ini ngga jernih, tapi sungainya masih cukup bersih kok guys. Kalian ngga perlu khawatir bakal bau sampah yang menyengat atau gimana.

view at kalimas river boat

Sekitar 15 menit berlalu, akhirnya perahu kembali bersandar di Taman Prestasi dan kami pun turun untuk selanjutnya kulineran di Taman Apsari yang lokasinya ngga jauh dari Taman Prestasi ini. 

view at kalimas river boat

So guys, kalo kalian jalan-jalan ke Surabaya jangan lupa buat nyobain naik perahu di Kalimas ini ya.

Video by Gotravelly

Tips and Trick

  • Datang saat sore atau malam hari agar ngga terlalu panas cuacanya.
  • Kalo kalian dateng pas malam hari, jangan lupa pake jaket ataupun baju yang agak tebel soalnya anginnya lumayan kenceng.
  • Bawa kamera yang bagus.
  • Ajak teman-teman dan keluarga kalian.
  • Jangan kotori sungainya dengan sampah.

Gallery (11)

Comments (0)