125 views | 1 Likes

Pasir Putih Karanggongso Dan Mangrove Pancer Cengkrong

4 star (from 1 people)
Trenggalek, Jawa Timur, Indonesia
Category: Beach Exploring

Posted on 27 August 2019, 10:52:10
Zulfa
Tourist

Pantai pasir putih memiliki warna air laut gradasi warna hijau biru nan bening dan tak jauh dari pantai terdapat hutan mangrove yang instagenic

How to Get There

Saya datang kemari bersama teman teman dan juga keluarga termasuk anak anak menggunakan kendaraan pribadi. Perjalanan dari kota Surabaya menuju Trenggalek kami malam hari. Untuk menuju pantai Karanggongso berada di Tasikmadu, Watulimo, Trenggalek. Sesampainya di pusat kota Trenggalek. Roda kendaraan terus berjalan sekitar 38 KM dan membutuh waktu sekitar 1 jam. Untuk menuju kesini ikuti saja jalur menuju pantai Prigi, karena letak kedua pantai tersebut berdekatan.

What to Do

Berenang di laut

Berenang di laut menjadi hal yang menyenangkan disini. Karena lautnya bening dan bersih. Ombaknya lumayan, tidak terlalu tinggi dan ganas. Tapi tetap kita harus berhati hati. Karena merupakan bagian dari pantai Selatan dikenal memiliki gulungan ombak yang tak bersahabat.

pantai karanggongso


Bermain pasir di bibir pantai

Memiliki pasir yang lembut dan bersih, bermain di pantai menjadi pilihan terbaik bersama keluarga. Ada baiknya membawa tikar. Anak anak bermain dengan pasir , sementara orang tua bisa melakukan kegiatan lain seperti membaca, makan sambil mengawasi anak anak bermain pasir.

pasir putih pantai karanggongso


Snorkeling  Dan Banana boat

 Jika anda menyukai tantangan, disini terdapat ajtifas menyenangkan yakni snorkeling dan main banana boat. Tapi sayang saya tidak mencoba snorkeling karena anak saya masih belum berani snorkeling. Permain seru yang menguji andrenalin dan mengocok perut kita bisa bermain banana boat.

pantai karanggongso


 

Keliling pantai dengan perahu

Karena saya datang bersama teman teman dan juga anak anak, kami menyewa perahu untuk berkeliling. Perahu membawa kita berkeliling disekitar pantai pasir putih dan juga pantai disekitarnya. Kita juga diajak melihat bebatuan karang cadas di laut lepas. Di tengah laut ada keramba tempat berternak udang dan lobster.

Keseruan  terjadi ketika ombak tinggi datang tiba tiba, membuat perahu naik turun, sukses membuat kami teriak seru antara takut dan senang. Jangan khawatir, setiap penampung diwajibkan menggunakan life jacket untuk keamanan.

perahu di pantai karanggongso


 

Menikmati aneka ikan bakar

Ini yang bikin saya kalap nggak berhenti ngunyah. Disepanjang pantai berdiri toko dan restauran berderet beraturan. Disini banyak sekali dijual aneka oleh oleh khas Trenggalek. Kepulan asap dari ikan bakar ini beneran bikin lapar. Berbagai jenis ikan hingga cumi cumi berukuran jumbo dibakar langsung diatas tungku. Aromanya menguar sukses bikin perut kelaparan. Ikan bakar kita nikmati ditepian pantai ditemani sambal pedas. Saya juga membawa beberapa ikan bakar sebagai oleh oleh.

 

Jembatan dengan panorama menetramkan mata

Saya lupa entah apa nama jembatan ini. Ketika perjalanan dari pasir putih menuju hutan  mangrove kami melewati jembatan ini dan telihat keren, langsung saja kami berhenti dan berswafoto. Pemandangan dari jembatan memang luar biasa, deretan perahu berlatar belakang perbukitan hijau sementara di sisi lain sejauh mata memandang terlihat laut lepas nan biru.

pantai karanggongso

pantai karanggongso



Memberi makanan kelinci dan Explore Hutan Mangrove

Sampai di tempat parkir kami berjalan menuju hutan mangrove apncer Cengkrong. Berdekatan dengan loket tiket terdapat beberapa kelinci dalam kandang. Kita bisa membeli wortel untuk memberi makan kelinci. Jika kesini bersama anak anak aktifitas ini menjadi hal menyenangkan.

Kami sampai di hutan Mangrove sore hari dengan suasana mendung. membuat kami menikmati menjelajah hutan dengan berjalan jalan santai karena tidak ada terik mentari. Anak anak senang sekali, dengan berjalan kaki kita bisa berbincang dan mengedukasi mereka tentang manfaat hutan Mangrove.

Hutan mangrove ini lumayan luas dan panjang.  Hutan mangrove dilengkapi fasilitas jembatan kayu dan juga gazebo gazebo. Jembatan kayu ini sekaligus menjadi jalur trek untuk menyusuri hutan. Serak perbukitan yang menjadi latar belakang hutan mangrove ini membuat pemandangan menenangkan mata.

 

mangrove pancer di pantai karanggongso

mangrove pancer di pantai karanggongso


Tiket masuk Pantai pasir putih Rp.10.000

Tiket masuk hutan mangrove Rp. 10.000

 

Mangrove buka jam 06.00 – 17.00

 

Tips and Trick

 

  • Gunakan sunblock untuk melindungi kulit dari sengatan matahari
  • Cuasa pans, gunakan pakaian yang nyaman dna menyerap keringat
  • Tidak usah report membawa makanan karena disini banyak sekali penjual makanan, minuman dan buah dengan harga bersahabat.
  • Bawa peralatan bermain pasir jika datang bersama anak anak
  • Membawa baju renang atau pakaian lebih jika anda memutuskan untuk berenang atau bermain babana boat
  • Bawa obat obatan karena tidak ada apotik di sekitar pantai
  • Harga sewa perahu 250.000 untuk berkeliling atau kita bisa bergabung dengan group lain dan dikenakan biaya 35.000/orang

 

Where to Stay

Di sekitar pantai terdapat Vila dan hotel

Gallery (8)

Comments (1)