172 views | 0 Likes

Menengok Museum Teknoform: Wisata Edukasi dalam Bidang Teknologi

5 star (from 1 people)
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
Category: Museum

Posted on 22 August 2019, 14:59:34
gizeline
Tourist

Pengen tahu perkembangan teknologi informasi dari masa ke masa? Kalian wajib banget dateng ke museum keren ini..

How to Get There

Ngomongin soal wisata museum di Surabaya seolah ngga pernah ada habisnya.  Beberapa museum yang pernah aku kunjungi rata-rata menyimpan benda-benda bersejarah, misalnya seperti Museum Tugu Pahlawan dan Museum HOS Tjokroaminoto. Nah, kali ini aku mau mengulas museum yang berbeda dan bisa dibilang baru di Surabaya yaitu Museum Teknoform yang berlokasi di Kampus Stikom Surabaya.

Udah pada tahu kan Kampus Stikom Surabaya? Kampus ini lokasinya ada di Jalan Kedung Baruk no 98, Surabaya. Nah, Museum Teknoform ini lokasinya ada di lantai 1 Kampus Stikom ini guys.  Ngga susah kok buat nemuin kampus ini soalnya lokasi kampusnya deket Jalan Ir. H. Soekarno dimana disana ada banyak sekali transportasi umum. Atau kalian juga bisa kalo naik kendaraan pribadi menuju kampus ini.

pintu masuk museum teknoform

 

What to Do

Stikom memang dikenal sebagai salah satu kampus IT di Surabaya, seolah memberikan wadah bagi generasi muda untuk mengenal lebih dalam tentang perkembangan teknologi dari jaman dulu hingga saat ini. Saat pertama kali masuk kesana, kami langsung disambut ramah oleh staff yang juga membantu menjelaskan soal museum ini, bernama Bapak Galih.

pintu masuk museum teknoform

 Menurut beliau, pencetus Museum Teknoform ini adalah salah satu alumni Stikom Surabaya yang bernama Listya Sidharta dengan tujuan untuk mempermudah orang mengenal, melihat dan mengerti tentang keberadaan benda-benda yang berhubungan tentang informasi dan teknologi dari masa ke masa.

Museum Teknoform ini bisa dibilang baru saja diresmikan yaitu sekitar akhir tahun 2017 oleh Walikota Surabaya, Tri Rismaharini. Sejak saat itu, Museum Teknoform ini diharapkan dapat menjadi objek wisata edukasi baru di Surabaya.

museum teknoform

Museum ini memang ngga terlalu besar guys, tapi isinya cukup bikin takjub. Yaa soalnya emang banyak banget koleksi-koleksi yang bahkan aku ngga pernah denger namanya. Jadi, museum ini dibagi jadi dua bagian, yaitu bagian atas dan bawah. Dari bagian bawah dulu nih guys, disini kami melihat perkembangan teknologi informasi dari masa ke masa. Jadi, mulai dari era dimana informasi masih disampaikan dengan menggunakan tulisan di batu hingga saat ini dimana semua sudah menggunakan handphone.

koleksi museum teknoform
koleksi museum teknoform

koleksi handphone museum teknoform

Ohya, di bagian bawah ini juga kalian bisa melihat dinding-dinding yang dihiasi oleh kutipan-kutipan dari para ahli teknologi. Selain itu, kalian juga bisa melihat mesin ketik dan telpon jadul yang bahkan masih bisa digunakan. Jadi, kalian bisa nyobain guys!

kutipan di museum teknoform

Lanjut ke bagian atas, disini pengunjung akan dimanjakan dengan beragam jenis perangkat komputer dari tahun ke tahun. Mulai dari input, output, media penyimpanan sampe jaringan komputernya pun juga ada guys. Jadi, kalian bisa lihat komputer generasi ketiga milik Apple (ini yang logonya masih lama). Aku pernah sih lihat komputer jenis ini di filmnya Steve Jobs dan ternyata di museum ini pun ada.

komputer apple

Selain itu, di bagian sini juga ada banyak sekali media penyimpanan yang digunakan dari masa ke masa. Paling menarik perhatian sih ada media penyimpanan bernama Disket. Sebagai generasi 90an aku pastinya akrab banget dengan benda yang satu ini, beda dengan beberapa temenku yang generasi milenial, mereka sama sekali ngga tahu ada media penyimpanan bernama disket ini. Ngomongin soal disket, ternyata disini ada disket ukuran gede banget tapi kapasitas penyimpanannya Cuma beberapa kilo byte aja. Unik sih! Setelah Disket, mereka juga menyimpan CD, Flash disk hingga media penyimpanan yang saat ini banyak digunakan adalah cloud. Kalo cloud ini ngga ada bentuknya ya guys, jadi Cuma ada gambar aja. Hehehe..

koleksi museum teknoform
koleksi penyimpanan museum teknoform

Selain komputer dan media penyimpanannya, disini juga ada koleksi kamera dari masa ke masa lho guys. Bahkan mereka juga punya drone lho guys. Drone ini ternyata udah ada sejak tahun 1898 tapi hanya digunakan untuk kebutuhan militer aja, jadi ngga boleh sembarang orang yang pake. Beda dengan drone sekarang yang ukurannya lebih kecil, drone ini ukurannya lumayan gede dan lebih berat.

koleksi drone museum teknoform

Museum Teknoform ini juga punya teknologi yang paling baru lho guys, misalnya seperti kacamata VR dan yang kemaren sempet kami coba adalah Virtual Laser Keyboard. Jadi ada keyboard virtual yang bentuknya dari laser gitu dimana bisa langsung disambungin ke perangkat kalian dengan bluetooth. Keren banget, aku pun baru tahu ada teknologi semacam ini. Pengetahuan teknologi informasiku pun langsung bertambah setelah main ke museum ini. Hahaha..

koleksi vr museum teknoform

koleksi museum teknoform

Fyi nih guys, koleksi-koleksi yang dipajang di museum ini didapatkan dari koleksi pribadi pendirinya, sumbangan dari donatur hingga berburu di pasar loak. Bahkan ngga jarang kalo mereka berburu barang-barang ini hingga ke luar negeri lho guys!

koleksi museum teknoform

Overall, Museum Teknoform ini wajib banget ada di daftar tujuan wisata kalian kalo mau main ke Surabaya. Atau kalo kalian warga Surabaya dan sekitarnya, yuk berkunjung kesini, disini kalian bisa mengupgrade pengetahuan seputar dunia teknologi lho.

Tips and Trick

  • Perlu diperhatikan, Museum Teknoform buka di hari Senin – Jumat mulai jam 9 pagi sampe jam 4 sore. 
  • Pengunjung sama sekali ngga perlu bayar tiket masuk alias GRATIS.
  • Jangan lupa bawa kamera ya.
  • Ajak temen-temen dan keluarga kalian.
  • Jaga kebersihan tempat ini.
  • Jangan merusak koleksi yang ada disini.

Gallery (14)

Comments (1)