110 views | 0 Likes

Pesona Masjid Agung Tuban Seperti di Negeri Dongeng

5 star (from 1 people)
Tuban, Jawa Timur, Indonesia
Category: Religious Place

Posted on 21 August 2019, 11:05:56
Zulfa
Tourist

Masjid Agung Tuban yang memiliki perpaduan arsitektur Timur Tengah, India dan Eropa digadang gadang menjadi salah satu masjid terindah di Jawa Timur

How to Get There

Letak Masjid Agung Tuban Berada di sisi barat alun alun Kota  dan bersebelahan dengan makan Sunan Bonang. Untuk mneuju kesini jika membawa kendaraan pribadi arahkan kendaraan menuju alun laun kota. Disini terdapat tempat parkir yang cukup luas.

What to Do

Setelah berkunjung ke Goa Akbar, saya bersama keluarga melanjutkan perjalanan berziarah ke Sunan Bonang. Dengan berjalan kaki kami kemudian menuju Masjid Agung Tuban. Karena letak Masjid Agung Tuban bersebelahan dengan makan Sunan Bonang.

Masjid Agung Tuban yang dahulunya dikenal sebagai Masjid Jami` Tuban pertama kali dibangun pada abad ke 15 Masehi. Dibangun pada masa pemerintahan Bupati Adipati Raden Ario tedjo, beliau adalah Bupati Tuban pertama yang memeluk Islam. Seiring berjalannya waktu, Masjid yang berada didepan alun alun kota Tuban ini mengalami beberapa perombakan dan renovasi.

masjid agung tuban


Pada tahun 2004, Masjid yang berada di sebelah barat alun alun kota ini direnovasi total. Menelan biaya hingga 17,5 Milyar. Masjid Agung Tuban yang memiliki perpaduan arsitektur Timur Tengah, India dan Eropa digadang gadang menjadi salah satu masjid terindah di Jawa Timur.

Masjid Agung Tuban yang menjadi salah satu destinasi wisata di Tuban ini  berada tepat didepan alun alun kota. Didepan Masjid banyak sekali penjual kuliner khas Tuban, seperti siwalan, es dawet siwalan, legen, intip, aneka ikan bakar dan masih banyak lagi.

Sebelum memasuki masjid saya berwudhu terlebih dahulu. Tempat wudhu wanita berada disamping kiri masjid. Letaknya berada dibawah masjid.

Memasuki pelataran masjid, terdapat payung payung raksasa. Keberadaan payung payung raksasa ini mengingatkan saya akan payung raksasa yang berada di Semarang. Dari pelataran Masjid ini kita bisa melihat warna warni bagian luar Masjid. Kubahnya mirip dengan kubah yang pernah saya lihat di India, bedanya kubah Masjid di India didominasi warna putih tulang dan coklat. Kubah Masjid Agung Tuban ini memiliki kombinasi warna warni cerah yang memanjakan mata.

Masjid Agung Tuban memiliki banyak kubah dan pilar pilar menawan diatasnya, sekilas nampak seperti masjid masjid yang berada di Timur tengah atau di Eropa. Pilar pilar tinggi diatasnya mengingatkan saya akan Blue Mosque di Turky. Bagian kubah dan pilar dibuat dengan warna warni terang sehingga memancarkan aura pesona 1001 malam layaknya negeri dongeng.

masjid agung tuban

masjid agung tuban



Masuk kedalam Masjid, terdapat puluhan pilar pilar penyangga yang saling terhubungan dengan pola melengkung. Membentuk seperti sebuah kolom kolom yang rapi. Dari referensi yang saya baca, gaya pilar dan lengkung ini terinspirasi oleh ruang dalam masjid Cordoba di Spanyol.

inside masjid agung tuban

inside masjid agung tuban



Meski bergaya arsitektur luar negeri, sentuhan gaya Nusantara pun tak luput dari keindahannya, hal ini bisa dilihat dari mimbar dan pintu kayu yang terbuat dari ornamen kayu bergaya klasik. Di sebelah Mighrab juga terdapat tangga yang terbuat dari bahan kuningan, hal ini juga menunjukkan gaya khas ornamen Jawa.

inside masjid agung tuban

inside masjid agung tuban


Di Masjid Agung Tuban terdapat bedug raksasa. Letaknya berada di sayap Utara Masjid. Bedug berwarna hijau dengan lafazd Allah, Nabi Muhammad da kaligrafi. Berbeda dengan bedug lain, bedug di Masjid Agung Tuban ini di selubungi kelambu putih. Keberadaan bedug besar ini menjadi daya tarik tersendiri. Banyak pengunjung berfoto di dekat bedug.

bedug di masjid agung tuban


 

Tips and Trick

  • Masjid tempat ibadah, sebaiknya menggunakan baju tertutup
  • Hormati jamaah yang sedang sholat dengn tidak mengeraskan suara
  • Jika ingin mendengarkan suara bedug raksasa, datanglah pada hari Jumat. Karena bedug digunakan pada hari Jumat saja.

Gallery (8)

Comments (0)