150 views | 0 Likes

Berkunjung ke Kelenteng Kwan Sing Bio, Klenteng terbesar se Asia Tenggara

0 star (from 0 people)
Tuban, Jawa Timur, Indonesia
Category: Historical Places

Posted on 20 August 2019, 11:17:36
Zulfa
Tourist

Kelenteng yang berada di Tuban ini tak hanya menjadi kelenteng terbesar se Asia tenggara juga memiliki patung terbesar se Asia Tenggara

How to Get There

Kelenteng Kwang Sing Bio berada di Jl. Martadinata No. 1 kecamatan Tuban, letaknya berada di pinggir jalan pantai utara yang menghubungkan kota Tuban menuju Jawa tengah. Jika membawa kendaraan pribadi, ikuti saja jalur pantura.

What to Do

Beberapa kali ke Tuban, bisa dibilang saya jarang mengunjungi tempat wisatanya. Paling sering menikmati wisata kulinernya. Iya, kuliner Tuban yang mengkombinasikan seafood dan rasa pedas menampar lidah menjadi salah satu kuliner favourite keluarga.

Nah, weekend kemarin saya bersama keluarga mengisi liburan ke Tuban untuk bersillaturahmi ke salah seorang teman. Momen ini sekaligus saya manfaatkan berkunjung ke beberapa tempat wisata di Tuban. Berdiskusi bersama teman yang asli dari Tuban, ternyata tempat wisata Tuban banyak sekali mulai goa, air terjun, pantai, Masjid bersejarah hingga kelenteng. Akhirnya kami putuskan berkunjung ke beberapa tempat wisata yang tak jauh dari kawasan kota Tuban.

Kami mulai mengunjungi tempat wisata yang paling dekat dengan rumahnya. Melewati alun alun kota Tuban menuju kearah barat, kendaraan berjalan sepanjang pesisir pantai utara sampailah kami di destinasi pertama, Kelenteng Kwan Sing Bio.

 

klenteng kwan sing bio tuban


Patung berbentuk kepiting berukuran jumbo menyambut kedatangan wisatawan di pintu gerbang. Kelenteng yang menghadap langsung ke pantai Jawa ini mulai dibangun pada abad ke-18. Kelenteng Kwang Sing Bio seluas sekitar 4 hektar ini merupakan Kelenteng terbesar di Asia tenggara.

Masuk kedalamnya kami seolah diajak bertualang ke negeri Tiongkok. Sebuah dinding menggambarkan replika peta negara China berukuran jumbo. Peta ini berhadapan dengan lukisan tembok besar China dengan ukuran yang tak kalah besar.

Masuk lebih dalam lagi, mata kami disuguhi dengan sederet bangunan klasik bergaya Tiongkok. Kami seolah berada di negeri Tiongkok. Kelenteng dan sejumlah bangunan disini didominasi warna merah, kuning dan hijau terang. Sementara indra penciuam menghirup bau dupa dan hio yang senantiasa menguar di udara.

Hiasan berbentuk naga menghiasi keseluruhan bangunan dan juga kolam yang berada tepat di bagian depan kelenteng. Lampion dan lilin berbagai ukuran terpajang cantik di dalam bangunan utama. Juga terdapat deretan patung dewa dewi yang tertata rapi.

pemandangan klenteng kwan sing bio tuban


pemandangan klenteng kwan sing bio tuban

klenteng kwan sing bio tuban

klenteng kwan sing bio tuban


Sesuai dengan namanya, Kelenteng Kwan sing Bio menganut ajaran Tridarma yaitu Budha, Tao dan Konghucu dengan pemujaan dewa Kwan Kong. Kami melangkahkan menuju ke belakang, Disini juga dibangun patung dewa Kwan Kong berukuran super besar. Menjadikannya sebagai patung terbesar se Asia Tengara.

Sebelum beranjak pergi, kami bisa berbelanja buah buahan dan beberapa oleh oleh khas Tuban yang dijual di dalam area kelenteng. Dan setelah itu tentu saja menikmati aneka kuliner seafood bisa kita jumpai di sepanajang pantai Utara di depan Kelenteng Kwan Sing Bio.

klenteng kwan sing bio tuban

Untuk memasuki kelenteng wisatawan tidak dipungut biaya alias gratis.

Buka jam 06.00 – 21.00 WIB

 

Tips and Trick

  • Cuaca Tuban sangat panas, gunakan pakaian nyaman yang menyerap keringat
  • Gunakan sunblock untuk melindungi kulit dari sengatan matahari
  • Kelenteng luas sekali disarankan menggunakan sandal atau sepatu yang nyaman untuk berjalan
  • Kelenteng adalah tempat Ibadah, gunakan pakaian yang sopan dan hormati yang sedang beribadah

Gallery (6)

Comments (0)