58 views | 0 Likes

Menikmati Keasrian Boon Pring Andeman, Ekowisata di Tengah Hutan Bambu

0 star (from 0 people)
Malang, Jawa Timur, Indonesia
Category: City Trip

Posted on 15 August 2019, 11:59:09
illaariyanti
Sightseeing

Boon Pring menurut warga sekitar Desa Sanankerto memiliki arti "anugrah yang turun di hutan bambu". Sebelum bernama Boon Pring, wisata ini sebelumnya...

How to Get There

Tak hanya pantainya yang menarik untuk di kunjungi saat ke Malang Selatan, ada banyak objek wisata alam lainnya yang bisa kita jadikan alternatif rekreasi untuk melepas penat. Salah satu objek wisata yang bisa dikunjungi yaitu Boon Pring, tempat wisata dengan konsep ekowisata ini termasuk tempat wisata yang tergolong cukup baru di Malang.

Lokasi Boon Pring ini terletak di Jl. Andeman, Desa Sanankerto, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang. Dari arah Kota Malang, dapat ditempuh sekitar 1 jam berkendara atau sekitar 33-39 Km ke Turen. Setelah itu, perjalanan dilanjutkan ke Boon Pring dengan jarak sekitar 8 Km.

Akses jalan menuju ke Boon Pring sudah bagus dan beraspal mulus, udaranya juga masih sejuk dan alami, sepanjang perjalanan disuguhkan dengan sawah-sawah menghijau yang asri dan memanjakan mata.

What to Do

Boon Pring menurut warga sekitar Desa Sanankerto memiliki arti "anugrah yang turun di hutan bambu". Sebelum bernama Boon Pring, wisata ini sebelumnya bernama Sumber Andeman, karena ada banyak sumber/mata air di sekitar lokasi. Harga tiketnya cukup terjangkau yaitu Rp 10.000 (diatas 12 tahun) dan Rp. 5000 (4-12 tahun). Biaya tersebut hanya untuk biaya masuk saja, bila berminat mencoba wahana lain, maka harus membayar biaya tambahan.

Wiata Boon Pring di Malang ini menawarkan danau sumber air yang dikelilingi hutan bambu. Lokasi ini semula adalah hutan yang tidak terawat dengan baik. Warga setempat kemudian membuka tempat ini sebagai kawasan wisata yang pengelolaannya ada di bawah Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Disini ada bermacam-macam jenis bambu yang konon tumbuh sejak jaman Belanda.

Setelah sampai di tempat wisata, dari lokasi parkir, akan langsung terlihat sebuah kolam renang untuk anak-anak yang dikelilingi pohon-pohon rindang, meskiun banyak pohon, namun tetap tertata rapi dan tidak ada rumput-rumput liar. Disekitar area kolam renang juga disediakan gazebo untuk pengunjung yang ingin duduk-duduk sambil menunggu anak-anak mereka yang berenang.

https://www.gotravelly.com/assets/img/tinymce/

Tidak jauh dari kolam renang anak-anak, terhampar danau berair hijau yang cukup luas yang dikelilingi oleh pohon-pohon, inilah yang dinamakan Danau Andeman. Airnya yang tenang dan sejuk dengan suara gemericik air dan angin yang bertiup sepoi-sepoi membuat penat seketika hilang. Danau ini sebenarnya adalah kolam buatan yang merupakan wadah untuk menampung lima sumber mata air yang berada dikawasan Boon Pring. Di tengah danau ada pulau kecil dengan beberapa pohon besar dan bunga-bunga yang masih belum banyak. Pulau kecil tersebut bernama Pulau Putri Sekarsari. Ada juga rumah-rumah burung merpati yang dipelihara di tengah pulau serta bendopo yang bisa disewa untuk berbagai acara. Di danau ini pengunjung juga bisa menyewa perahu motor, sepeda air atau rakit bambu, dengan harga sekitar Rp 15.000-20.000.

https://www.gotravelly.com/assets/img/tinymce/
Ada banyak wisata air di Boon Pring ini antara lain Sumber Towo, Sumber Krecek, Sumber Awet Muda, Sumber Gatel, Sumber Seger, Sumber Maroon, yang semuaya memiliki keunikan masing-masing. Selain itu ada juga beberapa wahana permainan seperti, flying fox, bola air, atv, panahan, mini trail dan juga sewa kuda.


 https://www.gotravelly.com/assets/img/tinymce/

Flying Fox
https://www.gotravelly.com/assets/img/tinymce/

 

Bola Air

https://www.gotravelly.com/assets/img/tinymce/

Di Wisata Boon Pring ini juga disediakan banyak tempat duduk ditengah-tengah hutan bambu untuk pengunjung yang ingin beristirahat sejenak setelah berjalan-jalan sembari menikmati bekal makanan yang dibawa. Pengunjung juga bisa menggelar tikar dibawah, agar suasana piknik semakin terasa. Menikmati makanan ditengah-tengah hutan bambu yang rindang dan asri, membuat suasana semakin seru dan menjadi menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Bagi pengunjung yang tidak bawa bekal dari rumah, tenang saja, tidak perlu khawatir mencari tempat makan, karena di Wisata Boon Pring ada Kawasan Pasar Rakyat, di Pasar Rakyat ini pengunjung bisa membeli berbagai menu makanan yang enak, lezat dan bersih. Ada banyak stan-stan penjual mulai dari makanan ringan, makanan berat, minuman, ada juga penjual beraneka oleh-oleh dan kerajinan yang bisa dibeli oleh pengunjung untuk kenang-kenangan atau oleh-oleh untuk saudara/teman dirumah. Harganya juga cukup terjangkau, bagi yang ingin rekreasi bersama keluarga tanpa menguras isi kantong, Boon Pring ini sangat direkomendasikan.

https://www.gotravelly.com/assets/img/tinymce/
Fasilitas di Wisata Boon Pring ini juga cukup lengkap, ada stan-stan penjual makanan dan oleh-oleh, tempat parkirnya yang luas, serta mushola dan toiletnya yang bersih.

Jika penasaran dan ingin tahu lebih lengkapnya, kalau ke Malang, jangan lupa mampir ya teman-teman, ajak saudara atau teman juga biar makin seru laughing

Tips and Trick

1. Jagalah kebersihan tempat wisata, buang sampah pada tempat yang disediakan.

2. Datang saat pagi hari, karena udara masih sangat sejuk dan belum terlalu terik.

3. Gunakan alas kaki yang nyaman, karena tempat wisata cukup luas, sehingga kaki tidak sakit/capek saat berjalan-jalan.

4. Disarankan membawa kendaraan sendiri, karena lokasi cukup jauh dari jalan raya besar dan tidak dilalui angkutan umum.

5. Bawa tikar bila diperlukan.

6. Bawa alat dokumentasi, seperti HP, kamera, tongsis dll.

 

 

Where to Stay

Bagi yang ingin menginap, di sekitar wisata Boon Pring ada banyak homestay dengan harga yang cukup terjangkau.

Gallery (13)

Comments (0)