191 views | 0 Likes

Monumen Kapal Selam Surabaya: Satu-satunya di Asia Tenggara

0 star (from 0 people)
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
Category: Museum

Posted on 09 August 2019, 13:06:19
gizeline
Tourist

Pernah masuk ke kapal selam? Di Surabaya ada museum kapal selam bersejarah dan satu-satunya di Asia Tenggara lho!

How to Get There

Menjelajah Kota Surabaya lagi yuk guys! Kalo di Surabaya emang aku lebih suka buat menjelajah bangunan-bangunan tuanya yang ikonik seperti Tugu Pahlawan dan Museum HOS Tjokroaminoto. Kemarin, aku sempet berkunjung ke salah satu museum yang cukup ikonik juga di Surabaya yaitu Monuman Kapal Selam yang sering juga disebut sebagai Monkasel.

Monumen Kapal Selam ini lokasinya ada di pusat Kota Surabaya guys, tepatnya di Jalan Pemuda no 39, Surabaya. Karena lokasinya yang ada di tengah kota, banyak sekali transportasi yang bisa digunakan untuk kesana. Kalian bisa naik kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi.

Kalo kalian bawa motor, kalian bisa parkir di depan Monkasel dengan biaya Rp 3.000 per motor. Tapi kalo kalian bawa mobil, kalian bisa parkir di area parkir Plaza Surabaya yang ada di sebelah Monkasel kemudian kalian tinggal jalan kaki ke Monkaselnya.

pintu masuk monkasel


What to Do

Monumen Kapal Selam ini udah lama banget jadi salah satu wisata Kota Surabaya. Sebenernya aku pun udah beberapa kali kesini, apalagi pas masih kecil aku juga sering diajak jalan-jalan kesini. Menurut aku, dari dulu sampe sekarang ngga banyak yang berubah dari monumen unik ini. Kecuali harga tiket masuknya ya guys. 

pintu masuk monkaselLoket masuk Monkasel

tiket masuk monkasel
Tiket masuk Monkasel + Nonton Videorama

Anyway, kemaren pas aku kesana, Monumen Kapal Selam ini lagi dalam tahap renovasi guys. Jadi ada beberapa bagian yang di cat dan diperbarui jadinya kapalnya keliatan ngga terlalu bagus pas difoto guys.

Sedikit cerita soal sejarahnya guys, kapal selam ini adalah salah satu kapal selam TNI Angkatan tipe kelas Whiskey dan dibuat oleh Uni Soviet tahun 1952. Kapal Selam ini diberi nama KRI Pasopati 401 pertama kali masuk pangkalan TNI AL pada tanggal 29 Januari 1962. Kapal selam ini ternya ikut andil dalam pembebasan Irian Barat dari tangan Belanda saat itu.

monumen kapal selam surabayaKRI Pasopati 410 tampak luar

Monumen Kapal Selam ini berdiri pada tanggal 20 Juni 1998 dan bertujuan untuk memperingat keberanian para pejuang Indonesia yang telah berani mengusir penjajah dari Indonesia. Proses membawa KRI Pasopati 401 ini ternyata ngga mudah guys, ini aku tahu setelah nonton Film Diorama soal kapal selam ini disini. Jadi kapal selam ini harus dipotong dulu jadi 16 bagian kemudian dibawa ke lokasi saat ini dipinggir Sungai Kalimas dan dijadikan monumen. Setelah sampai di lokasi, potongan-potongan tadi dirakit lagi.

monumen kapal selam surabaya

KRI Pasopati 401 ini punya panjang 76,6 meter, lebar 6,30 meter yang dilengkapi dengan gas uap torpedo sejumlah 12. Kapal selam ini mampu menyelam hingga kedalaman 300 meter dengan kecepatan diatas permukaan air 18,3 knot dan dibawah air 13,6 knot. Kapan ini punya berat keseluruhan hingga 1300 ton dan mampu menampung sekitar 63 orang.

monumen kapal selam surabaya

Kapal selam ini punya 7 ruangan yang beda-beda dengan fungsinya masing-masing. Ruang-ruang tersebut antara lain ruang komandan, ruang torpedo, ruang awak kapal, ruang dapur dan penyimpanan baterai, ruang mesin diesel dan terminal mesin, kamar mesin listrik dan ruang torpedo di bagian buritan. Lalu ada juga ruang jembatan utama dan pusat komando.

inside monumen kapal selam surabaya

inside monumen kapal selam surabaya

Sebenernya nih guys, aku juga agak bingung pas pertama kali masuk kesini karena harus lihat bagian-bagian kapal selam ini yang asing banget menurut aku. Disini juga ada guide yang bisa nganterin kalian dan menjelaskan soal seluk beluk kapal ini. Ohya, kalian harus inget ya guys kalo di dalam kapal selam ini sangat sempit, jadi jangan berharap bisa bergerak dengan leluasa disini. Disini banyak banget peralatan yang dipasang di dinding kapal dan lagi setiap pintu yang menghubungkan satu ruang dengan ruang lain cukup dilalui satu orang aja dengan membungkukkan badan.

inside monumen kapal selam surabaya
inside monumen kapal selam surabaya

Tapi kalian ngga usah khawatir bakal kepanasan kalo ada disini soalnya di setiap ruang kapal ini udah ada AC nya. Karena emang kapal selam ini jadi sarana edukasi, jadi ada fasilitas pendingin ruangan agar pengunjung merasa nyaman.

inside monumen kapal selam surabaya

Setelah keluar dari kapal selam, aku duduk-duduk di tepi Sungai Kalimas yang asri sambil menunggu pemutaran film tentang kapal selam ini.

outside monumen kapal selam surabaya

Ohya, fasilitas lain yang ada di Monkasel ini ada kolam renangnya guys. Kolam ini dibuat khusus anak-anak, jadi ngga terlalu besar. Tiket masuknya pun cukup terjangkau, yaitu Rp 8.000 aja per orang. 

outside monumen kapal selam surabaya

So, guys kalo kalian pengen lihat langsung gimana megahnya KRI Pasopati 401 ini, datang langsung ke Surabaya yuk!

Video by Gotravelly

Tips and Trick

  • Tiket masuk yang dikenakan disini Rp 15.000 per orang.
  • Jam buka Monkasel ini mulai jam 08.00 - 21.00 WIB.
  • Jangan lupa bawa kamera.
  • Ajak keluarga dan teman-teman kalian untuk belajar sejarah disini.
  • Jangan buang sampah sembarangan.

Gallery (13)

Comments (0)