137 views | 1 Likes

Rumah Atsiri Karanganyar: Berburu Foto Instragamable Sekaligus Nambah Ilmu!

3 star (from 1 people)
Karanganyar, Jawa Tengah, Indonesia
Category: City Trip

Posted on 07 August 2019, 17:12:37
jimmy
Tourist

Salah satu destinasi yang cocok banget buat kalian yang hobi foto dan nambah ilmu.

How to Get There

Berkesempatan explore Karanganyar lagi. Huft, akhirnya ya setelah sekian lama nggak jalan jalan, wkwk lebay. Mumpung lagi ada waktu dan gabut juga gaada kerjaan. Aku bakal cari wallpaper hp keren alias motret motret nih di daerah Karanganyar. Browsing beberapa menit langsung nemu Rumah Atsiri ini untuk dikunjungi. Bener bener dadakan dan untungnya nggak wacana aja nih liburannya. 

Sebutannya ialah Rumah Atsiri Indonesia. Alamatnya ada di Jalan Watusambang, Plumbon, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Udah cukup mudah buat kalian nemuin tempat yang satu ini. Karena selain tempatnya yang ada di goole maps, kalian juga banyak sekali menemu papan penunjuk jalan untuk menuju ke daerah Plumbon atau Rumah Atsiri Indonesia ini. 

Jalanan yang dilalui juga cukup mulus. Fleksibel untuk menggunakan kendaraan roda 2 atau roda 4. Cocok banget buat kalian yang cari tempat bersantai nih. Yang cari tempat berfoto keren juga bisa langsung kesini. 

What to Do

Btw btw, kalian tau darimana kata Atsiri diambil? Atau cuma aku aja ya yang nggak tahu artinya. Jadi, Atsiri adalah minyak yang dihasilkan oleh banyak tumbuhan yang ada disini. Minyak Atsiri adalah minyak esensial atau essential oil. Waduh, belum apa apa udah dapet ilmu baru nih dateng kesini. Jadi Rumah Atsiri Indonesia ini ingin mengenalkan kepada pengunjung tentang bunga atau tumbuhan yang menghasilkan Minyak Atsiri nih guys. 

Jadi di tempat didirikannya Rumah Atsiri Indonesia ini dulunya adalah sebuah pabrik. Yap, pabrik pengolahan Minayk Atsiri tentunya. Pabrik yang didirikan tahun 1967 kini digunakan sebagai sarana edukasi bagi warga Karanganyar khususnya. Tempat rekreasi bagi kalian yang ingin tahu tentang apa itu Atsiri, ini lokasinya. 

Rumah Atsiri Karanganyar

Rumah Atsiri Karanganyar

Meskipun udah bukan lagi pabrik nih bentuknya, tapi di tempat ini masih ada beberapa peninggalan pabrik lho. Ada batu bata, mesin pencacah, dan juga tabung kimia. Sebagian ada yang hanya sebagai pajangan, dan yang lain ada yang digunakan untuk sarana pembelajaran. Bangunan yang ada di Rumah Atsiri Indonesia juga masih unik, dan mempertahankan desain eropa atau jaman dulu tentunya. Dari desain bangunannyapun sangat instagramable, nggak heran nih kalau banyak yang dateng kesini dengan tujuan hunting foto. 

Rumah Atsiri Karanganyar

Mmm, bagi pengunjung yang masih sangat awam banget nih, kalian bisa memanfaatkan fasilitas tur. Dengan adanya pemandu, tentu pengunjung akan lebih mudah dapet ilmu sekaligus paham tentang adanya Rumah Atsiri Indonesia ini. Mulai dari nama tanaman, manfaat, hingga keunikan tiap tanaman akan dijelasin semua sama pemandunya. Kalau ada pertanyaan seputar Rumah Atsiri Indonesia ini nih, sekalian langsung tanyain ya, dijamin bakal dijawab dengan jelas deh oleh pemandunya. Jangan lupa catet hal hal yang penting dari Rumah Atsiri ini ya, lumayan dapet ilmu baru!

taman di Rumah Atsiri Karanganyar

Bener bener unik banget tamanam disini, dan harum harum. Tiap tamanam keunikannya berbeda. Misalnya saja nih, ada tanaman yang kecuim wanginya hanya dengan kalian pegang daunnya saja. Tapi ada juga yang harus diremas dulu baru tercium wangi. Kalo penasaran, bisa langsung coba kesini ya!

taman di Rumah Atsiri Karanganyar

Rumah Atsiri Indonesia ini buka dari pukul 9 pagi sampe pukul 5 sore, agendakan kesini segera ya! Bunga cantik nan harum bakal memanjakan kalian!

Tips and Trick

Patuhi peraturan yang ada, jangan lupa bawa camera buat foto ala instagramable ya, pake ootd yang keren juga sob! Selamat liburan!

Gallery (5)

Comments (1)