1,385 views | 0 Likes

Kedung Tumpang, Eksotisme Pantai dengan Kolam Renang Alami !

0 star (from 0 people)
Tulungagung, Jawa Timur, Indonesia
Category: Beach Exploring

Posted on 24 May 2017, 14:14:39
rory
Sightseeing

Masih di Tulungagung yang menyimpan banyak keindahan alam, disini saya mengunjungi pantai ajaib dengan kolam renang alaminya, yuk ikutin lihat keseruannya dibawah ini !

How to Get There

Kedung Tumpang ini berada di Pucanglaban, Pucang Laban, Kabupaten Tulungagung, berjarak sekitar 2 jam (60km) dari Pantai Popoh yang barusan saya kunjungi, kalau dari kota tulungagung sendiri hanya berjarak 1 jam (35km) saja, rute yang ditempuh cukup sulit, karena membawa mobil saya harus parkir di desa pucanglabangnya setelah itu naik ojek dengan harga 15rb utk diantarkan ke lokasi pantai, sebelum mencapai pantai kita harus trekking dengan rute yang cukup terjal dimana kita harus menapaki jalan yang curam lalu menuruni bukit dengan kemiringan 45 derajat dengan alat pengaman hanya tali sebagai pegangan, bagi tidak kuat mental jangan kuatir ada jalan alternatifnya kok, yaitu dengan berjalan memutar cukup jauh (sekitar 500m) menurun mengitari bukit tapi tidak terlalu terjal.

 

What to Do

Walaupun agak sedikit ragu akhirnya saya sampai ke bibir pantai juga didorong oleh rasa penasaran akan keindahan, benar saja semua rasa lelah akhirnya terbayar melihat keindahan pantai yang terdiri dari kolam alami yang terbentuk dibebatuan karang besar, keindahan lagoon atau kolam alami di tempat ini hampir sama dengan di angels billabong di nusa penida bali.

 


Jikalau air laut surut kolam-kolam berwarna kehijauan yang indah ini sebenarnya relatif aman untuk diceburi alias berenang-renang, tetapi harus tetap waspada jikalau ada ombak datang kalian bisa saja terhantam. kolam-kolam ini terlihat bersusun tidak sejajar karena memang awalnya adalah bebatuan karang yang tergerus ombak laut yang besar, dari awal mula itulah warga sekitar menamainya kedung tumpang (lubuk bersusun).

 

 


Dengan pantai berbentuk laguna yang unik dilengkapi dengan pemandangan laut yang indah membuat pantai ini hits banget dikalangan anak muda yang suka berfoto-foto untuk diupload ke medsos, seakan mereka tidak peduli dengan rute tempuh yang terjal, sebenarnya sebelum terekpos pantai ini hanya dikunjungi warga setempat untuk mencari udang ataupun hasil laut lainnya, akan tetapi sekarang bahkan pada saat liburan tempat wisata ini dikunjungi hampir ribuan pengunjung.

 

 

Dilihat dari posisinya Pantai Kedung Tumpang ini berada diantara pantai seperti Pantai Molang, Pantai Glogok dan Pantai Lumbung yang landai tapi memiliki ombak yang cukup tinggi yang disukai oleh para pecinta olahraga selancar / surfing.

 

Setelah puas menikmati alam kedung tumpang saya balik ke kota tulungagung buat nyari kuliner enak, mau tau dimana lokasinya ? klik aja linknya >> Ayam Lodho Pak Yusuf

Tips and Trick

1. Berhati-hatilah saat berkendaran karena medan tebing yang berkelok.
2. Periksa kendaraan pastikan untuk bisa digunakan untuk perjalanan yang cukup sulit.
3. Siapkan fisik dan mental karena rute trekking yang cukup terjal.
4. Berhati-hatilah saat berada dipantai karena cukup curam dan ombak yang cukup besar.
5. Selalu bawa P3K untuk berjaga-jaga.

Gallery (8)

Comments (0)