83 views | 0 Likes

Mengintip Koleksi Museum Zoologi: Sarana Wisata Edukasi Menarik di Bogor

0 star (from 0 people)
Bogor, Jawa Barat, Indonesia
Category: Museum

Posted on 02 August 2019, 11:35:15
kenzie
Sightseeing

Main ke Kebun Raya Bogor? Jangan lupa buat mampir ke Museum Zoologi ini ya, banyak hal menarik di dalamnya!

How to Get There

Pergi ke museum saat akhir pekan emang selalu jadi kegiatan yang seru guys. Minggu lalu kebetulan ada sepupuku dateng dari Surabaya dan ngajakin jalan-jalan di sekitaran Bogor. Karena anaknya suka banget pergi ke museum, aku pun ngajakin dia jalan-jalan ke Museum Zoologi.

Museum Zoologi ini lokasinya ada di Jalan Ir. H. Djuanda no 9, Bogor, Jawa Barat. Masih sekomplek lah ya sama Kebun Raya Bogor. Untuk masuk kesini, pengunjung dikenakan tiket masuk sebesar Rp 14.000 per orangnya. Harga yang terjangkau banget buat semua kalangan.

Tentang Museum Zoologi ini, kalo kalian mungkin masih belum familiar, museum ini bisa memberikan informasi juga edukasi kepada wisatawan yang datang, baik itu wisatawan lokal ataupun wisatawan asing. Pastinya museum ini juga bisa jadi tempat belajar yang seru buat anak-anak sekolah.

What to Do

Bangunan Museum Zoologi ini klasik banget guys karena memang dibangun pada pemerintahan Hindia Belanda sekitar tahun 1894. dulunya, museum ini bernama Landbouw Zoologisch Laboratorium. Karena bangunannya yang klasik dan kuno inilah yang membuat museum ini terlihat agak seram.

Museum Zoologi ini adalah tempat untuk melakukan observasi kepada fauna yang ada di Indonesia. Dulunya, museum ini difungsikan sebagai laboratorium, jadi ngga heran kalo sekarang banyak ditemukan hewan-hewan yang diawetkan dan dipamerkan disini. Hal ini juga berfungsi sebagai informasi kepada pengunjung mengenai kehidupan hewan-hewan tersebut di masa lalu.

Museum ini udah berdiri lebih dari 100 tahun dan sekarang udah punya jutaan spesimen yang terdiri dari 20 ribu jenis fauna yang dipamerkan disini. Pengunjung yang datang juga bisa melihat moluska, krustasea, serangga dan hewan artopoda lainnya yang disajikan secara lengkap. Museum ini masih menyajikan kesan yang klasik sehingga display yang retro bisa kalian temui di ruang pameran.

Museum Zoologi ini punya luas bangunan sekitar 1000 meter persegi dimana didalamnya terdapat 7 ruang pameran atau galeri diorama yang memperkenalkan fauna-faunanya. Secara umum sih, kondisi gedung ini layak untuk memamerkan koleksi-koleksinya, sayangnya warna-warnanya cenderung agak suram dan penerangannya redup jadi kesannya serem. Hal ini dikarenakan untuk menjaga warna dari koleksi museum agar tidak pudar.

Salah satu koleksi yang paling menarik perhatian dan juga jadi ikon utama adalah koleksi paus biru atau biasa disebut Balaenoptera Musculus. Paus biru ini merupakan mamalia terbesar di dunia dan pastinya jadi rebutan pengunjung untuk dinikmati saat datang ke museum ini. 

Kalian bisa melihat bentuk tulang dan juga kerangka dari paus biru yang dipamerkan disini. Tulang-tulang dan kerangka paus biru ini ada di ruangan tersendiri agar bisa menampung semua tulang dan kerangka yang membentuk tubuh paus biru ini.

Konon, paus biru ini dulunya ditemukan di daerah Pameungpeuk, Garut sekitar tahun 1916 dan kabarnya butuh waktu hampir 2 bulan untuk membawa tubuhnya dari Garut menuju Bogor. Paus ini punya panjang sekitar 27 meter dan beratnya hingga 116 ton. Bayangin aja guys gimana beratnya paus biru ini. Tulangnya aja udah berat banget, kerangka dan tulangnya aja udah sekitar 64 ton dan panjangnya yang mencapai 27 meter ini membuatnya membutuhkan ruangan tersendiri.

Selain paus biru, disini pengunjung juga bisa melihat beragam jenis spesies ikan lainnya dan juga ada badak Rhinoceros Sondaicus. Semuanya menarik untuk dilihat sih guys karena memang bisa menambah pengetahuan kita tentang hewan-hewan.

So guys, kalo kalian main ke Bogor, pastikan untuk berkunjung ke Museum Zoologi ini ya!

Video by mlaku mlaku jajan

Tips and Trick

  • Museum Zoologi ini bisa kalian kunjungi setiap hari mulai jam 08.00 - 17.000 WIB.
  • Jangan lupa bawa kamera.
  • Ajak teman-teman dan keluarga kalian yang suka hewan-hewan.
  • Jangan rusak koleksi-koleksi disini.
  • Jangan buang sampah sembarangan.

Gallery (6)

Comments (0)