127 views | 0 Likes

Megahnya Pagoda Tian Ti: Spot Foto Instagenic Ala Tiongkok di Surabaya

5 star (from 1 people)
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
Category: Photography

Posted on 01 August 2019, 13:18:59
fauzi
Tourist

Cari spot foto instagramable di Surabaya? Mampir ke Pagoda ala Tiongkok ini yuk!

How to Get There

Menjelajah Kota Surabaya ternyata ngga melulu soal bangunan tua atau gedung tua seperti Museum WR Soepratman. Sekitar Minggu lalu, aku sempet jalan-jalan di kawasan Kenpark Surabaya. Kalo kalian tahu, Kenpark ngga melulu soal pantai lho guys. Disini juga ada salah satu pagoda cantik yang mirip bangunan khas di Tiongkok yaitu Pagoda Tian Ti.

Pagoda Tian Ti ini lokasinya ada di Kenjeran Park, Surabaya tepatnya ada di Jalan Sukolilo no 100, Surabaya. Kalo kalian dari pusat kota Surabaya, JMP ataupun Pasar Kapasan, lurus terus ke arah timur hingga mentok. Sampe ketemu lampu merah, belok ke kiri. Nah disitu kalian akan nemuin tulisan besar Ken Park.

What to Do

Kalo kalian tahu Temple of Heaven di Tiongkok, nag Pagoda Tian Ti ini bentuknya menyerupai bangunan tersebut. Pagoda Tian Ti ini dibangun sejak tahun 2010 dan menjadi daya tarik bagi wisatawan. Pagoda ini sejak lama bukan sebagai tempat ibadah atau acara keagamaan etnis Tionghoa, soalnya emang di dalamnya kosong tanpa ada fasilitas dan peralatan apapun. Cuma, bangunan ini dari luar terlihat bagus dan unik. Ada ornamen-ornamen atau lukisan khas Tiongkok di dinding bangunannya.

Pagoda Tian Ti Kenpark Surabaya

Dalam Bahasa Indonesia, Tian Ti berarti Langit Bumi. Kalo dalam Bahasa Inggris sebutannya adalah Sky World. Pantesan aja ya yang di Tiongkok sana sebutannya adalah Temple of Heaven. Bangunan ini dibangun berawal dari pihak pengelola yang ingin menciptakan ikon wisata kota Surabaya. Bangunan ini punya tiga lantai dan berbentuk bundar dengan diameter 60 meter dan tinggi 58 meter.

Meskipun bentuknya sama dengan Temple of Heaven, tapi meterial yang digunakan berbeda. Pagoda Tian Ti menggunakan baja sebagai konstruksi utamanya. Tapi sebagian besar, seperti ukiran, aksesoris, ornamen, warna dan keseluruhan bangunan mirip banget dengan Temple of Heaven. Jadi lumayan lah, ngga usah jauh-jauh ke Beijing kalo pengen foto-foto di depan pagoda, tinggal dateng ke Kenjeran Surabaya aja.

Pagoda Tian Ti Kenpark Surabaya

Karena bangunan ini dalamnya kosong, jadi pengunjung yang datang cuma bisa foto-foto aja diluarnya. Jangan salah guys, kalo kalian bisa cari angle yang pas, hasil foto kalian bisa keren banget. Ngga heran kalo Pagoda Tian Ti ini sering dijadikan spot fotografi ataupun prewed. Bahkan wisatawan mancanegara juga sering datang kesini untuk berfoto. 

Disekitaran Pagoda Tian Ti ini juga ada halaman yang luas dengan pepohonan rindang. Di halaman yang luas ini terdapat kuda-kuda yang berkeliaran bebas dan halaman yang banyak pepohonan ini juga bisa jadi spot foto yang unik juga instagenic lho guys.

Pagoda Tian Ti Kenpark Surabaya

Setelah kalian puas berfoto dan berkeliling di sekitaran Pagoda Tian Ti ini, kalian bisa melanjutkan dengan berwisata kuliner di kawasan Kenpark ini. Kuliner khas kawasan Kenjeran ini adalah Lontong Kupang yang rasanya juara. Kalian bisa temukan penjualnya di pinggiran jalan ini.

So, segera agendakan perjalanan kamu di Surabaya ya guys!

Tips and Trick

  • Tiket masuk yang dikenakan untuk Kenpark ini Rp 15.000 per motor. Kalo kalian bawa mobil sekitar Rp 20.000 per mobil.
  • Masuk ke Pagoda Tian Ti ngga dikenakan tiket masuk, cukup bayar parkir kendaraan sekitar Rp 2.000 sampai Rp 5.000.
  • Siapkan kamera yang bagus buat foto-foto.
  • Waktu yang tepat untuk berkunjung adalah saat pagi atau sore hari karena mataharinya ngga terlalu terik.
  • Jaga kebersihan tempat ini, jangan buang sampah sembarangan.

Gallery (3)

Comments (2)