171 views | 0 Likes

Pura Agung Jagat Karana, Bali-nya Surabaya

5 star (from 1 people)
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
Category: Religious Place

Posted on 31 July 2019, 11:26:07
gizeline
Tourist

Ingin menikmati sisi lain dari Surabaya? Cobain dateng ke Pura Agung Jagat Karana ini guys! Berasa ada di Bali..

How to Get There

Meskipun dikenal dengan kota Metropolis, Surabaya ternyata juga punya beberapa tempat ibadah yang juga bisa dikunjungi sebagai tempat wisata. Beberapa waktu yang lalu, aku sempet share cerita jalan-jalan di tempat ibadah yang juga bisa dikunjungi sebagai tempat wisata di Surabaya, yaitu Klenteng Sanggar Agung dan Patung Brahma 4 Wajah yang merupakan tempat ibadah umat Buddha. Nah, kali ini aku mau share soal salah satu tempat wisata umat Hindu di Surabaya yang kalo kalian kesana berasa ada di Bali, yaitu Pura Agung Jagat Karana.

Pura Agung Jagat Karana ini lokasinya ada di Jalan Ikan Lumba-Lumba no 1, Perak, Surabaya. Lokasinya deket banget sama SMA Hang Tuah 1. kalian tinggal ikuti Jalan Tanjung Sari dan sekitar 20 menitan akan sampe di Pura Agung Jagat Karana. Lokasi pura ini memang agak tersembunyi dan agak susah dijangkau dengan kendaraan roda empat. 

What to Do

Pura Agung Jagat Karana ini sering digunakan menjadi pusat kegiatan umat Hindu. Misalnya aja saat Hari Raya Nyepi, disini diselenggarakan berbagai perayaan seperti nancep karya, upacara melasti, tawur panca sata dan ngembak geni. Kemarin pun saat Hari Raya Galungan dan Kuningan, di pura ini diselenggaran berbagai acara.

Pintu masuk pura agung jagat karana

Selain digunakan sebagai tempat ibadah umat Hindu, pura ini juga bisa dikunjungi oleh masyarakat umum secara gratis lho. Lumayan kan, kalian jadinya ngga usah jauh-jauh ke Bali buat foto-foto di pura, tapi cuma sampe di area luarnya aja ya guys. Karena lokasinya yang agak tersembunyi inilah yang membuat suasana di pura ini sangat tenang dan sunyi.

Pintu masuk pura agung jagat karana

Sedikit cerita nih guys, Pura Agung Jagat Karana ini ternyata udah ada sejak tahun 1968 dan termasuk pura yang cukup legendaris di Jawa Timur. Pura ini punya luas sekitar 7.703 meter persegi yang terdiri dari beberapa bagian, yaitu Mandala Utama, Mandala Madya dan Mandala Nista dengan sarana tempat sembahyang berupa tempat pemujaan dan sarana pendukung lainnya.

pura agung jagat karana

pura agung jagat karana

Saat pertama kali memasuki kawasan pura ini, kalian akan disambut dengan ornamen patung artistik yang menggambarkan sosok perempuan yang cantik, yaitu Dewi Saraswati. Patung Dewi Saraswati ini berdiri diatas kelopak bunga teratai dengan sepasang angsa. Patung ini juga mengenakan mahkota berwarna emas dengan empat tangan yang memegang tasbih, peralatan musik dan gulungan kertas. 

patung Dewi Saraswati di pura agung jagat karana

Meskipun ngga semua orang diperbolehkan masuk ke dalam pura, tapi wisatawan yang datang diperbolehkan untuk menikmati pemandangan di sekitar. Suasananya yang ngga berisik bener-bener bikin tenang guys. Rasanya seperti ngga lagi ada di Surabaya, tapi ada di Bali. Hahaha..

pura agung jagat karana

pura agung jagat karana

Ohya, saat aku berkunjung kemarin, di pura ini habis ada sebuah acara penyambutan wisatawan asing yang sedang tour dengan kapal pesiar. Menurut penjaga pura yang aku temui, setiap ada wisatawan asing yang datang dengan kapal pesiar atau cruise, akan disambut dengan tari-tarian khas Bali dan aneka pertunjukan lainnya. Selain itu mereka juga bisa menikmati hidangan khas Bali yang sudah disediakan disana. Acara penyambutan ini juga terbuka untuk masyarakat umum lainnya lho guys.

pura agung jagat karana
pura agung jagat karana

Puas berkeliling dan berfoto di sekitaran area Pura Agung Jagat Karana, aku pun segera kembali pulang. So, kalian kalo lagi jalan-jalan ke Surabaya jangan lupa mampir kesini ya.

Tips and Trick

  • Pura Agung Jagat Karana ini bisa kalian kunjungi setiap hari mulai pagi hingga malam secara GRATIS.
  • Saat Hari Raya Nyepi, pura ini tidak dibuka untuk umum.
  • Waktu yang tepat untuk berkunjung adalah saat sore hari.
  • Pake pakaian yang sopan.
  • Dilarang berisik atau mengganggu ketenangan orang yang sedang beribadah.
  • Bawa kamera.
  • Jangan buang sampah sembarangan.

Gallery (9)

Comments (2)