131 views | 0 Likes

Santai Sore di Alun-Alun Kota Sidoarjo: Tempat Nongkrong Asyik Sambil Menikmati Semilir Angin

0 star (from 0 people)
Sidoarjo, Jawa Timur, Indonesia
Category: City Trip

Posted on 29 July 2019, 16:49:48

Bersantai sore di Sidoarjo? Dateng aja ke alun-alun kotanya, banyak spot instagramable dan jajanan lezat lho.

How to Get There

Kalo traveling ke sebuah kota, pastinya kalian wajib banget untuk mengunjungi alun-alunnya guys. Misalnya seperti di Kota Sidoarjo ini guys. Sebagai penduduk Sidoarjo, bisa dibilang aku ngga sering-sering banget mengunjungi alun-alun kotanya, tapi karena kemaren ada kerjaan di sekitaran sana, akhirnya aku putusin buat mampir sebentar di Alun-Alun Kota Sidoarjo.

Alun-alun ini lokasinya ada di Jalan Ahmad Yani, tepat di sisi barat jalan utama. Lokasinya sangat mudah ditemukan, karena lokasinya ada di tengah kota dan muda ditemukan, maka banyak pula kendaraan yang bisa lewat kesana. Kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi.

What to Do

Sama halnya dengan alun-alun kota lainnya, masuk ke Alun-alun Sidoarjo ini sama sekali ngga dikenakan biaya tiket masuk. Kalian cukup bayar parkir aja sebesar Rp 3.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Area parkirnya yang disediakan pun cukup luas dan bersih. Sebenernya di alun-alun ini ada area parkir lain di sisi selatannya, tapi kawasan ini sifatnya tidak resmi dan tidak ada petugas yang menjaga.

Alun-alun Sidoarjo ini punya banyak sekali pohon rindang sehingga terkesan tidak panas, meskipun cuaca kota Sidoarjo sangat terik. Selain itu, alun-alun ini juga bersih dari sampah sehingga kesannya nyaman untuk bersantai atau sekedar jalan-jalan.

Salah satu ikon Alun-alun Sidoarjo yang wajib kalian sambangi adalah Monumen Kabupaten Sidoarjo. Lokasi monumen ini ada di tengah area alun-alun yang menghadap ke sebelah utara. Monumen ini punya struktur yang sangat megah dan berlapis marmer yang dikelilingi taman yang rindang. 

Alun-alun Sidoarjo juga memiliki sebuah pendopo besar yang biasa digunakan untuk menggelar upacara memperingati hari besar. Bangunan pendopo ini menghadap ke arah lapangan dan kalo hari biasa, pendopo ini biasa digunakan anak muda untuk berlatih kesenian tari dan pencak silat.

Selain monumen dan pendopo, di Alun-alun Sidoarjo ini juga ada playground untuk anak-anak. Kalian yang jalan-jalan kesini bawa anak kecil pas banget guys. Disini ada banyak wahana permainan yang sangat aman digunakan untuk anak-anak kecil, seperti ayunan dan perosotan.

Alun-alun Sidoarjo juga punya sebuah lapangan sepak bola yang luas dan bebas digunakan oleh pengunjung. Lapangan sepak bola ini udah dilengkapi dengan gawang yang ukurannya lumayan besar. Selain lapangan sepak bola, disini juga disediakan jogging track yang bisa dimanfaatkan pengunjung untuk berjalan kaki ataupun joging di pagi dan sore hari.


Sama halnya dengan alun-alun kota lainnya, disini kalian juga bisa menemukan taman bunga yang indah dimana ditengahnya terdapat tempat duduk dan meja yang bisa kalian gunakan untuk bersantai, ngumpul ataupun belajar bareng. Duduk di sekitaran taman ini bisa sambil manikmati suasana dan semilir angin.

Ohya, selain ada Monumen Kabupaten Sidoarjo, alun-alun ini juga punya monumen keren lainnya yaitu Monumen Jayandaru. Monumen ini berlokasi di sisi timur alun-alun dan menghadap langsung ke jalan raya. Monumen Jayandaru memiliki makna Wahyu Kejayaan yang secara ngga langsung melambangkan harapan agar Kabupaten Sidarjo tetap jaya di masa yang akan datang.

Monumen ini punya tinggi sekitar 25 meter dan dikelilingi oleh kolam ikan. Di pinggiran kolam ikan ini terdapat sembilan patung ikan yang merupakan simbol bahwa Sidoarjo merupakan daerah penghasil ikan. Begitu juga dengan patung udang yang ada diatas monumen. 

Untuk jalan-jalan mengelilingi alun-alun yang luas ini, kalian ngga perlu khawatir bakal nyasar karena udah ada papan petunjuk yang bisa diperhatikan.

So guys, kalo kalian jalan-jalan ke Sidoarjo jangan lupa buat mampir ke Alun-alunnya ya..

Tips and Trick

  • Alun-alun ini bisa kalian kunjungi setiap hari selama 24 jam.
  • Bawa kamera buat foto-foto.
  • Waktu yang tepat untuk berkunjung adalah pagi dan sore hari.
  • Jangan buang sampah sembarangan.

 

Gallery (11)

Comments (0)