120 views | 1 Likes

Klenteng Sanggar Agung, Klenteng Cantik di Tepi Pantai

4 star (from 1 people)
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
Category: Religious Place

Posted on 25 July 2019, 12:41:32
gizeline
Tourist

Klenteng Sanggar Agung Surabaya dikenal punya pemandangan cantik dan menjadi salah satu wisata unggulan di Surabaya

How to Get There

Masih seputaran tempat wisata di Surabaya nih guys. Beberapa waktu yang lalu aku pernah share beberapa wisata Kota Surabaya yang wajib kalian kunjungi, misalnya seperti Museum HOS Tjokroaminoto, Museum Tugu Pahlawan hingga menyusuri Kota Surabaya dengan menggunakan perahu di Kalimas. Semua wisata tersebut bisa kalian kunjungi dengan biaya yang sangat terjangkau lho guys, bahkan ada yang gratis. Nah, kali ini aku share wisata di Surabaya lagi tapi bukan soal wisata sejarah atau bangunan tuanya guys. Melainkan sebuah tempat ibadah yang juga punya pemandangan cantik sehingga juga dipergunakan sebagai tempat wisata yaitu Klenteng Sanggar Agung.

Klenteng Sanggar Agung ini lokasinya ada di Jalan Sukolilo no 100, Pantai Ria Kenjeran, Surabaya. Kalian ngga usah bingung sih cari wisata ini karena lokasinya ada di dalam kawasan wisata Pantai Ria Kenjeran. Untuk menuju kesini, kalian ngga usah bingung karena banyak sekali transportasi yang bisa digunakan, entah kendaraan umum ataupun pribadi. 

What to Do

Klenteng Sanggar Agung atau juga dikenal sebagai Klenteng Hong San Tan merupakan rumah ibadah jemaat Tri Darma, yaitu Buddha, Tao dan Kong Hu Cu. Untuk masuk kesini, aku kemarin cukup bayar Rp 15.000 untuk 2 orang di depan pintu masuk kenpark dan Rp 3.000 untuk parkir kendaraan. Harga yang sangat terjangkau untuk semua kalangan.

Klenteng ini pertama kali dibuka sekitar tahun 1999 dan punya ciri khas adanya sebuah patung setinggi 20 meter yang ada di tepi laut, patung itu adalah patung Dewi Kwan Im. Konon, asal mula adanya patung ini karena seorang karyawan klenteng melihat seorang wanita berjubah putih berjalan diatas air saat ia tengah menutup tempat ibadah ini di malam hari. Ia pun percaya bahwa itu adalah penampakan Dewi Kwan Im.

Karena aku tidak bermaksud untuk bersembahyang disini, jadinya aku harus lewat jalur lain tanpa harus memasuki klenteng. Jadi disamping klenteng ada sebuah jalan kecil yang bisa dilewati dan langsung menuju ke belakang klenteng. Disinilah kalian bisa melihat megahnya Patung Dewi Kwan Im.

Patung yang berada di sisi timur bangunan klenteng ini ngga berdiri sendirian lho guys, tapi juga ditemani dengan patung yang katanya penjaga yaitu Shan Nan dan Tong Nu. Selain itu juga terdapat empat Maharaja langit elindung empat penjuru dunia. Kebetulan, waktu kemaren aku kesini beberapa dari patungnya sedang dalam tahap renovasi.

Rangkaian Patung Dewi Kwan Im ini terdiri dari satu paket yang dibawahnya terdapat gerbang langit yang dijaga oleh naga Surgawi. Kalo kalian berdiri dibawah gerbang ini, kalian bisa melihat jembatan Suramadu dari kejauhan.

Seperti yang aku bilang tadi, lokasi Klenteng Sanggar Agung ini ada di pinggir laut, dengan begitu membentuk seperti teluk kecil yang menjorok ke laut yang dikelilingi oleh pohon bakau. Keunikan lainnya adalah bangunan ini memadukan arsitektur Bali dan Jawa yang sangat kental terasa disini. Jadi terasa beda dengan Klenteng Sam Poo Kong di Semarang yang arsitekturnya didominasi bangunan khas Tiongkok.

Kalian tinggal siapkan aja kamera yang bagus buat foto-foto karena disini banyak banget spot keren yang cukup instagramable. So, kalo main ke Surabaya jangan lupa mampir ke Klenteng Sanggar Agung ya.

Video by Gotravelly

Tips and Trick

  • Bawa kamera yang bagus buat mengabadikan moment.
  • Harap untuk tetap tertib agar tidak menggangu jemaat yang sedang beribadah.
  • Jaga kebersihan tempat ini dengan tidak membuang sampah sembarangan.
  • Ajak teman-teman, keluarga ataupun pasangan kalian kesini ya.

Gallery (5)

Comments (2)