76 views | 0 Likes

Explore Tasikmalaya: Terpesona Oleh Cantiknya Pantai Karang Tawulan

0 star (from 0 people)
Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia
Category: Beach Exploring

Posted on 24 July 2019, 12:36:24
bozerwin
Sightseeing

Siapa sangka ternyata Tasikmalaya juga punya pantai cantik seperti ini..

How to Get There

Masih seputaran wisata Tasikmalaya nih guys. Beberapa waktu lalu, gue emang sempet buat ulasan salah satu wisata yang gue datengi, yaitu Curug Ciparay. Nah, kali ini gue mau share soal wisata lainnya dan menurut gue wisata ini keren banget, yaitu Pantai Karang Tawulan. 

Lagi-Lagi gue kesini karena diajakin sama anak-anak kantor gue, ngga ngerti lagi deh gue kayaknya mereka seneng banget traveling dan gue pun excited karena udah lama juga ngga main ke pantai. 

Anyway, Pantai Karang Tawulan ini lokasinya ada di Cimanuk, Kalapagenep, Cikalong, Tasikmalaya. Kalo kesini, mending kalian bawa kendaraan pribadi aja soalnya gue jarang banget lihat ada kendaraan umum sepanjang perjalanan menuju kesini. Rute yang bisa kalian tempuh dari Tasikmalaya, menuju Singaparna, Cipatujuh dan Karang Tawulan. 

What to Do

Kalo kalian pernah main ke Tanah Lot di Bali, nah kurang lebih gambaran pantai ini seperti Tanah Lot. Pantai Karang Tawulan ini punya ciri khas pantai dengan tebing-tebing yang menjorok ke laut dan pasirnya yang berwarna hitam semakin menambah kesan eksotis pantai ini. Hal unik dari pantai ini adalah adanya sebuah pulau kecil yang bernama Nusa Manuk. Sesuai namanya guys, Manuk dalam bahasa Jawa berarti burung, karena memang pulau ini adalah tempat burung camar berkumpul di sore hari.

Selain itu, disini juga ada taman rumput dan pondok yang menghadap ke laut. Dari sini, kalian bisa menikmati keindahan pantai dari atas plus suasana asri hamparan rumput dan pepohonan. Aktivitas yang bisa dilakukan di pantai ini adalah memancing, jalan-jalan atau sekedar duduk bersantai sambil menikmati angin laut. Karena di pantai ini sangat ngga disarankan berenang soalnya ombaknya gede banget guys. Maklum pantai ini emang ada di laut selatan, jadi wajar banget kalo ombaknya gede.

Menurut gue, pantai ini cocok banget buat santai atau sekedar melepas penat dari kerjaan yang menumpuk, soalnya tempatnya sepi dan asri banget. Ngga terlalu banyak pengunjung dan penjual makanan yang berlalu lalang. 

Meskipun tempat ini masih sepi pengunjung, tapi fasilitasnya cukup memadai kok guys. Disini udah ada toilet di area utama dan area parkir yang luas. Meskipun yang jual makanan masih dikit, bukan berarti ngga ada ya guys. Kalian yang ngga bawa bekal, bisa beli makanan di warung terdekat. Tapi kalo untuk penginapan, di pantai ini masih belum ada guys. Jadi kalian kalo pengen bermalam di pantai ini, kalian harus bawa tenda dan camping disini. Pasti makin seru! Tapi sebelum camping, kalian harus ijin dulu ya sama pihak pengelola.

Ohya, sama halnya dengan pantai-pantai lainnya yang ada di kawasan Pantai Selatan, di Pantai Karang Tawulan ini juga punya mitos yang berkembang di masyarakat seputar Ratu Pantai Selatan. Untuk itu, masyarakat setempat mengadakan acara khusus berupa larung saji atau hajat laut untuk menangkal hal-hal buruk yang kemungkinan bisa terjadi. Tapi so far sih, belum pernah ada kecelakaan laut yang terjadi di pantai ini.

Nah, gimana guys? Keren banget kan pantai yang satu ini. Makanya, kalo kalian lagi main ke Tasikmalaya, jangan lupa untuk berkunjung ke Pantai Karang Tawulan ya.

Video by Ries Mania

Tips and Trick

  • Harga tiket masuk yang dipatok untuk masuk kesini cukup terjangkau, yaitu Rp 3.500 per orang.
  • Pake alas kaki dan baju yang nyaman.
  • Pake sunblock dan topi soalnya panas banget mataharinya.
  • Jangan buang sampah sembarangan karena disini masih jarang ditemukan tempat sampah.

Gallery (4)

Comments (0)