76 views | 1 Likes

Blusukan di Curug Cipendok yang Eksotis: Kalo ke Purwokerto Wajib Kesini!

4 star (from 1 people)
Banyumas, Jawa Tengah, Indonesia
Category: Waterfall

Posted on 23 July 2019, 10:49:55
lalacempala
Sightseeing

Purwokerto emang punya banyak sekali curug alias air terjun yang keren, beberapa diantaranya masih asri. Seperti curug yang ini misalnya..

How to Get There

Akhirnya libur kuliah juga nih guys. Kalian tahu dong ya kalo anak kuliahan gitu liburnya suka lamaa banget. Daripada gabut di Surabaya, akhirnya aku pun mutusin buat pergi ke Purwokerto ngunjungi nenek. Kebetulan juga cowokku yang kuliah disana lagi libur, jadinya kita bisa jalan-jalan deh. Beberapa destinasi wisata yang pernah kami kunjungi disini seperti Pasar Lodra Jaya di Banjarnegara, Small World dan Curug Telu. Kali ini, kita mau main ke curug lagi nih guys, yaitu Curug Cipendok.

Curug Cipendok ini ada di Kabupaten Banyumas, tepatnya ada di Desa Karangtengah, Kecamatan Cilongok. Kalo dari Purwokerto jaraknya sekitar 22 km dan butuh waktu perjalanan sekitar 30 sampe 45 menit.

Untuk sampai ke Curug Cipendok ini, akses jalannya cukup mudah guys. Kalian tinggal lewat jalur utama Purwokerto-Ajibarang, jalur ini juga merupakan jalur Purwokerto-Jakarta. Tepatnya dari Jendral Sudirman ke arah alun-alun kemudian menuju Jalan Raya Losari. Selanjutnya, kalian akan ketemu pertigaan Jalan Raya Cilongok dan sebelah kirinya ada plang untuk masuk ke Curug Cipendok. Dari pertigaan ini, belok kanan dan jalan sekitar 8 km sampe ketemu pintu gerbang Curug Cipendok.

Di sepanjang jalan ini kalian bakal ketemu beberapa hotel atau penginapan murah yang biasa disewa oleh wisatawan. Untuk menuju kesini pun kalian bisa naik kendaraan pribadi, bisa mobil ataupun motor. Atau kalo ngga ada kendaraan pribadi, kalian juga bisa naik kendaraan umum dari pertigaan Losari.

What to Do

Setelah membayar tiket masuk sebesar Rp 9.000 per orang, kami pun segera melangkahkan kaki menuju Curug Cipendok ini. Pemandangan alam yang indah dan udaranya yang sejuk langsung terasa saat memasuki area wisata curug ini. Terasa banget kalo wisata ini masih alami, terlihat dengan hijaunya hutan disekeliling air terjun ini dan masih banyak juga hewan-hewan liar yang hidup disini, seperti kera misalnya. 

Dibalik keindahan Curug Cipendok ini ternyata juga ada legenda yang berkembang di masyarakat sekitar. Konon, kata Curug ini diambil dari bahasa Sunda yang berarti air terjun dan pendok berarti cincin dari bilah keris. 

Disini, kalian bisa menikmati keindahan air terjun setinggi 92 meter dengan kedalaman hingga 20 meter. Disini juga ada air terjun kecil disekitarnya yang bisa digunakan sebagai tempat bermain air. 

Selain air terjun, beberapa fasilitas juga bisa kalian nikmati disini. Seperti outbond, jogging track, jungle tracking dan bumi perkemahan. Fasilitas lainnya, ada tempat parkir, wahana bermain anak-anak, mushola dan kamar mandi. Selain itu juga ada warung-warung makanan yang menyediakan mendoakan dan susu murni. Jadi kalian ngga perlu khawatir kalo nanti kalian ngga bawa bekal dari rumah, bisa melipir ke warung-warung disini.

Gimana guys? Seru banget kan main di Curug Cipendok ini? Nah, kalo kalian lagi main ke Purwokerto, jangan lupa buat mampir ke Curug Cipendok ya guys!

Video by sura blendong

Tips and Trick

Beberapa hal yang mesti kalian perhatikan sebelum berkunjung ke Curug Cipendok:

  • Kalo bisa jangan berkunjung ke curug ini saat musim hujan, soalnya sering berkabut dan pengunjung ngga dibolehin masuk.
  • Pake alas kaki yang ngga licin, kalo bisa pake sandal gunung.
  • Bawa baju ganti, peralatan mandi dan handuk kalo kalian pengen main air.
  • Bawa kamera anti air.
  • Jangan buang sampah sembarangan.
  • Kalo kalian pengen nginep disini, kalian bisa camping ataupun menyewa penginapan dengan harga mulai Rp 30.000 per malamnya.

Gallery (5)

Comments (1)