161 views | 1 Likes

Curug Rambukasang: Pesonanya Bikin Enggan Pulang

4 star (from 1 people)
Brebes, Jawa Tengah, Indonesia
Category: Waterfall

Posted on 19 July 2019, 12:09:35
franky
Tourist

Jalan-jalan ke Brebes, pastikan kalian ngga melewatkan air terjun yang cantik ini ya guys!

How to Get There

Masih seputaran wisata Kabupaten Brebes nih guys. Aku baru aja balik dari Brebes kemarennya dan mau share soal tempat wisatanya. Emang sih ngga banyak wisata yang aku kunjungi selama disana, maklum guys aku kan dalam rangka kunjungan kerja. Salah satu wisata yang udah sempet aku ulas adalah Telaga Ranjeng yang Cantik namun penuh misteri. Nah, sebelum balik ke Surabaya aku sempet jalan-jalan lagi ke sebuah curug atau air terjun yang cantik banget, bernama Curug Rambukasang.

Curug Rambukasang ini lokasinya ada di Desa Ciseureuh, Ketanggungan, Brebes. Lokaisnya sih deket dengan SDN 02 Desa Ciseureuh. Untuk menuju kesini, kalian bisa langsung menuju Ketanggungan dan bisa tanya ke warga setempat untuk petunjuk arah menuju Desa Ciseureuh.

jalan menuju curug rambukasang brebes


What to Do

Desa Ciseureuh ini emang cukup susah untuk dilafalkan ya guys, sekilas mirip pelafalan dalam Bahasa Sunda dan memang warga di desa ini menggunakan Bahasa Sunda sebagai bahasa sehari-harinya, meskipun desa ini lokasinya ada di Brebes yang notabene berada di Provinsi Jawa Tengah. Desa Ciseureuh ini juga salah satu desa yang unik dan masih memegang teguh tradisi sejak zaman nenek moyang dulu hingga saat ini. Menarik sekali!

Youtube by anggeric Channel

Ngga banyak yang tahu soal air terjun cantik yang ada di desa ini. Padahal Curug Rambukasang ini punya pesona yang luar biasa menurutku. Curug ini punya ketinggian sekitar 10 meter dengan air yang meluncur diantara bebatuan dan jatuh ke sebuah kolam yang lebar berdinding pahatan batu yang kokoh. Kolam alami ini punya kedalaman hingga 4 meter dengan air yang sangat jernih, cocok banget nih buat kalian yang suka berenang. Tapi kalo ngga bisa berenang, harus hati-hati ya guys.

curug rambukasang brebes

Curug Rambukasang ini lokasinya ada di dataran tinggi, tepatnya di lereng Gunung Kumbang, sehingga udaranya masih segar, alami dan jauh dari polusi udara. Beda banget sama udara Kota Brebes yang terasa lebih panas dan lebih banyak polusinya. Wisata ini cocok banget pokoknya buat kalian yang ingin sekedar bersantai sambil melepas penat dari rutinitas sehari-hari. Apalagi tempatnya yang ngga terlalu ramai.

curug rambukasang brebes

Sayangnya, hingga saat ini Curug Rambukasang ini masih kurang mendapat perhatian. Terlihat dari kurangnya fasilitas yang memadai. Memang sih wisata ini masih sangat alami, sehingga pengunjung yang datang sama sekali ngga ditarik karcis masuk. Jalanan menuju ke wisata ini pun masih kurang bagus, sehingga kalian harus ekstra hati-hati. Tapi ngga usah khawatir guys karena sepanjang perjalanan viewnya keren banget.

curug rambukasang brebes

Tertarik untuk berkunjung? Pastikan kalo kalian main ke Brebes, mampir ke Curug Rambukasang ini ya guys. Pemandangan indahnya pasti membuat kalian betah berlama-lama disana dan ketagihan ingin kembali lagi.

Tips and Trick

  • Siapkan fisik dan kendaraan kalian biar liburan makin menyenangkan.
  • Kalian harus extra hati-hati ya guys karena jalanan menuju ke curug ini kurang bagus.
  • Kalau berpapasan dengan penduduk lokal, usahakan menyapa ya guys karena penduduk Desa Ciseureuh ini ramah-ramah.
  • Bawa bekal karena disini masih jarang ada penjual warung makan. Minimal bawa makanan ringan dan air mineral.
  • Bawa baju ganti dan perlengkapan mandi buat nanti kalo mau basah-basahan.
  • Pakai alas kaki yang nyaman. 
  • Siapkan kamera yang anti air, takutnya nanti kalian main basah-basahan.
  • Jaga kebersihan wisata ini dengan tidak membuang sampah sembarangan.
  • Jangan datang sendirian, minimal berdua ajak teman atau pasangan kalian.

Gallery (4)

Comments (1)