dino | Traveler
Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, Indonesia | Beach Exploring
01 Sep 2016


Menikmati Sensasi Berlibur di Pantai Surga
Berlibur ke Lombok, terasa belum lengkap bila tidak mengunjungi Pantai Surga. Namanya yang unik ini membuat saya ingin menjejakkan kaki di sana.

How to Get There

Jam 8 pagi, saya langsung berkendara dari kota Mataram ke Desa Ekas yang ada di Kabupaten Lombok Timur. Saya berkendara melalui rute Cakranegara – Praya – Ganti – Sepapan – Jerowaru – Jor – Pemongkang – Ekas – Pantai Surga.

 

Di jalur Praya – Jerowaru, 100 meter setelah SPBU kedua ada pertigaan yang di tengahnya terdapat pohon, belok ke kanan, akan terlihat jalan aspal, terus lurus hingga pertigaan Pasar Jor Jerowaru, belok kanan. Kemudian akan ketemu pertigan lagi, belok kiri, terus ikuti jalur yang ada sampai pertigaan berikutnya, nanti akan terlihat papan petunjuk jalan, dan belok kanan ikuti jalan yang ada.

 

Setelah melewati kantor desa Ekas, ada pertigaan, ambil belokan ke kanan (berupa jalan pasir berbatu). Sempat was-was ketika melalui pasir berbatu ini, takutnya ban gembos di tengah perjalanan.

 

   

 

Tak lama kemudian, akhirnya saya dihadapkan pada jalan menurun yang cukup terjal, tepatnya sebelum penginapan Heaven on The Planet. Saya terus menelusuri jalan berbatu ini hingga menemukan belokan ke kanan berupa jalan tanah. Jalan tanah ini di musim kemarau sangatlah berdebu, namun akan menjadi licin di musim penghujan. Untung motor beserta saya baik-baik saja..

 

   

 

Setelah berhenti beberapa kali selama perjalanan, akhirnya saya sampai di lokasi Pantai Surga yang tersohor itu. Segera saya memarkirkan kendaraan dan berjalan menuju pantai.

 

  

 

 

 

 

 

 

 

 

What to Do

Top markotop deh Pantai Surga ini, benar-benar cocok untuk bersantai, apalagi pemandangannya yang indah serta suasananya yang damai tentram membuat betah berlama-lama di Pantai ini. Belum puas melihat pemandangan yang ada, saya berjalan mengelilingi pantai sembari melihat aktivitas pengunjung lainnya. Ada yang berjemur, membaca buku, menikmati acara piknik bersama, berenang, snorkling, memancing serta berselancar.

 

 

Berikut ini merupakan foto tebing sebelah kiri dan kanan.

 

 

Terlihat juga beberapa pasangan muda yang naik ke atas tebing. Ternyata di atas tebing itu ada gazebonya lhoo.. Waah, benar-benar cocok untuk tempat beristirahat sambil menikmati pemandangan dari atas tebing. Daripada saya terlelap serta iri melihat keromantisan pasangan-pasangan itu, saya mengurungkan niat ke gazebo tersebut. Nasib jombloers ya begini ini (T-T), namun saya tetap bersyukur karena berkesempatan mengunjungi Pantai Surga ini.

 

Mumpung belum setengah hari, saya pun bergegas mengunjungi tempat lainnya yang juga satu rute dengan Pantai Surga ini (Pantai Sungkan, Pantai Kaliantan dan Teluk Ekas).

Tips and Trick

Tips & trik:

  1. Siapkan masker bila anda berkendara menggunakan sepeda motor (terutama pada musim kemarau).
  2. Pastikan kondisi ban kendaraan dalam keadaan bagus (terutama motor/sepeda).
  3. Saat ini belum tersedia kendaraan umum yang menuju Pantai Surga, sebaiknya sewa kendaraan atau ikut paket tour.
  4. Bila hobi berselancar, berkunjunglah pada bulan Juni hingga Oktober, karena biasanya ombaknya cantik nan menantang.
  5. Gunakan tabir surya, topi, kacamata hitam.
  6. Apabila ingin snorkling dan berselancar, bawa peralatan sendiri, karena tidak ada tempat persewaan di pantai ini.
  7. Tidak ada kamar ganti atau toilet di tempat ini, balik tebing atau sela-sela batu besar bisa digunakan sebagai alternatifnya.
  8. Bawa persediaan makanan dan minuman.

Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY