116 views | 1 Likes

Wisata Kampung Kerapu, Penampungan Ikan yang Instagramable di Situbondo

4 star (from 1 people)
Situbondo, Jawa Timur, Indonesia
Category: Beach Exploring

Posted on 16 July 2019, 13:48:43
pian
Tourist

Wisata Kampung Kerapu merupakan salah satu wisata Instagramable yang belakangan ini ramai dikunjungi pengunjung..

How to Get There

Hai guys, lama juga nih ngga share cerita jalan-jalan. Kali ini aku jalan-jalan lagi nih, tapi ngga jauh-jauh juga sih guys, tepatnya ke Kabupaten Situbondo. Belakangan ini Situbondo emang lagi hits karena ada wisata keren dan seru yang wajib banget buat dikunjungi, yaitu Kampung Kerapu.

Awal tahu tempat ini sebenernya dari media sosial sih karena banyak banget temen-temen yang udah main kesana. Lokasi Kampung Kerapu ini ada Dusun Gundil, Desa Klatakan, Kecamatan Kendit, Situbondo. Akses menuju ke wisata ini gampang banget dan bisa dijangkau dengan kendaraan roda dua hingga roda empat.

What to Do

Kalo kalian belum familiar dengan Wisata Kampung Kerapu, aku mau jelasin dikit yah. Jadi kampung kerapu ini adalah sebuah wisata yang menyuguhkan panorama laut yang keren banget. Menariknya lagi, tempat ini merupakan budidaya ikan Kerapu yang nantinya bisa diambil oleh pengunjung yang ingin mengonsumsinya. Cocok banget nih buat kalian yang suka mancing dan makan ikan yang masih fresh.

pintu masuk wisata kampung kerapu

Selain itu, disini juga banyak spot foto keren yang berupa dermaga apung berbentuk melingkar. Dari sini lah pengunjung bisa berfoto dengan background pemandangan pegunungan ataupun lautan lepas yang keren. Dermaga apung ini terbuat dari bahan kayu sepanjang 300 meter, meskipun begitu kalian ngga usah khawatir soal keamanan dan ketahanannya. Dan lagi, air laut di kawasan ini termasuk tenang jadi ngga menimbulkan ombak besar yang membahayakan pengunjung.

kampung kerapu situbondo

Aku dan keluarga yang kemaren main kesini bener-bener dimanjakan dengan panorama laut yang sangat indah. Waktu yang tepat untuk menikmati pemandangan ini menurut aku saat sore hari menjelang matahari terbenam, eksotis banget. Selain jalan-jalan atau foto-foto diatas dermaga aja, kalian bisa juga menyewa perahu untuk berkeliling di sekitar kawasan wisata Kampung Kerapu ini. Seru banget deh.

kampung kerapu situbondo

Setiap pengunjung yang datang wajib membayar tiket masuk sebesar Rp 35.000 per 3 jam. Tapi kalo kalian pengen beli paket mancing, tiketnya akan dikenakan sebesar Rp 50.000. Kebetulan kemarennya aku rame-rame sama keluarga, kami pun memanfaatkan ikan kerapu ini buat dimakan. Selain kerapu, ada juga ikan kakap hingga lobster yang bisa kalian beli dengan harga mulai dari Rp 75.000. Harga segitu menurut aku sih terjangkau banget guys untuk menikmati ikan yang masih fresh dan rasanya pasti enak.

kampung kerapu situbondo

Gimana nih guys? Seru banget kan main-main di Kampung Kerapu ini? Nah, buat kalian yang weekend nanti masih bingung mau liburan kemana, buruan deh main ke Wisata Kampung Kerapu ini. Jangan lupa juga ajak teman-teman atau keluarga kalian biar makin seru.

Video by CNN Indonesia

Tips and Trick

Sebelum kalian berangkat ke Kampung Kerapu ini, ada beberapa hal nih yang perlu kalian perhatikan. Agar liburan makin menyenangkan:

  • Karena wisata ini lokasinya di deket laut, udah pasti mataharinya super terik. Jangan lupa pake sunblock ya guys.
  • Pake juga topi ataupun kacamata untuk melindungi kepala dan mata kalian.
  • Menurut aku, waktu yang tepat untuk berkunjung saat sore hari karena matahari ngga terlalu terik dan bonus pemandangan sunset.
  • Bawa kamera yang bagus buat foto-foto. Atau kalo kalian punya drone, bisa dibawa guys karena pemandangan dari atas indah sekali.
  • Jangan buang sampah sembarangan, apalagi buang sampah ke dalam laut. Karena bisa mengganggu habitat ikan-ikan.
  • Cicipi ikan kerapu atau ikan lainnya disini. Fresh banget rasanya.

Gallery (4)

Comments (1)