113 views | 0 Likes

Curug Ciparay: Destanasi Kekinian di Tasikmalaya

0 star (from 0 people)
Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia
Category: Waterfall

Posted on 15 July 2019, 12:46:21
bozerwin
Sightseeing

Berkunjung ke salah satu wisata unggulan Jawa Barat yang hits berkat Sosial Media Pak Gubernur..

How to Get There

Back to Tasikmalaya. Gue paling demen kayaknya kalo diminta pimpinan buat tugas kesini. Hahaha.. anyway, kunjungan gue ke Tasik kali ini masih dalam urusan kerjaan dan lumayan lama juga disini. Meskipun gitu, gue ngga mau melewatkan kesempatan buat menelusuri keindahan alam Tasikmalaya. Minggu kemaren, gue diajakin beberapa temen kantor buat ke Curug Ciparay. 

Kalian yang follow Instagramnya Bapak Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, pasti tahu banget sama wisata yang satu ini, soalnya curug ini hits setelah Pak Ridwan Kamil posting di sosial medianya. 

Dari Kota Tasikmalaya, curug ini jaraknya mungkin sekitar 25 kilo meteran guys. Patokannya, kalo dari pusat kota kalian arahkan aja kendaraan ke Jalan Mayor S.L Tobing. Setelah 2,5 kilometer kalian akan ketemu bundaran dari sana lurus terus sampe ketemu Jalan Raya Mangkubumi. Lurus terus aja sepanjang 11 kilometer sampe di Jalan Cipondok. Dari sana akan terlihat Jalan Cidugaleun dan belok kanan. Sekitar 1 kilometer, kalian akan sampe di Jalan Pasirpari kemudian belok kanan untuk masuk ke Curug Ciparay.

Perjalanan ngga berhenti sampe disitu aja guys, setelah parkir kendaraan di tempat parkir, kita lanjut perjalanan lagi dengan jalan kaki sejauh dua kilometer lewat jalan setapak khas pegunungan. Lumayan nih, udah lama juga gue ngga trekking.

What to Do

Curug Ciparay ini lokasinya di Dusun Parentas, Kecamatan Cigalontang, Tasikmalaya dan menjadi salah satu objek wisata alam yang cukup keren. Meskipun awalnya curug ini ngga terlalu terkenal, tapi belakangan ini udah mulai banyak masyarakat yang penasaran dengan curug yang satu ini, termasuk gue. Untuk menikmati indahnya curug ini pengunjung ngga dikenakan tarif yang mahal-mahal banget kok guys, cukup bayar Rp 5.000 aja per orangnya.

curug ciparay tasikmalaya

Disebut Curug Ciparay karena ada dua curug yang lokasinya berdekatan, jadi banyak orang yang bilang kalo curug ini kembar. Meskipun sering dibilang kembar, tapi kedua curug ini punya ketinggian yang berbeda lho, yang satu tingginya sekitar 55 meter dan satunya lagi tingginya 75 meter. 

curug ciparay tasikmalaya

Dengan ketinggiannya yang menurut gue cukup tinggi itu, pastinya air yang disemburkan oleh kedua curug ini cukup besar. Jadi, kalo main kesini udah pasti pulangnya bakal basah-basahan guys.

Disini gue bener-bener bisa menemukan pesona alam yang masih alami, dengan sajian suara gemuruh khas air terjun dan sejuknya hempasan air ketika kami ada di deket air terjun. Cocok banget kalo dibuat liburan sambil melepas penat dari rutinitas sehari-hari.

curug ciparay tasikmalaya

Air terjun ini dikelilingi hutan yang hijau menyegarkan, lokasinya ada di kawasan Gunung Karacak dan Gunung Dinding Ari yang juga bisa kalian jelajahi. Bisa dipastikan dong kalo suasana disana sejuk banget. Selain menikmati alam sambil foto-foto, kalian juga bisa berenang dan bermain air di bawar curug. Di bawah air terjun ini ada kolam alami yang airnya merupakan penampungan dari air terjun ini, kolam ini bisa dipake buat renang guys. Airnya dingin dan jernih banget!

curug ciparay tasikmalaya

Puas bermain air dan foto-foto, gue dan temen-temen langsung lapaer dan makan bekal yang udah kami bawa. Rasanya, liburan kali ini gue bener-bener bisa menikmati alam Tasikmalaya yang bener-bener alami dan mempesona.

Video by Phonegraphy Tech

Tips and Trick

  • Buat kalian yang mau kesini, tolong siapkan stamina yang fit soalnya perjalanan menuju air terjun ini cukup melelahkan.
  • Perlu diperhatikan, wisata ini masih belum punya banyak fasilitas, seperti toilet, warung makan dan lainnya.
  • Bawa bekal, seperti makanan dan minuman.
  • Jangan lupa juga buat bawa obat-obatan pribadi.
  • Bawa baju ganti dan kamera anti air ya guys.
  • Jangan buang sampah sembarangan. 

Gallery (4)

Comments (1)