162 views | 2 Likes

Cagar Alam Telaga Ranjeng: Telaga Cantik Berbalut Kisah Mistis

4 star (from 2 people)
Brebes, Jawa Tengah, Indonesia
Category: lake

Posted on 12 July 2019, 11:51:09
franky
Tourist

Melepas penat sambil menikmati indahnya telaga memang jadi pilihan tepat. Tapi, ada misteri dibaliknya...

How to Get There

Lagi ada di Brebes nih guys. Sebenernya ngga lagi dalam rangka traveling sih guys, tapi kebetulan lagi ada tugas kantor dan aku harus stay disini selama beberapa hari. Nah, mumpung ada di Brebes, pastinya aku ngga mau melewatkan buat berkunjung ke wisatanya. Awalnya aku agak bingung mau pergi kemana, soalnya sama sekali ngga ada bayangan buat tempat wisata. Akhirnya salah satu temen kantor yang merupakan warga Brebes ngasih rekomendasi buat pergi ke Wisata Telaga Ranjeng.

Trus aku keinget dong, bukannya telaga ini agak mistis ya? Dan dia jawab, tapi keren kok. Yaudah sih, aku pun langsung berangkat kesana barengan dia. Lokasi dari Telaga Ranjeng ini di Paguyangan, Brebes, Jawa Tengah. Lokasi tepatnya sih di Desa Pandansari, Bantang Kawung, Brebes. 

What to Do

Kota Brebes ternyata dikenal punya banyak objek wisata yang indah dan salah satunya adalah Telaga Ranjeng ini guys. Lokasi telaga ini ada di kaki Gunung Slamet dan masuk dalam cagar alam yang dikelola oleh perhutani Pekalongan Timur. Wisata ini punya luas sekitar 48.5 ha yang terdiri dari beberapah hutan yang didominasi oleh pohon damar dan pohon pinus yang mengelilingi telaga.

Cagar alam telaga ranjeng

Konon, Telaga yang dibangun sekitar tahun 1920an ini dulunya merupakan tempat pemandian tokoh kerajaan di Jawa Tengah. Uniknya, dulunya telaga ini merupakan habitat ribuan ekor lele dan ikan nila raksasa. Ikan-ikan tersebut muncul dengan sendirinya katanya guys karena ngga ada orang yang menabur benih atau memelihara ikan-ikan tersebut disini. Mitosnya sih, kalo ada orang yang mengambil ikan lele tersebut maka ia akan sakit-sakitan sampe ia mengembalikan ikan tersebut pada tempatnya. Makanya, meskipun telaga ini punya banyak sekali ikan, tapi ngga ada orang yang berani memancingnya.

ikan di telaga ranjeng

Cerita mistis lain seputar ikan lele nih guys, pada tahun 2010 lalu, jutaan ikan lele yang hidup di telaga ini tiba-tiba menghilang entah kemana. Soalnya ngga mungkin juga guys kalo ada manusia yang bisa ngambil ikan-ikan ini dalam waktu singkat. Atau kalo ikan-ikan ini mati, pasti akan ditemukan mayat ikan di sekitar telaga, tapi ternyata ngga ditemukan mayat ikan sama sekali. Makanya, muncul banyak cerita yang berkembang di masyarakat mengenai misteri hilangnya ikan-ikan di telaga ini.

ikan di telaga ranjeng

Telaga Ranjeng ini memang dikenal cukup mistis guys. Di tempat ini banyak orang yang menjalani ritual mencari berkah. Kepercayaan lain adalah air telaga ini bisa digunakan untuk mencegah lahan pertanian dari serangan hama. Ngga heran kalo banyak orang-orang yang datang ke telaga ini untuk sawah mereka agar terhindar dari hama. 

Cagar alam telaga ranjeng

Namun, dibalik cerita mistis ini, pengunjung yang datang bisa menikmati air telaga sambil menikmati sejuknya udara disekitar telaga ini. Jangan lupa juga untuk mengabadikan moment disekitaran sini, soalnya telaga ini cukup cantik menurut aku plus hijaunya hutan yang mengelilingnya bener-bener masih hijau dan asri. Kalian juga bisa bersantai sambil bermain dengan ikan-ikan yang ada disini, kalian bisa menebarkan remah-remah roti ke dalam telaga, maka ikan-ikan tersebut akan memakannya. Aktivitas yang cukup menyenangkan untuk sekedar melepas penat.


ikan di telaga ranjeng

Sayangnya, fasilitas yang ada disini kurang lengkap guys. Coba kalo ada perahu motor atau perahu bebek untuk sarana wisata, pasti jadi makin rame. 

So guys, kalian yang lagi ada di Brebes dan sekitarnya, jangan lupa ya buat mampir ke wisata Telaga Ranjeng ini.

Tips and Trick

  • Bawa kamera.
  • Jangan buang sampah sembarangan.
  • Ajak temen-temen dan keluarga kalian.

Gallery (6)

Comments (2)