141 views | 2 Likes

Museum Tembakau Jember: Lihat Pengolahan Tembakau Sebelum di Ekspor!

4 star (from 2 people)
Jember, Jawa Timur, Indonesia
Category: City Trip

Posted on 10 July 2019, 16:00:44
albertak
Sightseeing

Bosen berwisata ke museum yang itu-itu aja? Cobain dateng ke museum tembakau di Jember..

How to Get There

Halo temen temen, kali ini aku dan keluarga lagi liburan di Jember. Seperti biasa, kami emang sering dateng ke kota yang satu ini. Kalau dilihat, Jember emang punya daya tarik tersendiri, terutama urusan wisatanya. Kota yang bisa dibilang cukup kecil ini ternyata menyimpan banyak sekali potensi wisata lho. 

Nggak cuma wisata alam, Jember juga punya beberapa wisata buatan. Eh iya, jember juga sering ngadain event event kota gitu lho. Cukup menarik emang. 

Tujuan kali ini sih berwisata ke Museum, udah cukup lama nggak main ke tempat yang bersejarah gini. Tujuannya sih ke Museum Tembakau. Nah aku baru tahu kalo Jember juga merupakan kota yang menjadi salah satu eksportir tembakau terbaik dunia, jadi makin pensaran sama Museum Tembakau ini. 

Museum Tembakau berlokasi di Jalan Kalimantan No 1, Krajan Timur, Sumbersari, Kabupaten  Jember, Jawa Timur. Kami dateng dan melakukan perjalanan siang hari, cukup menyengat sih waktu itu suhunya wkwk. 

 

 

What to Do

Museum Tembakau ini buka dari pukul 9 pagi sampe pukul 5 sore, jangan dateng terlalu sore karena tentu jam kunjung yang kalian dapet bakal lebih sedikit. Pengunjng hanya bisa dateng di hari kerja atau weekdays saja. Karena di hari Sabtu dan Minggu, Museum Tembakau ini tidak dibuka alias tutup.

Museum Tembakau didirikan oleh pemerintah guna mengedukasi masayarakat tentang adanya tembakau di Jember. Tembakau memang bisa dibilang sudah melekat dengan Jember, bakhan logo Jember pun mengandung gambar tembakau. Nah kan jadi tahu ilmu baru yang sebelumnya aku nggak tahu. 

Museum tembakau jember

Museum tembakau jember

Di Museum Tembakau, pengunjung bisa tahu nih bagaimana bisa tembakau diolah dengan baik. Mulai dari awal pengolahan hingga nantinya siap ekspor. Kalian bisa lihat semua prosesnya di museum ini. Pengunjung bisa melihat banyak sekali macam tembakau. Nggak cuma dari Jember, tembakau disini juga didatangkan dari berbagai daerah lho. Ada yang dari Bondowoso, Sumenep, Bojonegoro, dan masih banyak lagi. Puas banget ngeliatin satu persatu jenis tembakau yang ada di Museum Tembakau ini. Ets, jangan sekali kali ngerusak atau ngelanggar aturan museum yaa. 

Setelah puas liat liat tembakau, kami bergeser menuju ke alat alat yang digunakan untuk mengolah tembakau. Emang sih disini lengkap banget. Pengunjung bisa ngeliat secara langsung mesin pemotong hingga mesin pencacah tembakau. Yang suka cari tahu tentang ilmu tembakau ini, kalian bisa tanya ke petugas museum kok. Dengan itu, kalian bakalan dapet penjelasan tentang tembakau yang super lengkap. Ioya, di setiap alat dan apapun yang ada di museum ini juga ada penjelasannya kok, jadi seru deh kalo kalian kesini, jadi tahu hal baru. 

Museum tembakau jember

Museum tembakau jember

Masih ada lagi, di Museum Tembakau juga terdapat perpustakaan yang bisa kalian baca buku bukunya. Banyak baget ilmu yang didapet juga kalo kalian sempetin baca beberapa menit saja. Nggak cuma itu, pengunjung juga akan dimanjakan dengan adanya lukisan lukisan yang ada di dinding. Bagus dan penuh makna tentunya. Coba amati satu persatu dan temukan makna dari lukisan tersebut hehe. 

Museum tembakau jember

Museum tembakau jember

Di Museum Tembakau aku sempetin mengambil gambar atau memotretnya sesekali saja, lainnya sih menikmati suasana museum ya. Namanya juga museum tembakau, kalian akan ngerasain hawa tembakau kalo kata adekku sih bau rokok wkwk. Tapi emang recomended banget buat dikunjungi kalo ke Jember. 

Tips and Trick

Oh iya, aku ada saran buat kalian yang dateng dari luar kota. Alangkah baiknya kalo kalian berkunjung ke Jember di bulan tertentu misalnya saja bukan Agustus. Di Bulan Agustus, Jember mnegadakan BBJ (Bulan Berkunjung Jember). Nah di bulan itu, pengunjung bisa menikmati berbagai pertunjukan yang ada di Jember ini. Salahsatunya adalah Jember Fashion Carnawal atau JFC. Pagelaran yang satu ini sudah menarik banyak sekali minat wisatawan lokal hingga luar negeri lho!

Gallery (6)

Comments (2)