1,599 views | 0 Likes

Tana Toraja melihat upacara pemakaman Rambu Solo

4 star (from 1 people)
Makale, Sulawesi Selatan, Indonesia
Category: Attraction

Posted on 20 May 2017, 12:44:47
icha123
Tourist

Melihat upacara pemakaman Rambu Solo di Tana Toraja... Mau tau bagaimana? berikut upacara pemakaman Rambu solo

How to Get There

Minggu lalu gue ada kerjaan di Sulawesi Selatan, dan selesai urusan kerja, gue kepo nih sama wisata yang bernama “Tana Toraja” yang terletak di Kabupaten Makale.

Perjalanan gue di mulai dari pusat Kabupaten Makale, jarak dari Makale-Tana Toraja sekitar 18,8 km dan saat itu gue melakukan perjalanan menggunakan mobil mengghabiskan waktu sekitar 45 menitlah, Rute gue melalui Jl. Merdeka, Saat itu emang gak tau jalan hahah, jadi gue liat Gmaps, jadi kalo loh ke sini liat Gmaps ya hehehe... pasti sampek kok, gue aja sampek ke Tana Toraja, hanya berbekal Gmaps.   

 

What to Do

Hore akhirnya setelah perjalanan 45 menit menuju lokasi Tana Toraja, Gue sampai di Tana Toraja, alasan gue kesini sebenernya karena wisata Tana Toraja ini memang sangat populer di Sulawesi Selatan, yang unik dan buat gue kepo adalah budayanya yang Khas Austronesia, melihat rumah adat Tongkonan, menyaksikan Upacara pemakaman Rambu Solo, Pekuburan Bayi Kambira, Pekuburan Batu Lemo, dan Pekuburan Gua Londa.

Dulu gue pernah denger sih mitosnya kalo di Tana Toraja ini menjadi tempat Nenek moyang asli Toraja yang datang turun dari surga dengan melalui anak tangga dan tangga ini di jadikan tempat media komikasi dengan Puang Matua yang berati Tuhan.

Nama dari Toraja ini sebenarnya di berinama oleh Suku Bugis Sidenren, yang dulunya menyebut penduduk di daerah ini dengan sebutan “Riaja” yang berarti, orang yang tinggal di gunung. Sedangkan Rakyat Luwu menyebut mereka Riajang.

Nama Toraja pertama kali diberikan oleh Suku Bugis Sidenreng yang menyebut penduduk yang tinggal di daerah ini sebagai "Riaja" (orang yang mendiami daerah pegunungan).

Selain namanya yang unik di daerah Tana Toraja ini memiliki keunikan yaitu budayanya saat itu gue lihat Upacara Rambu Solo. Rambu Solo ini adalah upacara pemakaman adat Tana Toraja yang wajib kalian lihat saat berada di Tana Toraja.

Ohya gue baru tau loh kalo Upacara Rambu Solo ini merupakan upacara termahal di Indonesia, upacara ini di bilang termahal di indonesia, karena upacara ini di lakukan selama berhari-hari denga biaya yang tidak sediki. Bayangkan saja saat Upacara Rambu solo ini akan ada ritual Sembelih Kerbau, dan untuk ritual Kerbau ini tidak hanya 1 kerbau saja loh di sembelih, tetapi jika kasta orang yang meninggal itu tinggi, maka semakin banyak kerbau yang harus mereka korbankan.

Kebayang dong 1 kerbau saja berapa hahhaha... apalagi 5 atau 10 kerbau di sembelih bisa habis berapa hiks... Ohya orang-orang Tana Toraja ini percaya jika sebelum dimakamkan, orang yang meninggal adalah orang yang sedang sakit. Dan orang meninggal disini di suntik dengan formalin agar tidak membusuk selama menunggu keluarganya yang mengadakan upacara Rambu Solo.

Ohya di part2 nanti gue mau jelasin gimana suasana yang ada di Londa dan makam gantung ala Tana Toraja, disini lebih menantang adrenalin gue karena dilokasi ini terdapat banyak sekali peti mati yang di gantung di dalam gua apa kalian berani? Nah klik link di samping ini perjalanan gue selanjutnya di jamin juga keren hahaha...

Klik->

Tips and Trick

  1. Saat berada di lokasi ini harus sopan jangan bercanda berlebihan hahaha
  2. Rasakan bagaimana adat Tana Toraja
  3. Kalo kalian ingin menjelajahi keindahan tana toraja bisa menginap di rumah penduduk
  4. Ohya jangan lupa ya bawa kamera
  5. Berkunjung ke Tana Toraja harus mengatur rencana liburan yang matang ya
  6. Gunakan sandal yang nyaman untuk menyusuri lokasi
  7. Gunakan baju yang sopan
  8. Jangan buang sampah sembarangan ya.

Gallery (8)

Comments (1)