61 views | 1 Likes

Pesona Gua Kristal Kupang, Surga Tersembunyi yang Tak Jauh Dari Kota

4 star (from 1 people)
Kupang, Nusa Tenggara Timur, Indonesia
Category: Caving

Posted on 09 July 2019, 11:11:55
Sophia
Tourist

Pengen pergi ke tempat wisata anti mainstream di Kupang? Wajib dateng ke tempat Goa cantik ini!

How to Get There

Kalo denger kata Kupang, yang ada dipikiran kalian pasti daerah yang ada di Timur yang cukup panas dan gersang. Eh tapi jangan salah guys, kali ini aku mau ajak kalian menelusuri sebuah tempat yang bisa memberikan sedikit kesegaran ditengah gersangnya Kupang. Anyway, beberapa waktu lalu, aku sempet share cerita pengalaman jalan-jalan ke Atambua. Kali ini, karena keterbatasan waktu jadinya aku sempetin liburan yang masih di sekitaran Kupang dan tujuanku adalah Gua Kristal.

Gua Kristal ini lokasinya cukup dekat dengan Kota Kupang, cuma butuh waktu tempuh sekitar 30 menit atau jaraknya sekitar 20 km aja. Lokasinya ada di Desa Bolok, Kupang Barat. Untuk menuju kesana, kalian bisa naik mobil ataupun motor dan kalian ngga perlu bingung soal akses kesana soalnya gampang dan banyak petunjuknya.

Kebetulan aku kemaren pergi rame-rame bareng temen-temen dan kami memulai perjalanan dari Kota Kupang dan langsung menuju Pelabuhan Bolok soalnya lokasinya cukup dekat dengan Pos Polisi Air Pelabuhan Bolok. Sesampainya disana, mobil langsung kami parkir di dekat Pos Polisi Air Bolok kemudian berjalan kaki sekitar 500 meter untuk sampe di bibir gua.

What to Do

Setelah sampe di bibir gua yang lebarnya mungkin sekitar 2 x 1 meter. Gelap banget dan cuma sedikit matahari yang bisa menerobos masuk sampai ke dalam. Kami pun langsung berjalan menelusuri gua untuk bisa sampai di bibir mata air. Ngga bisa dibilang jalan juga sih guys, soalnya kami harus merayap pelan-pelan karena bebatuan guanya cukup licin. Ini bener-bener petualangan guys, soalnya selama menelusuri gua ini sama sekali ngga ada kata indah, yang ada malahan gelap dan menyeramkan.

Gua Kristal ini bukanlah sebuah gua yang dipenuhi oleh batu kristal lho guys, sebutan Gua Kristal hanyalah kiasan semata yang menggambarkan adanya air dan batu kristal didalamnya yang membentuk seperti kolam renang. Kolam ini nih yang jadi daya tarik utamanya guys, soalnya airnya bener-bener jernih dan segar. 

Gue Kristal ini punya luas kurang lebih 30 meter persegi dengan air yang jernih banget. Saking jernihnya, kami sampe bisa melihat dasar kolamnya dengan jelas. Ohya, air dalam gua ini rasanya payau ya guys dan bener-bener bikin badan seger. Airnya yang payau karena merupakan pertemuan dua mata air yang menyembul di dalam gua. Air didalam gua ini dalam sekali dan kayak ngga punya dasar.

Tapi justru hal inilah yang membuat banyak orang yang penasaran kemudian datang kesini. Pengunjungnya pun ngga cuma dari Kupang aja lho guys, tapi juga dari beberapa kota besar di Indonesia penasaran dengan keindahan Gua Kristal ini.


So guys, kalian yang berencana liburan ke Kupang, wajib banget buat mampir ke Gua Kristal ini. Tempatnya asyik dan pastinya instagenic guys, bener-bener cantik. Beneran deh kalian ngga akan menyesal udah datang jauh-jauh ke Kupang.

TRANS TV Official

Tips and Trick

Sebelum dateng kesini, aku ada beberapa tips & tricks nih buat kalian:

  • Jangan lupa bawa senter ya guys, soalnya perjalanan menuju mata airnya cukup gelap.
  • Waktu terbaik untuk berkunjung adalah siang hari, sekitar jam 11.00 WITA karena sinar matahari menerobos melalui celah-celah gus sehingga pemandangannya cantik banget.
  • Buat kalian yang mau pake guide juga bisa kok guys, kalian bisa menemuinnya disekitaran lokasi.
  • Pake alas kaki yang nyaman.
  • Kalo kalian ngga bisa berenang, harus hati-hati ya kalo pengen berenang soalnya dalam banget.
  • Bawa kamera.
  • Jangan buang sampah sembarangan.

Gallery (5)

Comments (1)