169 views | 1 Likes

Gunung Sepikul Sukoharjo, Gunung Cantik yang Jadi Tempat Shooting Film Wiro Sableng

4 star (from 1 people)
Sukoharjo, Jawa Tengah, Indonesia
Category: Hiking & Trekking

Posted on 08 July 2019, 13:16:47
zero
Tourist

Pengen hiking tapi masih pemula? Mendaki gunung cantik ini bisa jadi solusinya!

How to Get There

Belakangan ini aku emang lagi sering jalan-jalan di daerah Jawa Tengah. Kemarennya aku sempet explore Kudus dan berkunjung ke Air Terjun Gonggomino dan Air Terjun Montel. Minggu lalu, aku diajakin lagi nih sama salah satu temen buat jalan-jalan ke Sukoharjo. Kebetulan, disana juga ada keluarga jadinya kita bisa ngirit bujet penginapan guys. Hahaha.. Tujuan kita ke Sukoharjo sebenernya kepo banget pengen ke Gunung Sepikul yang sempet hits di media sosial beberapa waktu lalu karena pernah jadi lokasi syuting Film Wiro Sableng. Seperti apa ya kira-kira?

Gunung Sepikul ini lokasinya ada di Desa Gentang, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo. Untuk menuju kesini bisa dibilang aksesnya cukup mudah. Kalo kalian dari arah Wonogiri, arahkan aja kendaraan menuju Jalan Solo-Wonogiri dan setelah sampai di Kota Wonogiri atau di Patung Kereta Nyi Roro Kidul, belok kanan. Setelah ketemu Gerbang Wisata Batu Seribu, belok kiri sampe ketemu papan penunjuk untuk sampai di Gunung Sepikul.

Rute lain, kalo kalian dari arah Solo, bisa lewat Terminal Induk Wonogiri lewat jalur alternatif Wonogiri-Jogja. Dengan mengikuti jalan ini, kalian akan sampe di Wisata Batu Seribu di sebelah kiri jalan, masuk ke Gapura dan tinggal ikuti jalan sampe ketemu pertigaan dengan petunjuk arah menuju Gunung Sepikul.

jalan ke Gunung sepikul sukoharjo

What to Do

Gunung Sepikul ini juga punya beberapa nama lain lho guys antara lain Situs Danyangan, Komplek Batu Seribu dan Bukit Sepikul. Di Komplek Gunung Sepikul ini ada beberapa spot menarik ternyata guys, misalnya seperti Watu Jaran, Watu Kandang, Watu Tinggik, Watu Pawon dan Watu Tumpuk, dan yang selalu jadi favorit wisatawan adalah Watu Tumpuk.

Gunung sepikul sukoharjo

Oiya, perjalanan dari parkiran kendaraan menuju Puncak Gunung Sepikul ini emang harus jalan kaki ya guys alias trekking dengan kemiringan sekitar 40 - 60 derajat. Eitss, tapi kalian yang pendaki pemula ngga usah khawatir soalnya masih tergolong mudah untuk pendaki pemula. Waktu yang dibutuhkan untuk mencapai Puncak Gunung Sepikul juga ngga lama-lama banget guys, sekitar 15 sampe 30 menit aja. Tergantung kecepatan kalian, kalo banyak berhenti ya bakal lama sampenya. Hehehe..

Video by Yudis Adhana

Sesampainya di Puncak Gunung Sepikul ini pemandangannya indah banget guys. Rasa lelah selama perjalanan tadi bener-bener bisa hilang seketika. Hamparan sawah yang luas menghijau dari ketinggian bener-bener memanjakan mata. Ngga cuma hamparan sawah aja guys, kalian juga bisa menyaksikan deretan pegunungan selatan yang tampak begitu gagah. Lalu di sisi timur Gunung Sepikul kalian bisa melihat Gunung Lawu yang berdiri dengan gagahnya.

pemandangan di Gunung sepikul sukoharjo

Pastinya, di puncak Gunung Sepikul ini juga jadi spot foto yang sempurna. Gimana ngga sempurna kalo latar fotonya keren banget dari segala arah. Kalo menurut temenku sih, katanya Gunung Sepikul ini mirip dengan Gunung Nglanggeran yang ada di Yogyakarta. Emang iya sih guys, keduanya sama-sama indah. Ngga heran kalo kawasan ini pernah dijadikan lokasi syuting Film Wiro Sableng.

Gunung sepikul sukoharjo

Di balik keindahan Gunung Sepikul ternyata ada sejarah menarik yang perlu kita ketahui nih guys. Konon katanya gunung ini berkaitan dengan legenda Candi Prambanan yang lokasinya di perbatasan Klaten dan Jogja. Ceritanya, Bandung Bondowoso yang diminta oleh Roro Jonggrang untuk membuat 1000 candi dalam semalam sebagai syarakt untuk menikahinya yang dibantu oleh pasukan Jin. Lalu Roro Jonggrang menggagalkan usahanya dengan meminta bantual penduduk desa. 

Gunung sepikul sukoharjo

Karena baru selesai sekitar 999 candi saja, Bandung Bondowoso yang marah karena merasa ditipun pun mengubah Roro Jonggrang menjadi candi yang ke 1000. Sementara batu yang ke 1000 yang dibawa oleh pasukan jin, ditinggalkan begitu saja. Nah batu ini lah yang menurut legenda kemudian menjadi Gunung Sepikul.


Gunung sepikul sukoharjo

Gimana guys? Menarik banget kan sejarah Gunung Sepikul ini? Nah maka dari itu, kalian jangan lupa dateng kesini ya guys kalo lagi main ke Jawa Tengah. Ngga rugi deh!

Tips and Trick

Sebelum kalian berangkat kesini, ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan:

  • Naik kendaraan pribadi ya soalnya ngga ada transportasi umum untuk menuju ke Gunung Sepikul ini.
  • Tiket masuk yang dikenakan Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil. 
  • Pake alas kaki yang nyaman.
  • Bawa air minum.
  • Bawa kamera.
  • Jangan buang sampah sembarangan.

Gallery (6)

Comments (1)