135 views | 2 Likes

Kedung Cinet Jombang 2019, Masih Tetep Keren!

4 star (from 2 people)
Jombang, Jawa Timur, Indonesia
Category: City Trip

Posted on 08 July 2019, 11:48:16
Effida
Tourist

Wisata ala green canyon di Jawa Timur. Ngga kalah keren lho!

How to Get There

Haloo everyone! Kali ini aku bakal review wisata di Jombang Jawa Timur. Udah lama nggak main di Jombang, paling akhir akhir ini cuma suka ngopi atau nongkrong aja sih. Nahh, kali ini nyoba main atau mbolang di Jombang Jawa Timur. Tujuan kami adalah ke Kedung Cinet. Tau kan kalian? Yak, mini grand canyon itulo, haha.

Kedung Cinet ini beralamat di daerah Pojok Klitih, Plandaaan, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Kami maen ber 4, bareng temen temen SD wkwk. Berhubung semua pada lupa jalan, alhasil kami cuma mengandalkan google maps. Kalau dari arah Jombang, setelah Jembatan Ploso kami belok kanan (ceritanya ngikutin arahan maps). Tapi jalan yang kami lalui makin kecil dan terjal bangett. Sampe satu ban motor kami bocor, saking gak enaknya jalanan menuju ke Kedung Cinet ini. Eh pas pulangnya kami nemu jalan cepet. Tipsnya dari Jembatan Ploso kalian belok kiri aja, jangan belok kanan, setelah itu baru pake gmaps hehe. Sempet sedih karena kalo jembatan ke kanan butuh waktu sekitar 60 menit untuk sampe di Kedung Cinet, tapi kalo belok kiri cuma 25 menitan aja wkwk sedih kaaan karena baru tahu pas pulangnya.

Oh iya, kendaraan yang bisa digunakan cuma kendaraan roda 2 aja. Berhubung jalanannya kecil dan sempit, jadi mobil gabisa masuk deh. Setelah menempuh perjalanan dengan nyasar nyasar, kamipun sampe di Kedung Cinet dengan selamat, alhamdulillah. 

jalan menuju kedung cinet

kedung cinet jombang

kedung cinet jombang

What to Do

Yang pertama kali saya cari pas ke Kedung Cinet adalah spot bebatuannya yang keren. Mm, kami cuma ngeliat banner yang bertuliskan hati hati. Kami langsung berhenti dan cari parkir dengan pikiran 'kayaknya dibawah ada spot bagus deh'. 

jalan ke kedung cinet jombang

foto diatas itu parkiran pertama, salah dan sepi banget wkwk

kedung cinet jombang

Ini tempat pertama yang kami datengin. Disini nggak ada penjaga, nggak perlu bayar juga kalo kesini. Dulunya sih tempat ini yang paling favorit karena airnya yang jernih dan bebatuannya yang unik. Tapi setelah memakan beberapa korban tenggelam, tempatnya jadi sepi dan nggak terawat gini:( sayang banget sih. Kami nggak foto foto samasekali di tempat pertama ini, suasananya udah nggak enak. 

-------

Alhasil kami langsung kembali ke tempat kami naruh motor dan cari tempat lain yang sekiranya rame. Ternyataa, di kedung cinet sekarang udah dibangun banyak sekali spot yang menarik. Ada bentuk love, perahu dari ranting kayu, dan masih banyak lagi. Yap, Kedung Cinet kini emang udah mulai terawat. Untuk biaya masuk, kami hanya dikenakan biaya parkir (karena kebetulan loketnya belum buka) hehe enak kan. Parkirnya hanya 5000 aja per kendaraan. 

Setelah dari tempat parkir yang ada penjaganya, kami langsung menuruni tangga yang terbuat dari tanah, untuk menuju ke kawasan sungai Kedung Cinet ini. Kalo disini emang pemandangannya bagus, tapi harus berjuang dulu nyebrangin sungai dan jalan kaki melewati tebing. Siapa takut yakan? Setelah istirahat sejenak, kami langsung bergegas cari spot bagus, spot alam tapi, bukan spot buatan seperti spot bentuk love, gubug, dll itu. 

jalan ke kedung cinet jombang

akhirnya nemu tempat parkir yang official dan rame haha

kedung cinet jombang

kedung cinet jombang

selfie dulu sebelum berjuang cari spot bagus wkwk

Pas nyebrang sungai dan bebatuan, terpaksa kami harus lepas sepatu karena batunya licin banget. Pengunjung harus berhati hati karena kalo jatuh kan lumayan jadi basah semua wkwk. Karena kami males ganti, jadi emang bener bener pelan nyabrangin sungainya, kali ini airnya cuma maksimal sampe lutut aja guys. 

Kami menuju ke bagian tebing yang keren, kalo kawasan tebing ini, kedalaman air bisa sampe 15 meter. Hati hati banget yang penting! Kalo kesini emang pamali mengucap hal hal yang kurang baik, misalnya saja 'ah airnya nggak dalem ini' 'ah bebatuannya pasti nggak licin' 'ah gampang banget buat foto disitu'. Nah ucapan yang terkesan meremehkan sesuatu emang dilarang banget disini, pastikan kalian ngomong yang baik baik ya hehe. 

kedung cinet jombang

kedung cinet jombang

kedung cinet jombang

kedung cinet jombang

kedung cinet jombang

yang ini gemes banget foto si Mahmudi apa pelanginyaaa:(

----

Oh iya, berhubung kami dateng pagi banget sekitar jam 7, tentu kami sangat menikmati kawasan Kedung Cinet ini. Serasa milik pribadi wkwk. Kami berfoto dengan puas sampe pukul 08.30 dan bertepatan dengan datengnya bapak penjaga perahu. Langsung deh aku nyeletuk 'pak bisa naik perahu gak?' haha. Bapaknya jawab pake senyum 'bisa mbak tunggu disitu biar saya yang kesitu' mantaab. Untuk naik perahu ini biayanya 5000 rupiah juga. Dnegan itu, aklain bisa menyusuri Kedung Cinet sepuasnya. Yah memang jaraknya nggak jauh, mungkin cuma 500 meter aja, tapi spotnya cantiiik banget. Si bapak perahu ini juga merangkap sebagai fotografer, kalian akan difoto sesuai yang kalian mau. 

Di kawasan Kedung Cinet kalian juga bisa ngeliat ikan. Kalo di bagian yang dangkal, kalian bisa liat langsung ikannya berenang di air. Kalo di kolam yang dalem, kalian sesekali bakalan liat ikan lompat dari dalem air. Seru banget deh. Gimana gimana? Udah pensaran belum?

Tips and Trick

  • Patuhi peraturan yang ada
  • Selalu berhati-hati

Gallery (13)

Comments (1)