74 views | 3 Likes

Hunting Foto Kece di Surabaya, Mulai Jl. Gula hingga Basra!

4 star (from 3 people)
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
Category: City Trip

Posted on 08 July 2019, 11:35:48

Suka hunting foto? Main ke Surabaya aja!

How to Get There

Halo guyss saatnya kembali lagi bikin review! Jadi ceritanya hari Minggu kemarin aku pergi hunting bareng temen-temen. Karena meskipun udah lama di Surabaya aku jarang banget explore tempat wisatanya atau tempat yang biasa dikunjungi. Biasanya maen ke mall doang dan bikin bosen. Akhirnya berangkatlah kami ke beberapa spot foto bagus di Surabaya.

Tempat pertama yang akan kami tuju adalah kawasan old town atau kota tua di Surabaya, khususnya daerah Jl. Gula. Kami berangkat sore hari sekitar jam setengah empat jadi ya agak macet sih apalagi hari Minggu. Untuk bisa sampai disana gampang banget sih jalannya kalau kalau kalian yang pertama mau kesini tinggal pakai maps aja. kalau aku sama temenku dia udah hafal jalan jadi langsung tancapp!

What to Do

Setelah sampai sana kami langsung parkir motor. Jalannya nggak terlalu lebar sih jadi kalau bawa mobil kayaknya bakalan agak susah parkir kalau lagi ramai. Tapi tenang aja nanti bakalan ada tukang parkir yang bantuin. Begitu sampai disana kalian bakal ngerasain atmosfir yang vintage banget. Mulai dari gedung-gedung, rumah kuno, hingga gang sempit yang jadi spot foto menarik. Nah gang sempit ini adalah Jl. Gula!




Sedikit cerita dari yang aku baca di internet sih tempat ini dulunya adalah kawasan pabrik tembakau pada masa kolonial Belanda. Jadi nggak heran kalau masih ada bangunan besar-besar yang interior dan desainnya yang Belanda banget. Kebanyakan tempat tersebut kosong jadi ya bisa puas foto-foto didepannya. Bahkan dulu katanya tempat ini pernah dijadikan shooting acara uji nyali karena terkenal angker. Emang iya sih hawanya beda banget kayak rumah yang bener-bener kosong bikin merinding.


Tapi tenang aja kalau kalian kesana sore hari begini masih ramai jadi nggak ada lah horor horornya. Kalau kalian mau kesini tenang aja nggak ada tiket masuknya, kalian hanya perlu bayar  parkir saja. Begitu sampai langsunglah temanku mengeluarkan alat tempurnya yaitu perlengkapan kameranya!


Jadi di daerah Jl. Gula ini bukan hanya gangnya aja yang dijadikan spot foto. Melainkan bangunan kosong yang berada di Jl. Karet itu bisa kalian jadikan spot foto menarik! Mulai dari jendela yang lapuk, rolling door kuno, hingga rumah berpilar jadi background foto kece kalau disini. Tinggal siapkan gaya dan cekreek!


Di kawasan ini kalian akan menemukan banyak orang yang berfoto untuk acara seperti prewed atau untuk foto majalah. Emang sih tempatnya kuno banget jadi kesannya kalian mau foto dimana aa bakalan bagus.



Selesai foto di Jl. Karet baru kami ke Jl. Gula sekalian nunggu sepi sih tadi. Di gang ini mungkin panjangnya hanya 50m saja. Yang jadi spot menarik adalah dindingnya yang udah lapuk bakalan jadi background ter apik. Belum lagi model jendela kuno yang ukurannya besar-besar bakalan bagus juga. Sayang, entah kesorean atau udah nggak ada, propeti seperti kursi kayu dan sepeda onthel yang pernah aku lihat di instagram orang itu udah nggak ada. Jadi ya foto-foto aja sama tembok dan jendela hahaha. Tapi meskipun begitu nggak usah kecewa, foto kamu bakalan kece banget!


Karena udah gelap dan mulai sepi kami lanjut untuk spot foto selanjutnya. Sebenernya bukan spot foto sih, cuman karena temen aku anaknya suka fotografi banget jadi dia pengen hunting tentang street gitu. Akhirnya tujuan kami selanutnya adalah Jl. Basuki Rahmat atau Basra. Basra ini lokasinya tepat di depan Mall Tunjungan Plaza, jadi kami parkir motor di KFC sambil sholat Magrib dulu dan beli minuman.
Setelah selesai sholat saatnya beraksi! Karena disini Cuma aku yang nggak ngerti kamera dan fotografi jadinya aku yang dijadiin objek (padahal aku yang minta difoto sih hehehe). Pertama kami foto di halaman hotel Bekizaar seberang Tunjungan Plaza. Hasilnya bagus juga sih, emang beda kalau difoto sama yang udah berpengalaman hehehe. Puas foto disana kami naik di jembtan layangnya. take beberapa foto disana yang hasilnya kece-kece juga!


Puas dapet foto banyak barulah kami memutuskan untuk pulang karena udah capek banget dan udah malem juga. Oke sekian review aku tentang dua spot foto di Surabaya. Buat kalian yang mau dapet foto-foto kece bisa banget datang ke dua tempat tersebut biar mainnya nggak ke mall terus. Sampai jumpa di review selanjutnya!

Tips and Trick

1. Bawa kamera

2. Tripod untuk hasil foto yang lebih bagus

3. Bawa properti foto

 

Gallery (11)

Comments (3)