138 views | 2 Likes

Ngadem di Air Terjun Timponan: Cantiknya Menyegarkan Mata

4 star (from 3 people)
Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, Indonesia
Category: Waterfall

Posted on 03 July 2019, 15:56:45
hennysusanti
Sightseeing

Siapa bilang Lombok cuma ada pantai yang cantik? Lombok juga punya air terjun secantik ini!

How to Get There

Kalo ngomongin soal Lombok emang ngga pernah ada habisnya ya guys. Ngga cuma pantainya, Lombok juga punya banyak banget air terjun cantik. Kebetulan Minggu lalu pergi ke daerah Lombok Barat bareng temen-temen, mereka sih katanya pada kepo sama salah satu air terjun cantik bernama Timponan.

Untuk mencapai air terjun ini, dari Mataram kami harus berangkat menuju Batu Mekar Lengser di Kabupaten Lombok Barat. Menuju kesini bisa ditempuh dengan menggunakan mobil ataupun motor. Kalo kalian bawa mobil, kalian harus parkirkan mobil di area parkir kemudian lanjut perjalanan dengan jalan kaki sejauh 5 km. Tapi kalo kalian ngga mau jalan, kalian bisa bawa motor dengan melewati medan jalan yang berbatuan.




What to Do

Sesampainya disana, setiap pengunjung yang datang dikenakan biaya retribusi sebesar Rp 2.000 per orang. Selain itu kalian juga harus bayar biaya parkir sebesar Rp 2.000, hanya dengan kurang dari Rp 5.000 aja kalian udah bisa menikmati pemandangan cantik yang menurut aku priceless.

jalan menuju jalan timponan

Setelah melewati jalanan yang cukup terjal, kami akhirnya sampe juga di Air Terjun Timponan ini dan pesonanya bener-bener luar biasa guys. Rasa lelah kami selama perjalanan tadi langsung hilang seketika. Air Terjun Timponan ini punya ketinggian sekitar 35 meter dengan posisi yang vertical. Dibawahnya ada sebuah kolam alami dengan diameter sekitar 10 meter dan kedalamannya setinggi orang dewasa. Di dalam kolam ini hidup beberapa jenis binatang air seperti udang, kepiting dan ikan kecil.

Air terjun timponan

Debit air terjun ini ngga terlalu deras guys, jadi aman-aman aja kalo buat main air ataupun berenang. Airnya juga jernih dan seger banget guys, enak banget berenang disini. Oiya, fungsi dari air terjun utama ini digunakan untuk kegiatan wisata dan bagian air terjun bawahnya digunakan untuk kegiatan warga lokal.

Air terjun timponan

Air terjun yang mengalir dari tebing yang ditumbuhi oleh lumut ini terlihat sangat eksotis. Suasana alamnya masih bener-bener alami dimana terdapat pepohonan rindang disana, pastinya udaranya sejuk banget guys dan seger. Cocok banget buat melepas penat. Rasa lelah setelah trekking tadi bener-bener langsung hilang guys setelah bermain air di kolam alami ini.

Air terjun timponan

Puas bermain air di air terjun cantik ini, pastinya perut lapar dong guys. Sayangnya, fasilitas di air terjun ini masih belum memadai, maklum aja guys namanya juga wisata yang masih alami. Jadi disini ngga ada warung penjual makanan ataupun toilet untuk berganti baju. Untukngnya aku dan temen-temen udah mengantisipasi hal itu, jadinya kita udah bawa bekal dari rumah tadi. 

Air terjun timponan

Gimana guys? Kapan nih berkunjung ke Lombok? Kalo ke Lombok, jangan lupa untuk masukkan Air Terjun Timponan di ke bucket list kalian ya.

Video by Ramantara

Tips and Trick

  • Untuk menuju ke Air Terjun ini, saranku sih mending kalian bawa kendaraan pribadi. Kalo kalian dari luar Lombok, kalian bisa sewa kendaraan di kota Mataram ya.
  • Pake alas kaki yang nyaman, bisa pake sepatu ataupun sandal gunung.
  • Bawa baju ganti kalo kalian pengen main air di air terjun ini.
  • Buat kalian yang pengen berenang atau bermain air, harus extra hati-hati ya guys, soalnya bebatuan di sekitarnya cukup licin.
  • Pake kamera yang waterproof ya guys buat foto-foto.
  • Jangan lupa bawa bekal, seperti air minum dan makanan ringan.
  • Jangan mengotori tempat ini ya guys, bawa kembali sampah kalian.
  • Jangan rusak alam disini.

Gallery (5)

Comments (2)