168 views | 2 Likes

Blusukan ke Kampoeng Heritage Kajoetangan: Wisata Budaya Hits di Malang

5 star (from 2 people)
Malang, Jawa Timur, Indonesia
Category: Historical Places

Posted on 02 July 2019, 13:28:28
siluetstudio95
Sightseeing

Ingin berwisata sejarah sambil hunting foto di Malang? Datang aja ke Kampoeng Heritage Kajoetangan Malang!

How to Get There

Mumpung ada di Malang, rasanya kurang afdol kalo ngga jalan-jalan atau kulineran. Kunjungan aku ke Malang kali ini karna emang pengen pulang aja sih. Kalo biasanya tiap pulang ke Malang, aku jalan-jalannya selalu ke Batu. Tapi kali ini aku lagi pengen explore Malang nih dan katanya belakangan ini ada wisata yang hits banget di sosial media, yaitu Kampoeng Heritage Kajoetangan.

Wisata ini lokasinya ngga jauh-jauh dari Alun-alun Malang kok guys, tepatnya di Jalan Arif Rahman Hakim gang 2. Dulunya gang ini dikenal dengan sebutan Gang Talun Es soalnya di depan gang ini ada depot Es Campur yang terkenal banget.

Untuk menuju kesini, kalian bisa naik kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Lokasinya yang ada di tengah kota pastinya memudahkan kalian untuk menemukan kendaraan umum yang lewat sini.

What to Do

Saat pertama masuk ke gerbang gang ini ada tulisan “Kampeng Wisata Kajoetangan”, tulisan yang masih menggunakan ejaan lama soalnya yang ditonjolkan pada wisata ini adalah Jadulnya. Setelah melewati gerbang, ada sebuah Peta Kampeng Kajoetangan yang menunjukkan objek-objek wisata apa aja yang bisa kalian temui didalamnya. 

kampoeng heritage kajoetangan

Lokasi kampung ini cukup luas guys, meliputi 3 RW dan saran aku sih kalo pake guide rasanya bisa lebih efisien plus kalian bisa mendapatkan info sejarah yang pasti dari pemandunya. 

Rumah pertama yang aku singgahi adalah rumah Pak Link yang merupakan anggota manajemen Kampoeng Kajoetangan. Pak Link ini profesinya fotografer dan di rumahnya ada barang-barang jadul yang dipajang didepan rumahnya. Benda-benda kuno yang ada di rumahnya antara lain vespa kuno, kursi berlilitkan tali plastik, meja dan kursi kayu kuno dengan hiasan ceret-ceret hijau dan termos.

kampoeng heritage kajoetangan

kampoeng heritage kajoetangan

Bangunan khas kolonial Kampeng Heritage Kajoetangan ini agak beda sama rumah-rumah tua yang ada di Jalan Ijen. Disini, bukan rumah mewah dengan halaman besar, melainkan hanya bangunan sederhana tapi usianya udah puluhan tahun. Meskipun sederhana tapi menurutku rumah-rumah disini keren banget dan pastinya bisa jadi spot foto yang Instagramable.

kampoeng heritage kajoetangan

Terdapat puluhan rumah yang masih mempertahankan gaya lawasnya dan masih berdiri kokoh hingga saat ini. Biasanya, tiap-tiap rumah dilengkapi dengan papan informasi terkait pemilik rumah, tahun dibangunnya rumah dan arsitek yang membangun rumah tersebut. Seperti rumah Pak Link itu tadi misalnya guys. Jadi, selain ada rumah Pak Link tadi, ada juga rumah Jengki yang bentuk atapnya seperti pelana kuda.

kampoeng heritage kajoetangan

By the way guys, kalo kalian pake jasa pemandu kalian ngga cuma bisa sekedar foto di teras rumah aja lho, tapi juga bisa sampe masuk sampai ruang tamu kalo pas pemilik rumahnya ada. Mantap kan? 

kampoeng heritage kajoetangan

Ngga cuma ada rumah-rumah tua aja guys, tapi juga ada jembatan dimana diatasnya terdapat lampu-lampu kecil yang cantik. Sayangnya aku ngga dateng saat malam hari, kalo malam hari pasti cantik banget.

kampoeng heritage kajoetangan

kampoeng heritage kajoetangan

Menurut aku, Kampoeng Wisata Kajoetangan ini cocok banget buat kalian yang doyan fotografi. Selain itu, kampung ini juga cocok buat kalian yang suka sejarah dan pengagum bangunan-bangunan tua. Sejak dibuka sekitar tahun lalu, wisata ini ngga pernah sepi pengunjung bahkan semakin banyak yang datang, apalagi kalo weekend. Pengunjungnya juga rata-rata dari Malang Raya dan sekitarnya, tapi juga ada yang datang dari luar negeri lho guys. Tunggu apa lagi guys? Buruan kesini yuk!

kampoeng heritage kajoetangan

kampoeng heritage kajoetangan


Tips and Trick

So, buat kalian yang pengen foto-foto cantik diantara kampung jadul, wajib banget mampir ke Kampoeng Heritage Kajoetangan ini. Sebagai informasi tambahan, pengunjung yang datang dikenakan tiket masuk sebesar Rp 5.000 yang bisa ditukar dengan cinderamata berupa stiker. Jangan lupa juga guys, kalo kesini bawa kamera yang bagus buat foto-foto. Yuk jaga kelestarian budaya kita dengan tidak merusak kampung ini dan jaga terus kebersihannya ya.

Video by Merak Production

Gallery (10)

Comments (1)