117 views | 1 Likes

Mengenal Batik Lebih Dalam di Museum Batik Danar Hadi

3 star (from 1 people)
Solo, Jawa Tengah, Indonesia
Category: Museum

Posted on 01 July 2019, 14:06:39
mummyz
Tourist

Solo dikenal sebagai kota batik yang menarik untuk dikunjungi. Tak hanya berbelanja batik, kalian juga bisa mengunjungi museumnya..

How to Get There

Setelah bernostalgia dengan Tahu Kupat Sido Mampir, aku dan sodara-sodaraku jalan-jalan di sekitaran kota Solo. Solo dikenal sebagai Kota Batik, kalian semua udah pasti tahu dong ya kalo Batik merupakan identitas bangsa patut kita lestarikan. Semakin kesini, perkembangan batik pun semakin pesat. Di Solo, kami mampir ke sebuah museum batik yang keren banget, yaitu Museum Batik Danar Hadi.

Museum Batik Danar Hadi lokasinya di Jalan Slamet Riyadi no 261, Kota Solo. Lokasinya yang ada di tengah kota pastinya memudahkan pengunjung untuk datang kesana. Ada banyak sekali transportasi yang bisa digunakan, mulai transportasi umum atapun kendaraan pribadi.

What to Do

Awalnya, sodara-sodaraku sedikit ngga interest sama yang namanya museum batik. Tapi pas udah sampe sana, mereka pada excited pengen segera explore. Lokasi museum ini di pinggir jalan raya dan saat pertama masuk pekarangannya kami disambut dengan pepohonan rindang yang menyejukkan mata. Bangunan museum ini berarsitektur kolonial yang kental, rasanya kayak masuk ke balai kota gitu guys.

bangunan museum batik danar hadi

Museum yang buka setiap hari mulai jam 9 pagi sampai jam setengah 5 sore ini sering juga disebut sebagai House of Danar Hadi. Setiap pengunjung yang datang dikenakan tiket masuk sebesar Rp 35.000 untuk umum dan Rp 8.000 untuk pelajar. Museum ini menyimpan banyak sekali jenis batik, jadi cocok banget buat kalian yang suka batik dan pengen tahu sejarahnya.

koleksi batik danar hadi

Koleksi yang dipajang di museum ini adalah koleksi pribadi milik Santosa Doellah, pemilik dari bangunan ini. Batik-batik ini ditampilkan dalam 11 ruang yang dibagi dalam sembilan jenis batik. Sembilan jenis batik ini adalah Batik Belanda, Batik Cina, Batik Djawa Hokokai, Batik Pengaruh India, Batik Keraton, Batik Pengaruh Kraton, Batik Saudagaran dan Batik Petani, Batik Indonesia dan pastinya Batik Danar Hadi.

koleksi batik danar hadi

Museum Batik Danar Hadi ini menyimpan koleksi kain batik mencapai 1000 helai dan udah diakui sama MURI sebagai museum dengan koleksi batik terbanyak. Semua koleksi batik di museum ini disimpan dan dirawat dengan sangat baik. Kelembapan dan suhu udaranya pun sangat dijaga. Untuk menghindari jamur, mereka merawat kain-kain batik ini dengan menggunakan Bunga Ramping. Bunga Ramping itu adalah ramuan khusus yang bisa menjaga kualitas batik. Ramuan ini terbuat dari daun pandan, lengkuas, kencur, minyak srimpi, bunga mawar, bunga melati, bunga kenanga, bunga cempaka dan jeruk purut.

koleksi batik danar hadi

Berada di museum batik ini, kami jadi paham bagaimana kayanya budaya batik. Batik bukanlah sekedar milik suatu kelompk masyarakat aja, tapi batik udah menyebar luas sehingga terjadi banyak sekalo akulturasi dengan kebudayaan lain.

koleksi batik danar hadi

Puas menikmati bermacam-macam batik, kami berpindah ke bagian belakang museum. Disini ada pabrik batik PT Batik Danar Hadi. Kami bisa melihat proses pembuatan batik, mulai dari sehelai kain putih hingga menjadi kain batik yang sangat indah dan bernilai jual tinggi.

koleksi batik danar hadi

Aku dan sodara-sodaraku bener-bener bisa puas berkunjung ke Museum Batik Danar Hadi ini. Kami jadi bisa menambah pengetahuan tentang batik yang udah jadi budaya bangsa Indonesia sejak lama. Buat kalian yang main ke Solo, jangan lupa mampir ke museum ini ya guys.

Video by Bangga Menjadi Indonesia

Tips and Trick

  • Bawa kamera buat foto-foto guys, soalnya bangunan museumnya cukup instagramable.
  • Jangan dateng sendirian, ajak keluarga atau temen-teman kalian.
  • Jaga kebersihan museum ini.
  • Dilarang keras merusak koleksi-koleksi batik yang ada disini.

Gallery (6)

Comments (1)