245 views | 2 Likes

Wisata Kebun Kurma Pasuruan : Sensasi Liburan Bernuansa Timur Tengah

4 star (from 1 people)
Pasuruan, Jawa Timur, Indonesia
Category: City Trip

Posted on 01 July 2019, 06:38:41
illaariyanti
Sightseeing

Kalau selama ini kita hanya melihat pohon kurma di Timur Tengah lewat layah televisi atau HP, sekarang kita bisa melihat bahkan menyentuh secara langsung pohon kurma di Wisata Kebun Kurma Pasuruan.

How to Get There

Sekarang sudah tak perlu jauh-jauh ke Timur Tengah untuk melihat kebun kurma, karena di Indonesia ada Kebun Kurma loh. Wisata yang bernama Duta Wisata Kebun Kurma ini merupakan tempat wisata yang masih tergolong baru di Pasuruan. Lokasinya terletak di Desa Karanglo, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Pasuruan. Sekitar 26 km atau 50 menit dari Kota Pasuruan, cukup mudah ditemukan karena ada baliho Kebun Kurma yang besar di pinggir jalan raya Sukorejo

Untuk menuju kesana disarankan menggunakan kendaraan pribadi atau sewa kendaraan. Karena lokasinya cukup jauh dari jalan raya yaitu sekitar 1 km dan tidak ada angkutan umum. 

 

 

What to Do

Duta Wisata Kebun Kurma ini buka setiap hari pukul 08.00-16.00, kecuali hari Jum'at libur. Tiket masuk Kebun Kurma juga cukup terjangkau yaitu Rp 10.000 untuk weekday dan Rp 15.000 untuk weekend. Bagi yang tidak ingin berpanas-panasan, di Kebun Kurma ini juga menyediakan persewaan payung yaitu Rp 5000 dan bagi yang ingin menikmati piknik bersama keluarga di hamparan kebun kurma, disini juga menyediakan persewaan tikar sekitar Rp 3.000-5000/jam.

Pintu Masuk Kebun Kurma

pintu masuk kebun kurma pasuruan

 pintu masuk kebun kurma pasuruan

 

Loket Masukpintu masuk kebun kurma pasuruan

Setelah masuk di area kawasan Wisata Kebun Kurma, pengunjung akan disuguhkan dengan indahnya hamparan kebun kurma yang luas. Sejauh mata memandang, ratusan pohon kurma terpampang jelas dihadapan. Di Kebun Kurma dengan luas 4 hektar ini ada sekitar 150 pohon kurma yang dapat membuat pengunjung terhipnotis. Bahkan saat ini, pengelola masih akan terus menambah berbagai jenis kurma. Di Kebun Kurma ini juga menyediakan bibit kurma, zaitun, matoa, tin, delima merah dan delima hitam, yang dapat dibeli oleh pengunjung. 

kebun kurma pasuruan

kebun kurma pasuruan

kebun kurma pasuruan
Wisata Kebun Kurma ini telah dibuka sejak awal tahun 2017 yang lalu. Tempat wisata ini dikelola oleh Duta Wisata Group yang dinaungi oleh HN Ruslan. Ada berbagai jenis tanaman yang terdapat di Wisata Kebun Kurma ini. Antara lain tanaman zaitun, buah tin, delima, siwak, kurma ajwah dan masih banyak lagi yang lainnya.
kebun kurma pasuruan kebun kurma pasuruan
 kebun kurma pasuruan
kebun kurma pasuruan
kebun kurma pasuruan

Kurma yang sudah berbuah
kebun kurma pasuruan

kebun kurma pasuruan
Selain berbagai jenis tanaman kurma, yang menarik di sini adalah terdapat berbagai wahana permainan seperti sepeda angin, ATV, omah jungkir, kolam pasir, kereta kelinci dll. Bagi yang membawa anak-anak, wisata ini sangat cocok untuk edukasi dan hiburan.

Omah Joengkirkebun kurma pasuruan  

Kolam Pasir
kebun kurma pasuruan

Bagi yang suka foto-foto, Wisata Kebun Kurma juga banyak spot-spot foto yang lucu dan unik seperi dinding kaktus, ayunan couple, gembok tresna dan masih banyak lagi yang lainnya, biasanya banyak digunakan untuk foto prewed. Ada juga ornamen-ornamen bergaya Arab, seperti miniatur ka'bah serta rute sofa-marwah, agar bisa digunakan manasik haji bagi masyarakat.

Dinding Kaktuskebun kurma pasuruan

Ornamen Love
spot foto di kebun kurma pasuruan

Ayunan Couple
kebun kurma pasuruan
Miniatur Ka'bah
mini ka'bah di kebun kurma pasuruan 
mini ka'bah di kebun kurma pasuruan

Yang paling menarik di Wisata Kebun Kurma ini adalah ornamen pesawat Boeing 737 yang bisa digunakan oleh pengunjung untuk melihat kebun kurma dan mengabadikan momen dari atas ketinggian. Dan uniknya pesawat ini juga berfungsi sebagai tempat belanja oleh-oleh dan souvenir Wisata Kebun Kurma. Ada berbagai oleh-oleh seperi kurma, coklat, boneka, cemilan, asesoris dan lain-lain. Pengunjung bisa menikmati sensasi berbelanja di dalam pesawat.

Ornamen Pesawat
toko merchandise di kebun kurma pasuruan

Tempat oleh-oleh di dalam pesawat
toko merchandise di kebun kurma pasuruantoko merchandise di kebun kurma pasuruan















Fasilitas yang disediakan oleh Wisata Kebun Kurma ini juga cukup lengkap antara lain tempat parkir yang luas, stan-stan penjual makanan dan kerajinan tangan serta fasilitas mushola dan toilet yang bersih dan nyaman.

Tempat parkir
kebun kurma pasuruan
Mushola
kebun kurma pasuruan
 

Stan kerajinan

kebun kurma pasuruan

Toilet
toilet di kebun kurma pasuruan
Bagi yang penasaran seperti apa pohon kurma, jangan lupa mampir dan langsung buktikan sendiri ke Wisata Kebun Kurma ya laughing

 

 

 

 

Tips and Trick

1. Bawa kendaraan sendiri, karena lokasi Wisata Kebun Kurma tidak dilalui angkutan umum

2. Pakai alas kaki yang nyaman, agar kaki tidak sakit dan capek saat berkeliling di Kebun Kurma yang lumayan luas

3. Datang pagi hari, karena masih belum terlalu terik

4. Bawa perlengkapan foto seperti kamera/HP , tongsis dan tripod

 

Where to Stay

Penginapan terdekat di sekitar Wisata Kebun Kurma yaitu Saygon Hotel (10 Menit dari lokasi)

Gallery (27)

Comments (1)