52 views | 1 Likes

Wisata Cakat Raya: Menikmati Pesona Alam dan Sejarah di Lampung

3 star (from 1 people)
Tulang Bawang, Lampung, Indonesia
Category: City Trip

Posted on 28 June 2019, 15:58:53
Melanie
Tourist

Siapa bilang Lampung ngga punya candi? Cobain dateng ke Wisata Cakat Raya!

How to Get There

Hola, setelah sekian lama nggak explore Lampung, kali ini aku bakal review tentang Lampung nih. Udah cukup lama sih liburan ke tempat yang satu ini, tapi kalian yang membaca tetep harus tahu keindahannya. Pas lagi libur dan nggak ada tugas, kami nyoba buat liburan tipis-tipis dari kampung halaman. 

Berangkat dari Bandar Lampung, kami butuh waktu sekitar 2 jam perjalanan untuk sampai ke lokasi tujuan. Nama tempatnya terkenal dengan sebutan Wisata Caket Raya. Alamatnya ada di daerah Jalan Lintas Sumatera, Menggala Timur, Menggala, Kapupaten Tulangbawang, Lampung. Cuma pengen cari yang seger seger dan cuci mata aja sih tujuannya. 

Perjalanan menuju ke Wisata Caket Raya biasa aja sih, jalanannya cukup mudah dilalui awalnya, tapi pas akhirnya cukup menantanggg wkw. Karena kami sekeluarga belum pernah kesana, jadi kami cuma ngandelin hp untuk sampai ke tujuan. Untungnya, lokasi Wisata Caket Raya ini mudah banget ditemui. 

Selama perjalanan, pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan di kanan kiri jalan, udaranya yang sejuk juga bikin kami merasa fresh meskipun belum sampai tujuan. Cobain deh kalo ke Lampung, bisa banget buat main ke kawasan Wisata Cakat Raya ini!

What to Do

Kawasan Wisata Caket Raya ini luas banget, kalo pengen udara yang seger pas banget main kesini. Wisata Cakat Raya udah ada sejak tahun 2008 lalu. Karena beragamnya penduduk yang tinggal di kawasan Wisata Cakat Raya, jadi di tempat ini ada berbagai rumah adat. Rumah adat di Wisata Cakat Raya tersedia banyak sekali, dari berbagai daerah tentunya.

Kalau kesini, kalian harus mengabadikan tempatnya nih. Bawa camera dan alat dokumentasi lainnya jadi hal yang wajib ya. Banyaknya bangunan disini menjadikan kami seneng banget dan nggak berhentinya buat mengagumi baik langsung dengan mata atupun jepretan foto. Ada replika berbagai rumah adat yang bisa kalian nikmati dan ada juga miniatur candi Prambanan yang nggak kalah keren.

Candi yang memiliki luas 9 x 10 meter ini memang banyak menarik minat wisatawan. Banyak sekali pengunjung yang menyempatkan mendekat dan foto bersama replika candi dengan tinggi 12 meter ini. Karena lokasinya yang nggak jauh Jalan Lintas Sumatera, hanya berjarak 500 meter saja, jadi banyak pengunjung dari luar kota yang dengan mudah bisa menemukan Wisata Cakat Raya ini. 

Nggak hanya dari dalam kota, dari luar Tulangbawang juga banyak lho. Banyak sekali wisatawan yang datang karena penasaran ataupun pengen menikmati bangunan yang ada di Kawasan Wisata Cakat Raya. Berfoto dan beristirahat untuk sekedar menikmati pemandangan alam emang jadi hal yang sangat seru disini. 

Dateng ke Kawasan Wisata Cakat Raya bareng keluarga adalah satu hal yang mengasyikkan. Banyak hal yang bisa dilakukan disini. Selain menikmati bangunan dan berwisata sejarah, pengunjung bisa berfoto dan melepas penat sepuasnya. Cocok banget bukan untuk dikunjungi?

Karena Kawasan Wisata Cakat Raya ini udah cukup tua, banyak pengunjung yang menyayangkan kalau bangunannya ada yang rusak termakan usia. Kalau dilihat memang pengelolaan di kawasan ini cukup kurang. Maka dari itu banyak bangunan atau tempat yang kurang layak untuk berwisata. 

Kedepannya, akan dilakukan perbaikan untuk Kawasan Wisata Cakat Raya ini. Akan juga dibangun sarana dan prasarana pendukung di tempat wisata yang satu ini. Kapan kapan main kesini lagi deh kalo udah bagus dan lengkap hehe. Kalau ke Lampung, kalian bisa mampir ke tempat keren yang satu ini.  

Tips and Trick

  • Jangan lupa bawa camera
  • Bawa makanan untuk nyemil dan bersantai
  • Bawa tikar boleh juga
  • Ajak keluarga semua biar seru.

Gallery (5)

Comments (1)