350 views | 1 Likes

Pantai Ngrawe, Destinasi Baru yang Cantik di Gunung Kidul

4 star (from 1 people)
Gunung Kidul, Yogyakarta, Indonesia
Category: Beach Exploring

Posted on 28 June 2019, 12:15:24
nur
Sightseeing

Gunung Kidul dikenal sebagai kabupaten yang kaya akan wisata alam. Baru-baru ini ada sebuah wisata pantai cantik yang hits lho..

How to Get There

Mumpung weekend kemaren aku lagi ngga terlalu banyak kerjaan, akhirnya aku mutusin buat jalan-jalan bareng temen-temen. Kita explore salah satu destinasi baru di Gunung Kidul. Entah kenapa belakangan ini banyak banget bermunculan wisata-wisata keren di Gunung Kidul, aku pun suka banget kalo diajak jalan-jalan kesini. Beberapa wisata yang pernah aku kunjungi di Gunung Kidul seperti Pantai Pok Tunggal dan Pantai Indrayanti. Dan kali ini aku mau main ke pantai lagi guys, yaitu Pantai Ngrawe.

Pantai Ngrawe ini merupakan destinasi baru di Gunung Kidul guys dan pemandangannya bagus banget. Lokais pantai ini ada di Desa Kemandang, Kecamatan Tanjung Sari, Gunung Kidul, Yogyakarta. Lokasinya berada ngga jauh dari Pantai Baron dan Pantai Kukup guys. Kalo dari kota Jogja kalian bakal butuh waktu sekitar 2 jam perjalanan.

Rute yang bisa kalian pilih kalo dari kota Jogja, bisa lewat Jalan Imogiri Timur atau Jalan Imogiri Barat, lurus ke selatan menuju Imogiri. Setelah dari Imogiri arahkan kendaraan menuju Jembatan Siluk dan ambil ke arah Panggang. Kalian bakal melewati jalanan yang dipenuhi dengan pepohonan sebelum sampai ke kecamatan Panggang. Sekitar 20 menit dari Jembatan Siluk, kalian bakal sampe Terminal Panggang lalu ambil arah Pantai atau Saptosari. Dari Saptosari lanjut menuju Kemandang.

kabupaten gunung kidul

Kalo udah sampe Kemandang disitu kalian akan sampe di Pos retribusi Kawasan Wisata Pantai Gunung Kidul. Arahkan kendaraan menuju Pantai Kukup, setelah sampe sana kalian kalian akan nemuin jalan menuju Pantai Ngrawe.

What to Do

Setelah membayar retribusi sebesar Rp 10.000 per orang, kami pun segera melangkah masuk ke arah pantainya. Saat pertama kali masuk ke area pantainya, kami langsung disambut pemandangan yang cantik dan surara deburan ombak yang menenangkan. Meskipun masih dalam tahan pengembangan, tapi pengunjung yang datang udah cukup banyak kok guys. 

Pantai Ngrawe gunung kidul

Yang menarik dari Pantai Ngrawe ini adanya spot taman yang dilengkapi dengan tempat duduk dan pohon palm yang tertata rapi. Spot taman ini cantik banget dan cukup instagramable lho guys. Kalo menurutku sih, pantai ini merupakan pantai yang paling tertata rapi di Gunung Kidul dibandingkan dengan pantai lainnya. 

Pantai Ngrawe gunung kidul

Setelah berfoto di taman yang cantik ini, kalian juga wajib berfoto di area pantainya dong guys. Ciri khas Pantai Ngrawe ini hampir sama dengan pantai-pantai lain di Gunung Kidul, yaitu berbatu dengan ombak yang lumayan besar. Makanya kalian tetep ngga disarankan untuk berenang di pantai ini. Cukup berfoto-foto aja. Ohya, pemandangan saat sunsetnya juga cukup menawan lho guys, untungnya kami kemaren dateng saat sore hari jadi matahari ngga terlalu terik dan bisa meikmati sunset.

Pantai Ngrawe gunung kidul

Meskipun pantai ini masih baru tapi fasilitasnya cukup lengkap guys. Disini ada area parkir yang luas, tempat makan, gazebo, aula dan kamar mandi. Jadi kalo kalian kesini ngga bawa bekal, ngga usah khawatir karena kalian bisa sekalian mencicipi kuliner khas setempat atau seafood.

Pantai Ngrawe gunung kidul


Tips and Trick

Overall, Pantai Ngrawe ini sangat layak kalian kunjungi kalo kalian jalan-jalan ke Jogja. Cocok banget buat kalian yang suka jalan-jalan ke Pantai dan foto-foto. Tapi, sebelum kesana aku ada beberapa tips nih:

  • Aku selalu saranin kalian untuk sewa kendaraan di pusat kota Jogja tiap mau explore Gunung Kidul. Soalnya bakal lebih hemat waktu dan biaya.
  • Bawa kamera yang bagus ya.
  • Ajak temen-temen kalian, soalnya pergi rame-rame lebih enak.
  • Jaga kebersihan pantai ini ya guys. 

Video by metrotvnews

Gallery (5)

Comments (1)