88 views | 1 Likes

Pulau Sangiang, Surga Kecil di Ujung Barat Pulau Jawa

4 star (from 1 people)
Serang, Banten, Indonesia
Category: Beach Exploring

Posted on 27 June 2019, 13:45:07
Farah
Sightseeing

Temukan surga kecil yang tersembunyi yang tak jauh dari Anyer..

How to Get There

Berawal dari iseng-iseng ngobrol sama temen yang hobi banget jalan-jalan, akhirnya gue diajakin dia buat jalan-jalan ke Banten. Gue pun langsung excited karena sebelumnya belum pernah jalan-jalan kesana. Tujuan utama kami adalah Pulau Sangiang, tambah excited dong gue karena udah lama juga ngga main ke pantai. Setelah rencana tersusun matang, berangkatlah kami ke Pulau Sangiang dengan mobil dari Jakarta.

Pulau Sangiang ini lokasinya ada di wilayah Kampung Pulau Sangiang, Desa Cikoneng, Anyer, Serang. Lokasinya memang sedikit terpisah dari Pulau Jawa tapi ngga butuh waktu lama kok guys buat nyebrang kesana. Dari Kota Serang, gue dan temen-temen langsung menuju Cilegon dan lanjut ke Kota Anyer kemudian menuju Pelabuhan Paku Anyer. Dari Pelabuhan Paku Anyer butuh perjalanan selama 30 hingga 45 menit.

What to Do

Pulau Sangiang merupakan sebuah pulau kecil di ujung barat Pulau Jawa. Dulunya pulau ini merupakan wilayah konservasi dan cagar alam yang punya keindahan tersembunyi. Lingkungan pulau ini masih hijau alami guys dimana didalamnya terdapat hutan tropis, pantai berpasir putih dan air lautnya yang biru tenang. 

pantai di Pulau sangiang

Pulau ini sebenernya kelihatan dari daratan Pantai Anyer dan kelihatannya sepi. Padahal pulau seluas 700 hektar ini didiami sekitar 40 kepala keluarga. Disini ada sekitar 10 rumah warga asli yang terpencar di beberapa penjuru pulau.

pantai di Pulau sangiang

Namanya juga pulau, jadinya wisata yang paling ditonjolkan adalah wisata pantainya guys. Pantai di Pulau Sangiang ini terbukti masih alami dengan pasir putih dan air laut yang berwarna biru jernih. Di lautan Pulau Sangiang ini juga terdapat area diving dengan beragam jenis ikan dan terumbu karang yang indah. Ditambah lagi keadaan pulaunya yang masih sangat alami. Bener-bener spot yang cocok untuk melepas penat.

pantai di Pulau sangiang

Untuk fasilitas Pulau Sangiang ini masih sangat terbatas guys karena pulau ini masih sangat alami dan jarang dijamah oleh wisatawan. Disini ngga ada penginapan atau fasilitas-fasilitas mewah layaknya pulau-pulau lainnya. Tapi menurut gue, justru inilah yang bikin menarik. Soalnya kita disuguhi pemandangan yang bener-bener masih alami dan bersih, sampe temen-temen gue berasa ada di pantai pribadi.

pantai di Pulau sangiang

Karena ngga ada penginapan, kami pun mendirikan tenda di pulau ini. Setelah mendirikan tenda, kami langsung menuju pantai dan bermain disana. Beberapa temen langsung ngajakin diving, hal yang ngga bisa gue tolak. Apalagi kalo lihat birunya air laut di pulau ini, rasanya pengen langsung nyebur deh. 

pantai di Pulau sangiang

Diving di pulau ini seru banget guys. Karena emang pulaunya masih alami, jadi lautnya pun bersih dan ngga ada sampah. Kita bisa melihat dengan jelas dalamnya ada beragam terumbu karang yang cantik dan ikan badut yang berenang bebas diantara terumbu karang. Baguss banget guys!

pemandangan bawah laut di Pulau sangiang

Setelah capek berenang, kami kembali lagi ke tenda untuk ganti baju dan membuka bekal yang udah kami bawa dan bersiap makan siang.

Video by Arif Prabowo

Tips and Trick

Berlibur ke Pulau Sangiang ini bener-bener bisa melepas penat. Gue bener-bener rekomendassin kalian buat main kesini kalo kalian cari tempat wisata yang ngga jauh-jauh dari Jakarta. Tapi sebelumnya, ada hal-hal yang perlu kalian perhatikan:

  • Harga perahu menuju ke pulau ini sekitar Rp 2.000.000 dan bisa diisi 20 orang.
  • Kalo kalian pengen bermalam, jangan lupa bawa kamera dan perlengkapannya.
  • Bawa bekal seperti makanan dan minuman.
  • Bawa baju ganti kalo kalian mau main air.
  • Pake sunblock, topi dan kacamata hitam.
  • Jangan buang sampah sembarangan.

 

 

 

Gallery (6)

Comments (1)