85 views | 1 Likes

Gunung Pegat: Bukit Kapur Cantik Penuh Cerita Menarik

3 star (from 1 people)
Lamongan, Jawa Timur, Indonesia
Category: Hiking & Trekking

Posted on 26 June 2019, 13:30:26
lalacempala
Sightseeing

Warga Jawa Timur, pastinya udah ngga asing lagi dengan gunung cantik ini. Ternyata dibalik indahnya pemandangan, ada cerita menariknya..

How to Get There

Hai guys, libur lebaran kemaren kemana aja nih? Kalo aku sih kebanyakan di Surabaya aja, yaa abisnya mau mudik kemana juga. Jadinya, daripada libur ngga kemana-mana akhirnya orang tua ku ngajakin jalan-jalan ke Lamongan. Kebetulan disana juga ada salah satu kerabat kami, jadi sekalian silaturahmi. Sepulangnya dari silaturahmi, aku kepo sama salah satu bukit yang kami lewati saat berangkat tadi dan aku minta sama papa aku buat berhenti, soalnya terlihat beberapa mobil juga belok kearah yang sama. Well, ternyata tempat ini bernama Gunung Pegat.

Aku pun sempet denger cerita beberapa temen soal tempat ini dan aku ngiranya Gunung Pegat ini adalah sebuah gunung tapi ternyata ngga lho guys. Lokasi Gunung Pegat ini ada di jalan raya yang menghubungkan antara kabupaten Lamongan dan Jombang, tepatnya di desa Kedungpring/Kalen Lamongan. Jalananya semacam membelah hutan gitu guys dan kesannya serem, tapi jalannya udah beraspal dan mulus banget. Meskipun gitu, kalo malem kawasan ini cukup gelap guys.

What to Do

Gunung Pegat ini sebenernya adalah bukit kapur yang dibelah untuk dibuat jalan, bukit ini masih masuk dalam perbukitan kapur kendeng utara Jawa yang membentang dari Gresik - Lamongan - Tuban hingga Blora. Saat ini bukit kapur ini masih dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk menambang batu kapur, ngga heran kalo kalian kesini ataupun cuma lewat akan melihat banyak truck yang keluar masuk mengangkut batu kapur. Meskipun begitu, tempat ini cantik banget pemandangannya guys, ngga heran kalo wisata ini rame banget dikunjungi oleh wisatawan saat hari libur ataupun akhir pekan. 

Tapi nih guys, ternyata tempat cantik ini juga menyimpan sejarah menarik untuk diulik. Entah kalian bisa percaya atau ngga sama mitor ini. Jadi asal penamaan Gunung Pegat ini dimulai saat zaman Kolonial Belanda. Saat itu, Belanda ingin melancarkan arus ekonomi sehingga membangun jalan yang menjadi titik perdagangan, yaitu Babat-Jombang. Sayangnya di kawasan itu ada gunung kapur yang menghalangi jalan sehingga pemerintah kolonial harus melakukan sebuah pekerjaan berat, yaitu membelah gunung tersebut.

Kalo kalian inget pelajaran sejarah soal kerja rodi, nah kawasan ini juga ngga luput dari kekejaman kerja rodi atau kerja paksa. Masyarakat sekitar dipaksa untuk melakukan pekerjaan membelah gunung tanpa digaji, bahkan tanpa diberi makan dan minum. Konon, kegiatan ini banyak memakan korban jiwa.

Berawal dari sinilah, warga yang jadi pelaku kerja rodi emosi dan sakit hati lalu mengucapkan sumpah. Bahwa siapapun yang melewati gunung ini ngga akan bahagia, kalo belum berkeluarga. Tapi kalo udah berkeluarga, keluarga tersebut ngga akan jadi keluarga bahagia dan akan mengalami perpisahan yang dalam Bahasa Jawa berarti Pegat.

Well, terserah kalo kalian mau percaya apa ngga tapi Gunung Pegat tetaplah punya pemandangan cantik yang wajib kalian kunjungi saat berada di Lamongan. Keindahan bukit kapur ini sedikit mengingatkan aku dengan Pantai Pandawa di Bali, bedanya cuma ngga ada perairannya aja sih. Meskipun begitu, tempat ini cukup instagramable kok guys.

Tips and Trick

Buat kalian yang pengen mampir kesini, aku ada beberapa tips nih buat kalian:

  • Kalian bisa naik kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum untuk menuju kesini.
  • Bawa kamera yang bagus buat foto-foto.
  • Bawa perbekalan, seperti air minum dan makanan.
  • Karena saat siang hari cuaca disini cukup terik, jangan lupa pake pelindung kepala dan sunblock.
  • Jangan buang sampah sembarangan.

Gallery (6)

Comments (2)