Jehan
Jehan | Tourist
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia | Historical Places
2.85 K1

Night at The Museum Sensasi Kunjungan Berbeda, Seru!

Kamu pernah berkunjung ke museum di malam hari? tentu saja suasana yang akan ditemui ketika malam hari cukup berbeda loh.
What to Do

Night at the Museum Surabaya - Masih dalam rangkaian acara Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS), lusa lalu (13/5)  aku mengunjungi salah satu agenda kegiatan yang rencananya diselenggarakan hingga Minggu, 14 Mei 2023.

museum 10 nopember surabaya
night at the museum - patung soekarno hatta

Menurut informasi yang tertulis, acara Night at The Museum dimulai pukul 16.00 hingga 21.00 WIB. Maka sore itu aku sampai di lokasi Monumen Tugu Pahlawan sedikit lebih awal dari waktu dibukanya loket tiket.

Ketika aku sampai di lokasi, terlihat beberapa orang sudah mengantre di loket masuk. Loket masuk dibagi menjadi dua kategori, yakni loket  dengan pembayaran uang tunai dan loket dengan Qris.

Di karenakan beberapa hari sebelum datang ke lokasi aku sudah melakukan pemesanan tiket melalui web pariwisata Surabaya di sini. Maka, kedatanganku sore itu hanya sekadar scan barcode.

  • Harga Tiket Night at the Museum

- harga memasuki area Tugu Pahlawan Rp5.000

- harga berkunjung ke Museum 10 Nopember Rp8.000

  • Rangkaian Acara Night at the Museum

Setelah melewati area loket, terlihat beberapa spot di sisi samping yang mengitari lapangan Tugu Pahlawan terisi dengan peserta bazar dari UMKM Bubutan. Ada berbagai macam kuliner makanan dan minuman yang mereka jual di sana.

Menu makan dan minuman yang ditawarkan oleh UMKM adalah beragam menu seputar kuliner nostalgia kota Surabaya. Terlihat beberapa menu jadul, seperti semanggi, angkringan, bubur sumsum, serabi petulo, nasi pecel, nasi osek, sinom, dawet, dll.

Selain menu makanan dan minuman, camilan seperti gorengan, kacang - jagung rebus, ketan bubuk, rangin, dan arbanat atau rambut nenek yang sulit ditemukan lagi pun juga ada di sana.

Jika di sisi samping yang mengitari lapangan terdapat berbagai para pedagang makanan dan minuman, maka di bagian tengah lapangan Tugu Pahlawan menjadi space untuk menikmati kulineran tersebut.

night at the museum 2023
night at the museum - rest area pengunjung 

Tertata rapi deretan meja-meja dan kursi yang dapat digunakan oleh pengunjung. Masih di area tengah lapangan yang sama, terpasang sebuah layar proyektor bertuliskan Night at the Museum.

Tentu saja ketika datang ke sana, aku mencoba beberapa menu yang ada di bazar. Ternyata, harga yang diberikan untuk beragam menu dijual dengan harga murah banget loh. Harganya mulai dari Rp5.000 dan sudah bisa menikmati varian kuliner nostalgia Surabaya.

arbanat jajanan jadul di bazar night at the museum
night at the museum - arbanat jajan jadul surabaya

bazar night at the museum 2023
night at the museum - gorengan menjadi menu camilan yang dijual di bazar

kuliner jadul di night at the museum
night at the museum - es dawet menu nostalgia surabaya

rangin camilan jadul di acara bazar night at the museum surabaya
night at the museum - rangin jajanan jadul

pecel semanggi kuliner nostalgia khas surabaya
night at the museum - semanggi kuliner suroboyo yang mulai jarang ditemukan

Jadi, acara Night at the Museum bukan hanya sekadar dibukanya museum pada malam hari saja loh. Ternyata, dalam acara yang menjadi agenda HJKS Surabaya ke 729 ini terdapat beragam acara hiburan lainnya. Selain bazar kuliner yang telah di buka sejak pukul 16.00 sore tersebut, ada juga acara lain yang melengkapi Night at the Museum. Kira-kira sekitar pukul 17.00 acara hiburan mulai ditampilkan. Ada pertunjukan hiburan musik dari Keroncong Liwet, dan tampilan teatrikal dengan judul Senja Terakhir, hingga nonton bareng film dokumenter Soera ing Baja.

  • Sensasi Telusur Museum 10 Nopember Surabaya di Malam Hari

Setelah puas mencicipi beberapa menu makanan dan minuman di bazar tersebut, tujuan utamaku pun dimulai. Aku yang sudah mengantongi tiket untuk masuk ke dalam Museum 10 Nopember langsung menuju barisan pengecekan tiket.

Tidak butuh waktu lama, hanya siapkan e-ticket lalu scan barcode dan masuk ke dalam museum. Ada berbagai macam hal yang tersimpan sebagai sejarah dari Kota Pahlawan di Museum tersebut.

sisi depan museum sepuluh nopember surabaya
night at the museum - terlihat beberapa pengunjung sedang mengantre di loket tiket

Aku sempat mengira berkunjung ke museum pada malam hari akan merasakan suasana yang sedikit menyeramkan. Namun ternyata, kunjunganku hari itu jauh dari perkiraan awal. Lampu-lampu yang memijar di dalam Museum 10 Nopember cukup banyak, sehingga penerangan sangat baik.

sudut di dalam museum 10 nopember surabaya
museum 10 nopember - seorang pengunjung sedang memperhatikan dokumen sejarah

dokumentasi foto yang terpajang di dalam museum 10 nopember
museum 10 nopember - sudut arsip sejarah rumah sakit simpang 

Selain itu, sudut-sudut yang ada di Museum 10 Nopember Surabaya tersebut juga sangat terawat. Alhasil, perjalananku mengintip kilas balik kota penuh sejarah ini terasa sangat seru dan menyenangkan.

The End

Menurut aku, acara yang menjadi agenda dari HJKS ini sangat menyenangkan untuk diikuti. Enggak hanya bazar nostalgia dengan harga murah meriah, hiburan rakyat seperti musik keroncong dan penampilan teatrikal pun sangat seru.

hiburan musik keroncong di museum sepuluh nopember surabaya
penampilan musik keroncong hiburan di night at the museum

aksi teatrikal sejarah surabaya di night at the museum
aksi teatrikal kisah sejarah perjuangan surabaya di night at the museum

Jika dibandingkan dengan acara pembukaan Rujak Uleg sebelumnya, Night at the Museum jauh lebih siap dan rapi. Keren! Buat kamu yang ada di Surabaya, mumpung masih bulan Mei cobain deh ramaiin agenda HJKS~ Salam satu nyali, wani!

How to Get There

Kalau kamu ingin berkunjung ke Museum Sepuluh Nopember, langsung aja deh buka maps. Titik lokasi yang ada di maps cukup pas dan sangat mudah untuk diikuti. 

Tips and Trick

Apabila kamu ingin datang ke museum, kamu bisa menyiapkan uang tunai atau non-tunai. Namun agar lebih mempermudah akses masukmu coba deh cek halaman web pariwasata Surabaya di sini, enggak cuma tiket ke Museum 10 Nopember aja yang tersedia di sana, melainkan ada berbagai macam wisata kota lainnya loh. 

SUGGESTED PARADISE
No data
SUGGESTED CULINARY
No data