Jehan
Jehan | Tourist
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia | Historical Places
2.59 K0

Telusur Kampung Kungfu, Jejak Tionghoa di Wisata Kampung Pecinan Surabaya

Apa kamu pernah tahu jika di masa penjajahan dulu, sebuah kawasan yang ada di sisi Utara kota Pahlawan ini menjadi kampung yang cukup dikenal karena kehebatannya?
What to Do

Sore sebelum berkunjung ke Festival Rujak Uleg 2023 (6/5) aku sudah merencanakan untuk berkeliling ke Kampung Kungfu atau yang kini lebih dikenal dengan sebutan kawasan Wisata Kampung Pecinan Surabaya.

papan bertuliskan wisata kampung pecinan surabaya
kampung kungfu - papan penanda kawasan wisata kampung pecinan surabaya

Sekitar pukul 15.30 WIB aku memarkirkan sepeda motor tepat di sisi kiri sebuah gerbang di daerah Kapasan Dalam. Oh ya, ada trivia menarik loh tentang penggunaan kata Kapasan sebagai nama jalan di Surabaya ini. Apa kamu tahu?

Jadi dulunya di kawasan yang menyandang nama Kapasan tersebut, terdapat banyak pohon randu yang menghasilkan kapas. Alhasil, diberilah nama Kapasan untuk wilayah tersebut. Bagaimana Cukup unikkan? 

Yuk, balik ke telusur Kampung Kungfu...

  • Mengenal Sudut Sedekah Bumi di Kampung Kungfu Pecinan Surabaya

Setelah memarkirkan sepeda motor, aku mulai penelusuran dengan berjalan kaki memasuki kawasan kampung Kungfu. Dari kejauhan yang tidak terlalu berjarak, pandanganku terpikat dengan ornamen naga yang terlihat melingkar pada sebuah bangunan di sana.

ornamen naga di wisata kampung pecinan surabaya
kampung kungfu - ornamen naga melingkari salah satu bangunan ikonik

Siapa saja yang memasuki kawasan Kampung Kungfu atau Wisata Kampung Pecinan tersebut, tentu akan dengan mudah melihat bangunan tersebut. Ketika sampai di hadapan bangunan tersebut, aku melihat sebuah bangunan tua dengan gaya oriental yang mengesankan.

kampung kungfu surabaya
kampung kungfu - sudut dengan sisa sajen

Dari informasi yang aku dapatkan, bangunan tersebut adalah sebuah punden. Tempat di mana, diselenggarakannya sedekah bumi. Menimbang dengan adanya sajen yang diletakkan di sisi bangunan tersebut, aku menilai bahwa tempat ini masih aktif digunakan.  

  • Ragam Kuliner di Kampung Kungfu, Wisata Pecinan Surabaya yang Tak Boleh Dilewatkan

kuliner di wisata kampung pecinan surabaya
kampung kungfu - deretan meja di kawasan kuliner 

Selain kilas balik dari kisah masa lalu yang menautkan beragam alur sejarah, di sana juga terdapat kawasan kuliner Tionghoa. Bagiku dengan adanya deret kuliner tersebut, akan menambah pengalaman yang semakin melengkapi bagi siapa saja yang melakukan sebuah perjalanan di Wisata Kampung Pecinan di Surabaya.

  • Gang Penuh Mural: Kisah Sejarah yang Terlukis di Dinding Kampung Kungfu

Ketika berkunjung ke sana, aku bertemu dengan pemandangan unik dari sebuah gang yang ada di kawasan Kapasan tersebut. Jika di telusuri, seluruh gambar yang terlukis di dinding Kampung Kungfu yang ada di sana tersebut membawa kisah kilas balik sejarah dan budaya Tionghoa.

  • Berjumpa Sesepuh Kapasan "Susuk Doni Djhung"

Jika berkunjung untuk menilik lebih lanjut mengenai kisah sejarah yang tertanam di Wisata Kampung Pecinan Surabaya ini, sepertinya akan terasa kurang tanpa bertemu sosok sesepuh di sana.

sesepuh di kampung kungfu pecinan surabaya
kampung kungfu - tampak doni djhung memperlihatkan potret dirinya di dalam rumah

Sore itu, aku merasa beruntung karena mendapat kesempatan bersua dengan salah seorang seorang bapak yang disegani oleh masyarakat sekitar, namanya adalah Doni Djhung. Orang biasa memanggilnya dengan sapaan Suk Doni.

Dari beliau ada banyak ilmu dan sudut pandang baru yang aku dapatkan mengenai sejarah serta budaya Tionghoa. Beliau adalah sosok yang ramah, bersama beliau aku dan temanku sempat diajak untuk mampir ke sebuah Klenteng Boen Bio. Itu adalah sebuah klenteng penuh sejarah yang masih terawat dengan baik di Kampung Kungfu.

***

Nah, sebenarnya perjalananku kali ini ditemani oleh sebuah tour organizer bernama Bersukaria loh. Buat kamu yang ada di Surabaya, Malang, Jogja, atau di Semarang bisa banget deh buat cobain ikutan tour travel mereka.

Selain seru, yang menyenangkannya lagi bareng Bersukaria adalah mereka memiliki jadwal tur perjalanan telusur sudut kota dengan tarif bayar seikhlasnya loh. Gak percaya? cobain deh kepoin mereka di sini.

How to Get There

karena perjalananku kali ini bersama tim Bersukaria, maka aku memulai langkahku di titik kumpul yang telah ditentukan oleh mereka. Namun jika kamu berencana datang ke sini tanpa pemandu, kamu bisa langsung mencari lokasi kampung wisata pecinan surabaya melalui google maps. 

Tips and Trick

Buat kamu yang ingin datang ke Kampung Wisata Pecinan Surabaya:

  • Siapkan kamera terbaikmu
  • Kenakan pakaian yang sopan untuk menghormati
  • Siapkan uang tunai untuk menikmati kuliner di sana

Selamat mengenal sudut bersejarah di kota Surabaya!!

SUGGESTED PARADISE
No data
SUGGESTED CULINARY
No data